Langkah Mudah untuk Membuat Pindang Tetel Pekalongan, Enak Banget

Effie Nelson   24/10/2020 05:22

Pindang Tetel Pekalongan
Pindang Tetel Pekalongan

Sedang mencari ide resep pindang tetel pekalongan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pindang tetel pekalongan yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Pindang tetel Pekalongan itu sendiri adalah makanan khas dari Pekalongan yang berasal dari desa Ambokembang, Kedungwuni, Pekalongan. Meskipun bernama pindang tetel, masakan ini lebih mirip rawon dan dibuat dari tetelan daging iga sapi, bukan ikan pindang seperti namanya. Karena Pindang Tetel singkatan dari Paling enak Daging Tetel.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pindang tetel pekalongan, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan pindang tetel pekalongan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat pindang tetel pekalongan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Pindang Tetel Pekalongan menggunakan 20 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Pindang Tetel Pekalongan:
  1. Siapkan 500-1 kg daging sapi & tetelan
  2. Gunakan 1-2 liter air
  3. Sediakan 15 buah cabe rawit
  4. Siapkan Secukupnya daun bawang (iris)
  5. Gunakan Bumbu halus :
  6. Ambil 5-7 butir Kluwek (rendam air panas)
  7. Sediakan 10 siung bawang merah
  8. Ambil 7 siung bawang putih
  9. Sediakan 5-7 buah cabe merah
  10. Ambil 1 sdt ketumbar
  11. Gunakan 1/2 sdt Merica
  12. Ambil Garam
  13. Siapkan Sedikit kunyit
  14. Gunakan Bumbu tambahan :
  15. Siapkan Laos (geprek)
  16. Sediakan Jahe (geprek)
  17. Siapkan 2 batang serai (geprek)
  18. Siapkan Daun salam
  19. Siapkan Pelengkap :
  20. Gunakan Kerupuk usek

Kuliner Pekalongan ini sangat lezat karena di dalamnya terdapat tetelan dari daging sapi serta beraroma wangi sebab ada irisan daun bawang. Resep Pindang Tetel Khas Pekalongan yang Lezat. Dilihat dari penampilan, pindang tetel ini terlihat kurang menarik. Warna coklat kehitaman yang mendominasi sepintas hampir sama dengan rawon.

Cara menyiapkan Pindang Tetel Pekalongan:
  1. Rebus daging dan tetelan hingga empuk..
  2. Angkat, potong2 sesuai selera
  3. Haluskan bumbu dan kluwek,lalu tumis bersama daun bawang dan bumbu tambahan hingga harum
  4. Kemudian masukkan potongan daging dan tetelan.
  5. Setelah matang rebus kembali air,cabe rawit, setelah mendidih masukkan tumisan bumbu dan daging tadi
  6. Tunggu hingga matang dan siap untuk dihidangkan bersama kerupuk usek…

Tetapi beda, kalau rawon lebih pekat dan kental sedangkan pindang tetel lebih encer. Tidak banyak orang mengenal Pindang Tetel karena memang 'hanya' ada di Pekalongan, lebih khusus lagi di daerah Kecamatan Kedungwuni dan sekitarnya. Beberapa kali saya googling namun tidak menemukan warung yang menjual Pindang Tetel di Jakarta atau kota besar lainnya. Pindang tetel adalah makanan khas pekalongan yang paling favorite. Makanan ini merupakan cemilan khas pekalongan yag cukup banyak diminati para wisatawan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Pindang Tetel Pekalongan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved