Cara Gampang Membuat Mangut Ikan Asap, Bikin Ngiler

Brent Wong   01/09/2020 11:57

Mangut Ikan Asap
Mangut Ikan Asap

Anda sedang mencari ide resep mangut ikan asap yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan asap yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Mangut Ikan Asap enak lainnya. Mangut biasanya terbuat dari ikan pari asap atau biasa disebut ikan pe dan diberi kuah santan yang dipadukan dengan bermacam bumbu rempah. Namun dibeberapa daerah yang lain, juga digunakan jenis ikan yang lain seperti ikan lele ataupun ikan mujair.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan asap, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan mangut ikan asap yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah mangut ikan asap yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Mangut Ikan Asap memakai 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Mangut Ikan Asap:
  1. Gunakan Bahan :
  2. Sediakan 8 potong ikan asap
  3. Ambil 8 potong tahu kulit
  4. Ambil 10 potong tempe, bagi jadi 4
  5. Siapkan 65 ml santan instan
  6. Gunakan 300 ml air
  7. Gunakan 5 sdm minyak goreng untuk menumis
  8. Sediakan Bumbu :
  9. Ambil 10 buah cabe rawit hijau, utuh
  10. Gunakan 8 buah cabe hijau
  11. Ambil 5 buah cabe merah keriting
  12. Ambil 5 buah cabe rawit merah
  13. Gunakan 4 cm kencur
  14. Gunakan 4 siung bawang merah
  15. Gunakan 4 siung bawang putih
  16. Ambil 2 sdt garam
  17. Siapkan 2 sdt gula pasir
  18. Gunakan 2 lmbr daun salam
  19. Siapkan 1 sdt penyedap (bila perlu)

Mangut ikan adalah menu makanan yang memiliki citarasa khas. Mangut ikan biasa di buat menggunakan ikan asap, kemudian dimasak kembali dengan kuah santan dan macam macam bumbu. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota.

Langkah-langkah membuat Mangut Ikan Asap:
  1. Iris serong cabe merah, hijau dan rawit.iris tipis bawang merah, bawang putih dan kencur
  2. Tumis semua bumbu hingga harum dan layu
  3. Tambahkan air dan santan, aduk rata.masukkan ikan, tahu dan tempe
  4. Tambahkan cabe rawit hijau,garam,gula dan penyedap
  5. Tes rasa, Aduk sesekali agar santan tidak pecah. Bila sudah mendidih, angkat dan siap disajikan

Makan malam hari ini terasa spesial karena adanya kiriman mangut ikan asap dari saudara saya. Rasa kuah koto yang gurih dan pedas nampol memang sulit untuk ditolak. Ditambah dengan aroma ikan asap yang khas terasa begitu menggoda. Selain sajian ini, ikan asap juga sering dimasak santan, tumis sambal pedas, pecak, hingga asem-asem. Niatan ke pasar pagi ini unutk belanja ikan bandeng.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Mangut Ikan Asap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved