Resep Daun singkong kuah santan Anti Gagal

Estella Morrison   21/08/2020 22:42

Daun singkong kuah santan
Daun singkong kuah santan

Sedang mencari ide resep daun singkong kuah santan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal daun singkong kuah santan yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari daun singkong kuah santan, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan daun singkong kuah santan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Pucuk jawaw bakacak (Daun singkong yg diremas) + leunca kuah santan enak lainnya. Daun singkong kuah santan. daun singkong, bawang putih, bawang merah, cabe merah, ketumbar, lengkuas, daun salam, Santan kental Ibu Bibie Shaf. Lihat juga resep Daun singkong kuah santan sederhana enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan daun singkong kuah santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Daun singkong kuah santan memakai 20 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Daun singkong kuah santan:
  1. Siapkan 2 ikat daun singkong
  2. Gunakan segenggam ebi (teri kecil)
  3. Gunakan 1 lembar daun salam
  4. Sediakan 1 batang sereh (geprek)
  5. Gunakan 1 ruas lengkuas (geprek)
  6. Ambil 1 sdm gula pasir
  7. Gunakan 1 sdt garam
  8. Gunakan 2 sdm minyak goreng
  9. Sediakan 65 ml santan kara
  10. Siapkan secukupnya penyedap rasa
  11. Ambil 500 ml air bersih
  12. Gunakan Bumbu halus :
  13. Ambil 1/2 sdt merica
  14. Gunakan 1/2 sdt ketumbar
  15. Sediakan 1 buah kemiri
  16. Sediakan 1 ruas jahe
  17. Ambil 1 ruas kunyit
  18. Ambil 3 siung bawang putih
  19. Sediakan 5 siung bawang merah
  20. Siapkan 9 buah cabe rawit merah (sesuai selera)

Selain itu, rasa daun singkong juga sedikit pahit sehingga tidak cocok jika dibuat menjadi sup dengan kuah bening. Itulah sebabnya daun ketela lebih sering dibuat resep makanan bersantan. Menurut data pangan Kemenkes RI , daun singkong yang segar, mengandung berbagai nutrisi, mulai dari protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral penting. Resep Sayur Daun Singkong - Daun singkong memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita seperti, sebagai sumber tenaga, membantu proses metabolisme tubuh, sumber antioksidan, meregenerasi sel-sel tubuh, dan juga membantu proses pencernaan.

Cara membuat Daun singkong kuah santan:
  1. Pilih daun singkong yang masih muda, cuci bersih daun singkong, rebus sampe layu, bubuhkan sedikit garam (agar daun tidak cepat berubah warna ketika dimasak), tiriskan, peras air nya (mengurangi rasa pait), kemudian potong2, sisihkan
  2. Tumis bumbu halus sampe harum, masukkan ebi, daun salam, sereh, lengkuas, kemudian masukkan pula daun singkong, tambahkan sedikit air
  3. Tambahkan gula pasir dan garam, aduk, biarkan sampe mendidih
  4. Masukkan santan kara (kara di larutkan pake 200ml air, berhubung ga terlalu suka santan, saya hanya pake 1/2 bungkus saja, 4 sdm santan kara)
  5. Aduk, tunggu sampe mendidih, tambahkan penyedap rasa, tes rasa (karena kurang pedas, pas udah matang saya tambahin cabe iris serong)
  6. Sayur daun singkong kuah santan siap dihidangkan untuk makan siang 💙

Menu masakan dengan menggunakan santan adalah salah satu jenis masakan yang cukup populer di Indonesia, mulai dari bahan dasar daging, ikan, telur, dan. Lihat juga resep Sayur Santan Daun Singkong + Tempe enak lainnya! Setelah santan anda mendidih lanjutkan dengan memasukan daun singkong yang telah di potong kasar ke dalam wajan sembari terus diaduk. Berikan perasa makanan berupa garam, gula serta penyedap masakan ke dalam sajian daun singkong anda sehingga lebih terasa sedap dan gurih ketika disantap. Sayur Daun Singkong Kuah Santan ini rasanya enak gurih karena santan dan ikan teri.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Daun singkong kuah santan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved