Langkah Mudah untuk Menyiapkan Pesmol ikan NON Micin yang Bisa Manjain Lidah

Gregory Wade   29/11/2020 10:03

Pesmol ikan NON Micin
Pesmol ikan NON Micin

Sedang mencari ide resep pesmol ikan non micin yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pesmol ikan non micin yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Untuk foto setelah jadinya malah lupa. Karena saking mantapnya jadi lupa deh hehe.. micin, lada, jeruk lemo peras dan gula merah secukupnya, koreksi rasa. Setalah air mendidih masukan ikan yang telah digoreng beserta cabai dan kemangi, aduk dan ungkep diamkan meresap dan air menyusut.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pesmol ikan non micin, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan pesmol ikan non micin enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat pesmol ikan non micin sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Pesmol ikan NON Micin memakai 20 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Pesmol ikan NON Micin:
  1. Ambil 4 ekor ikan kembung (boleh digantin ikan patin)
  2. Ambil 2 buah ketimun segar
  3. Ambil 5 buah cabai rawit merah
  4. Gunakan 3 siung bawang putih
  5. Gunakan 5 siung bawang merah
  6. Siapkan 4 buah kemiri
  7. Ambil 1 sdt merica bubuk
  8. Ambil 2 ruas kunyit
  9. Siapkan 1 ruas jahe (Karna kosong stoknya jadi Skip 😂)
  10. Gunakan 1 ruang lengkuas
  11. Sediakan 3 lembar daun salam
  12. Sediakan 4 lembar daun jeruk
  13. Sediakan 1 ruas sereh
  14. Gunakan 1 buah Jeruk nipis
  15. Gunakan 1 bungkus kecil asam jawa
  16. Ambil secukupnya Gula merah
  17. Siapkan Garam
  18. Sediakan Minyak goreng
  19. Siapkan Air
  20. Siapkan Daun bawang

Bumbu kuah kuningnya dibuat pekat dan kental dan selalu menggunakan ikan sungai. Mungkin karena kami hidup dengan Sungai Musi membelah kotanya. sehingga ikan sungai lebih mudah ditemui dalam. Seduh bumbu pesmol dengan sedikit air; Tumis bumbu, masukkan sisa air dan didihkan. Masukkan cabai rawit, cabai merah, daun bawang, bawang merah, masak hingga layu; Masukkan ikan dan aduk rata.

Cara membuat Pesmol ikan NON Micin:
  1. Marinas ikan kembung dengan perasan jeruk dan garam sisihkan selama 1 jam masukan kekulkas (kalau tidak memiliki kulkas bisa ditaruh disuhu ruang)
  2. Siapkan bahan2 bawang putih,bawang merah,kemiri,kunyit,garam,haluskan dan sisihkan, kemudian geprek sereh, jahe dan lengkuas sisihkan
  3. Potong korek api ketimun,dan daun bawang sisihkan
  4. Siapkan wajan, goreng ikan yg telah dimarinasi, jgn terlalu gosong angkat dan sisihkan
  5. Panaskan minyak tumis bahan2 alus sampai harum, masukan cabai, dan bahan yg sudah digerpek tadi, kemudian masukan daun salam dan daun jeruk tunggu hingga harum
  6. Kemudian masukan sedikit air tunggu hingga meletup, dan masukan Air asam jawa, gula merah,tes rasa, dirasa kurang garam boleh tambahkan
  7. Tunggu hingga agak menyusut airnya
  8. Kemudian masukan ikan dan masukan timun beserta daun bawang
  9. Sajikan pesmol siap disantap bersama nasi putih panas

Pesmol Ikan yang nikmat dan sehat siap disajikan. Resep Pesmol ikan bawal laut dan gurame. Masak pesmol pasti ada rasa gurih, asam, manis,pedasnya.nah asamnya itu bisa pakai cuka atau asam kandis yah moms. Dulu nggak suka makan ikan yg masih bentuk utuh. Soalnya pernah ketelen durinya dan nyangkut di tenggorokan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Pesmol ikan NON Micin yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved