Bagaimana Membuat Chicken Gochujang (ayam goreng korea) yang Sempurna

Marguerite West   13/10/2020 22:15

Chicken Gochujang (ayam goreng korea)
Chicken Gochujang (ayam goreng korea)

Anda sedang mencari ide resep chicken gochujang (ayam goreng korea) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal chicken gochujang (ayam goreng korea) yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari chicken gochujang (ayam goreng korea), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan chicken gochujang (ayam goreng korea) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Resep Chicken Gochujang (Ayam Goreng Ala Korea). Karena keseringan nonton Youn's Kitchen sama suami akhirnya jadi pengen nyoba masakan Korea. Ternyata emang endol, daripada beli lebih hemat kalo bikin sendiri. 😆 Surprisingly rasanya lebih enak dari Mijugae. 👌🏼 Korean spicy chicken ni adalah ayam yang digoreng rangup dan disalut dengan sambal yang pedas manis dan dihias dengan taburan bijan.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah chicken gochujang (ayam goreng korea) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Chicken Gochujang (ayam goreng korea) memakai 24 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Chicken Gochujang (ayam goreng korea):
  1. Ambil 1 kg sayap ayam
  2. Ambil Secukupnya Biji wijen (sangrai)
  3. Sediakan Secukupnya daun bawang (optional untuk garnish/taburan)
  4. Ambil Air dingin/ es, untung baluran tepung ayam
  5. Gunakan Bumbu Halus :
  6. Gunakan 7 siung bawang putih
  7. Sediakan 1 ruas jahe
  8. Gunakan Bahan Marinasi :
  9. Siapkan 1 sdm bumbu halus
  10. Siapkan 1 sdm lada bubuk
  11. Ambil 1 sdm cabe bubuk
  12. Sediakan 1 sdm garam
  13. Sediakan Bahan adonan tepung :
  14. Ambil 6 sdm tepung serbaguna
  15. Siapkan 3 sdm tepung maizena
  16. Siapkan Perbandingan 2:1
  17. Siapkan Bahan saus :
  18. Ambil 2 sdm gochujang
  19. Gunakan 2 sdm soy souce
  20. Gunakan 1 sdm madu
  21. Ambil 2-3 sdm gula (sesuai selera, cek rasa)
  22. Sediakan 1 sdm saus tomat
  23. Gunakan Sisa bahan halus
  24. Sediakan Sedikit minyak wijen

Gochujang Chicken, begitu nama menunya, merupakan potongan ayam (dengan sedikit tulang) yang dimarinasi dengan bumbu Gochujang khas Korea. "Kami pilih Korea karena memang Korea terbilang hits tahun ini," tutur Caroline Kurniadjadja, Associate Director of Marketing McDonald's Indonesia saat konferensi pers peluncuran Gochujang Chicken di gerai. Ayam goreng ala Korea Selatan disebut juga Yangyeom Chicken. Makanan ini juga sering hadir di drama korea, khususnya saat momen tokoh drama berkumpul bersama teman-teman. Baca juga: Kisah Ayam Goreng ala Chimaek Korea yang Mendunia.

Langkah-langkah membuat Chicken Gochujang (ayam goreng korea):
  1. Cuci ayam hingga bersih. Tiriskan. Lumuri ayam dengan bahan marinasi. Diamkan minimal 30menit (saya 1 hari krn lebih lama lebih meresap dan enak)
  2. Campur bahan adonan tepung dengan perbandingan 2:1. lumuri ayam dengan bahan tepung- air dingin/es-tepung. Ulangi 2-3 kali. Cubit2 ayam/ massage ayam saat dibaluri tepung. Goreng hingga matang kuning kecoklatan.
  3. Tumis sisa bumbu halus hingga wangi. Masukkan semua bahan saus, masak sebentar, cek rasa. (Tambahkan gula jika terlalu asin, tambahkan gochujang jika ingin lebih asam, tambahkan saus sambal jika ingin lebih pedas)
  4. Masukkan ayam ke dalam saus. Aduk rata hingga ayam terselimuti seluruhnya. Taburkan wijen yg sudah disangrai dan daun bawang. Sajikan

Kamu bisa membuat yangnyeom chicken sendiri di rumah dengan resep dari Foodnetwork.com berikut ini. Setelah beberapa waktu lalu sudah saya coba masakan Korea lainnya yang ngehitz di sana. Seperti Kimchi, Nasi Goreng Kimchi, Japchae, Bulgogi (semur daging ala korea), aneka Stew dan Sup. Masukkan pes cili Korea (Gochujang), sos tomato, kicap masin, madu, minyak bijan, dan cuka. Ayam goreng Korea atau lebih dikenali sebagai yangnyeom chicken adalah hidangan ayam goreng yang dihidangkan dalam gaya Korea.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan chicken gochujang (ayam goreng korea) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved