Resep Ayam kampung panggang utuh yang Menggugah Selera

Vera Sanchez   01/09/2020 11:54

Ayam kampung panggang utuh
Ayam kampung panggang utuh

Anda sedang mencari ide resep ayam kampung panggang utuh yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam kampung panggang utuh yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam kampung panggang utuh, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ayam kampung panggang utuh yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Ayam Panggang Kalasan (utuh) enak lainnya. Kepala Ayam Utuh Goreng Gurih dan Simpel. Ayam kampung panggang utuh Ayam panggang ini biasa kami santap saat berada di kampung suami di wonogiri. sebagai orang perantauan seringnya kangen dong sama masakan daerah kami.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ayam kampung panggang utuh sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Ayam kampung panggang utuh menggunakan 19 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Ayam kampung panggang utuh:
  1. Sediakan 1 ekor ayam kampung utuh berat hidup 1kg
  2. Siapkan Bumbu halus
  3. Ambil 100 gram cabe merah besar buang bijinya
  4. Ambil 50 gram cabe merah keriting
  5. Siapkan 12 buah bawang merah
  6. Siapkan 8 buah bawang putih
  7. Ambil 2 cm kunyit
  8. Ambil 1 ruas jari jahe
  9. Gunakan 5 butir kemiri
  10. Sediakan 1 sendok teh ketumbar
  11. Sediakan 1/2 sendok teh jintan
  12. Siapkan Bumbu lainnya
  13. Ambil 6 lembar daun jeruk
  14. Gunakan 4 lembar daun salam
  15. Ambil 2 batang sereh geprek
  16. Siapkan secukupnya Lengkuas geprek
  17. Gunakan secukupnya Garam
  18. Gunakan secukupnya Lada
  19. Ambil secukupnya Gula merah

Resep ayam panggang utuh ini merupakan resep warisan dari ibu mertua yang berasal dari daerah Bangka. Biasanya saya buat saat hari-hari istimewa dalam keluarga, seperti hari perayaan ulang tahun anggota keluarga, awal puasa, atau moment spesial lainnya. jika tidak untuk moment istimewa ayam tidak di masak utuh, melainkan di potong beberapa bagian. Selain itu, daging ayam broiler juga lebih empuk jika diolah sehingga banyak yang lebih memilih ayam ini daripada ayam kampung maupun jenis. Untuk kalian yang bingung dan belum tau bagaimana cara mengolah ayam menjadi ayam ingkung utuh enak, dapursaja punya resepnya yakni Resep Ayam Kampung Ingkung Utuh Empuk Cara membuat ayam panggang oven: Lumuri dulu potongan daging ayam dengan menggunakan air jeruk nipis, garam dan juga kecap manis.

Cara membuat Ayam kampung panggang utuh:
  1. Ayam kampung dibelah melebar utuh atau bisa dipotong2. Lalu dipanggang di dalam tungku atau bisa di atas teflon
  2. Haluskan menggunakan blender, cabe merah, cabe kriting, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, ketumbar dan jintan. Setelah halus tumis menggunakan minyak goreng. Masukan daun salam, daun jeruk sereh, legkuas.. hingga bumbu matang dan tambahkan air secukupnya
  3. Lalu masukan garam, gula merah, dan lada. Aduk rata. Kemudian masukan ayam utuh. Tutup wajan dan kecilkan api. Ungkep ayam selama kurle 1jam atau hingga empuk. Jika air dirasa kurang bisa ditambahkan..
  4. Angkat ayam dari wajan lalu panggang di dalam kuali atau di atas teflon. Sambil dioles2 bumbu menggunakan kuas..
  5. Lanjutkan menumis bumbu sampai air meresap dan minyak dari bumbu keluar. Nantinya bumbu bisa disajikan bersama ayam..
  6. Siap untuk dihidangkan bersama nasi hangat dan sambal terasi

Kalkun panggang atau turkey jadi hidangan spesial Natal. Tapi harga ayam kalkun yang mahal sebabkan orang malas membuat kalkun utuh panggang. Ayam panggang kampung salah satu makanan yang bisa dicoba ketika berkunjung ke Wonogiri. Bumbu yang digunakan pun memiliki rasa yang khas. Kali ini FIMELA akan berbagi resep membuat ayam kampung panggang khas Wonogiri.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ayam kampung panggang utuh yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved