Bagaimana Menyiapkan Mangut lele, Bisa Manjain Lidah

Lettie Baker   20/11/2020 17:11

Mangut lele
Mangut lele

Anda sedang mencari ide resep mangut lele yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut lele yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut lele, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan mangut lele enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Resep dengan petunjuk video: Salah satu makanan khas Matraman (Jogja-Solo) dan Semarang ini mirip seperti Pecel Lele tapi diberikan bumbu Mangut. Garingnya lele dengan bumbu mangut yang enak dan khas membuat makan siang atau malammu lebih nikmat. Lihat juga resep Mangut Lele enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat mangut lele sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Mangut lele memakai 20 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Mangut lele:
  1. Gunakan 500 gr lele
  2. Gunakan secukupnya Kemangi
  3. Gunakan Santan kental
  4. Sediakan 5 cabai rawit utuh
  5. Siapkan 5 cabai hijau keriting(iris)
  6. Ambil 5 cabai merah keriting (iris)
  7. Gunakan 3 lembar daun salem
  8. Ambil Seruas lengkuas
  9. Siapkan 2 lembar daun jeruk purut
  10. Siapkan Seruas jahe
  11. Gunakan 1 butir jeruk nipis
  12. Sediakan 2 sdt garem
  13. Gunakan 1 sdt kaldu bubuk
  14. Gunakan secukupnya Gula jawa
  15. Ambil Bumbu halus
  16. Siapkan 7 butir bawang merah
  17. Sediakan 4 siung bawang putih
  18. Ambil 2 butir kemiri
  19. Ambil Kunyit
  20. Gunakan Kencur

Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan. Mangut lele adalah sajian populer yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berbahan dasar ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya. Jika memakai lele goreng, pastikan anda tidak menggorengnya terlalu lama hingga kering.

Langkah-langkah membuat Mangut lele:
  1. Cuci bersih lele beri perasan jeruk nipis dan tabur garam
  2. Goreng sampai kering lele,sisihkan
  3. Tumis bumbu halus, masukkan lengkuas,jahe,daun salam,daun jeruk purut,garam,kaldu bubuk, gula
  4. Masukkan santan aduk aduk sampai mendidih
  5. Masukan semua cabai
  6. Masukan lele yang sudah digoreng,hingga bumbu meresap koreksi rasa
  7. Terakhir masukan kemangi ketika sudah dirasa cukup.matikan api dan sajikan.

Mangut lele memang merupakan kuliner khas Jawa Tengah yang juga banyak tersedia di beberapa daerah lainnya. Di Magelang, Semarang dan juga di Jogja. Nah berbicara masalah mangut lele yang legendaris di Jogja ada satu nama yakni warung dari Mbah Marto. Kalau bosan makan lele kalian boleh pesan mangut beraneka bahan. Mulai dari mangut gurame, telur bebek, ayam kampung, dan nila.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Mangut lele yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved