Resep Cilok lembut kenyal, Enak Banget

Jesse Peterson   30/06/2020 20:57

Cilok lembut kenyal
Cilok lembut kenyal

Lagi mencari ide resep cilok lembut kenyal yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok lembut kenyal yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok lembut kenyal, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan cilok lembut kenyal yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Foto seadanya dulu, ntar kalo bikin lagi aku fotoin yang lebih cakep baru diganti 😆 Selama ini aku kalo bikin cilok tuh hampir gak pernah pas rasanya. Entah alot, terlalu terasa tepungnya, pokoknya gak pas aja. Nah kali ini aku udah punya resep andalan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan cilok lembut kenyal sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Cilok lembut kenyal memakai 11 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Cilok lembut kenyal:
  1. Sediakan 200 ml air
  2. Gunakan 1 buah bawang putih halus
  3. Siapkan bahan kering :
  4. Gunakan 170 gr tepung terigu
  5. Ambil 80 gr tepung tapioka
  6. Sediakan 1/4 sdt garam
  7. Siapkan 1/4 sdt kaldu bubuk
  8. Siapkan 1/4 sdt lada bubuk
  9. Ambil 1/4 sdt ketumbar bubuk (optional, saya tidak pakai)
  10. Sediakan sejumput gula pasir
  11. Siapkan 1 batang daun bawang iris halus

Perpaduan gurihnya cilok dengan bumbu kacang bikin rasanya makin menggugah selera. Kalau pengin makan cilok yang lezat, gak melulu harus jauh-jauh ke Bandung dulu. Kamu pun bisa membuat cilok sendiri yang lezat. Sebelum masak sendiri, simak tips membuat cilok yang empuk dan kenyal.

Cara membuat Cilok lembut kenyal:
  1. Didihkan air + bawang putih
  2. Ambil wadah dan campur semua bahan kering kemudian aduk rata
  3. Tuang rebusan air dan bawang putih ke dalam campuran bahan kering
  4. Uleni menggunakan spatula hingga kalis (tidak menempel di wadah) lalu bulatkan sesuai selera bisa juga di isi dengan telur puyuh
  5. Didihkan air + sedikit minyak, rebus cilok hingga mengapung agak lama
  6. Panaskan kukusan hingga full uap
  7. Tiriskan cilok, lalu kukus selama 10menit.
  8. Sajikan selagi hangat ditemani saos cabe, sambal kacang maupun dimasak lagi menjadi seblak bun seperti saya hehe😆 selamat mencoba😍

Setelah matang angkat, tiriskan lalu masukkan ke dalam panci kukus supaya cilok tetap hangat dan lebih kenyal tapi tetap lembut. Siapkan saus, sambal kacang siap pakai, kecap dan saus cabe dan air secukupnya lalu masak di atas wajan, jika sudah mendidih beri larutan tepung maizena supaya agak rental dan pindahkan ke mangkuk. Cara Mudah Membuat Cilok Bandung yang Empuk, Kenyal dan Tahan Lama disertai Bumbu kacang yang Mantap. Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beranek. Makanan khas Bandung yang unik dengan kepanjangan nama aci dicolok ini memiliki bentuk hampir mirip dengan bakso, namun lebih kenyal serta legit karena berbahan dasar tepung kanji.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan cilok lembut kenyal yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved