Langkah Mudah untuk Membuat Ayam bakar ungkep, Enak Banget

Steve Ellis   26/11/2020 21:12

Ayam bakar ungkep
Ayam bakar ungkep

Lagi mencari ide resep ayam bakar ungkep yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam bakar ungkep yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Ayam Bakar bumbu Ungkep enak lainnya. Banyak sekali aneka masakan yang terbuat dari Ayam, seperti ayam bakar, ayam goreng, ayam suwir, ayam kecap dan masih banyak lagi. Home / All Recipes / Indonesian / Ayam Ungkep - Indonesian Fried Chicken.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bakar ungkep, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ayam bakar ungkep yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam bakar ungkep yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam bakar ungkep menggunakan 18 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Ayam bakar ungkep:
  1. Gunakan 1 ekor ayam (saya pake pejantan)
  2. Sediakan 3 lembar daun salam
  3. Siapkan 3 lembar daun jeruk
  4. Siapkan 1 batang sereh
  5. Gunakan secukupnya Gula merah
  6. Sediakan 3 biji asam
  7. Sediakan 5 sdm kecap manis
  8. Ambil 3 sdm minyak goreng
  9. Gunakan Secukupnya air
  10. Sediakan 1 sdm unsalted butter (boleh skip)
  11. Gunakan Bumbu Halus
  12. Siapkan 7 buah bawang merah
  13. Siapkan 5 siung bawang putih
  14. Siapkan 1 sdt ketumbar
  15. Gunakan 3 buah kemiri
  16. Siapkan 1 ruas kunyit (1 sdt kalo bubuk)
  17. Sediakan Secukupnya garam
  18. Ambil Secukupnya penyedap rasa (saya skip)

Masak ungkep ayam dengan bumbu haluskan sampai matang. Saat ini ada dua cara membuat ayam bakar kecap yang dapat Anda pratekkan di rumah. Yang pertama adalah resep ayam bakar ungkep, ayam bakar jenis ini merupakan ayam bakar yang dibuat dengan proses dimasak atau pengungkepan terlebih dahulu, kemudian baru dibakar di atas pemanggang. Pantas ayam ungkep goreng ini sangat nikmat hingga ke tulang-tulang, ya.

Cara menyiapkan Ayam bakar ungkep:
  1. Ayam nya boleh utuhan atau di potong2. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk dan sereh sampai wangi.
  2. Masukkan ayam nya dan aduk2 sampai rata, kasih air sampai ayam terendam seperti di foto. Masukkan kecap manis, asam dan gula merah. Aduk2 sampai tercampur.
  3. Masak sampai kuahnya berkaramel seperti ini. Jangan lupa ayam di bali 1-2 kali biar bumbunya meresap di semua bagian ayam. Aku sengaja ga masak sampe kering karena manti sisa bumbu mau di olesin pas di grill.
  4. Aku pake unsalted butter (boleh skip). Grill di teflon atau oven jg bisa. Olesi bumbu sisa td pas di grill sampai ada tekstur rada gosong gt. Ga perlu lama2 yang penting agak kering aja dan angkat.
  5. Selamat mencoba dan jangan lupa recook yaa 🙌💕

Dagingnya yang gurih, wanginya yang semerbak, serta kenikmatan bumbunya saat dicampur nasi menjadi alasan kenapa ayam ungkep ini menjadi menu favorit yang sulit untuk dilewatkan. Lalu apa saja tips mengungkep ayam supaya bisa lezat? Mulai dari ayam bakar kecap, ayam bakar Padang, ayam bumbu rujak, sampai ayam bakar madu gaya western. Ada juga resep ayam bakar ekonomis yang bisa dibuat dalam waktu singkat. Membuat ayam bumbu kuning sendiri sangat mudah, jadi jika anda terbiasa membeli ayam bumbu kuning yang telah jadi di supermarket, sara n saya untuk kali ini buatla h sendiri di rumah.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Ayam bakar ungkep yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved