Resep Cilok empuk bumbu kacang yang Lezat

Isaac Norton   30/06/2020 21:17

Cilok empuk bumbu kacang
Cilok empuk bumbu kacang

Lagi mencari inspirasi resep cilok empuk bumbu kacang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok empuk bumbu kacang yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok empuk bumbu kacang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan cilok empuk bumbu kacang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Menurut wikipedia, Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat cilok empuk bumbu kacang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Cilok empuk bumbu kacang memakai 15 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Cilok empuk bumbu kacang:
  1. Siapkan 5 sdm tepung terigu
  2. Sediakan 250 grm tepung kanji
  3. Gunakan 200 ml air panas
  4. Gunakan 2 siung bawang putih
  5. Sediakan 1 sdt merica bubuk
  6. Sediakan 1 sdt garam
  7. Gunakan 2 sdm minyak goreng
  8. Siapkan Secukupnya penyedap rasa
  9. Siapkan Secukupnya air untuk merebus
  10. Sediakan Untuk bumbu kacang:
  11. Siapkan 3 cabai merah besar
  12. Siapkan 1 senggam kacang tanah yg sudah di goreng
  13. Siapkan 1 gandu gula merah
  14. Gunakan secukupnya Air
  15. Sediakan 2 sdm kecap manis

Udah lama pengen bisa bikin cilok sendiri, secara jajannya ini mulu hihi. Akhirnya coba bikinlah sendiri, cucok lahh (curang, muji sendiri) 😂😂 resep cilok bandung kenyal empuk bumbu kacang Cilok adalah aci dicolok karena memang enak menyantapnya dengan cara dicolok serta dicocol ke dalam bumbu kacang. Resep membuat cilok yang merupakan variasi kuliner Bandung ini termasuk dalam aneka jajanan populer dengan ciri khas berbentuk bulat-bulat dan bertekstur kenyal-kenyal empuk. Tuang bumbu ke dalam panci dan rebus hingga mendidih.

Cara menyiapkan Cilok empuk bumbu kacang:
  1. Siapkan tepung terigu di wadah masukan bawang putih, merica dan varam yg sudah di haluskan lalu siram air panas aduk pakai centong aduk sampai tepung tercampur rata lalu masukan tepung kanji sedikit2 di ulen jangan terlalu kuat agar adonan tidak keras
  2. Bulat2 adonan tadi lalu rebus di air yg mendidih setelah terapung tanda matang angkat tiriskan
  3. Haluskan semua bahan bumbu kacang lalu panaskan minyak goreng masukan bumbu kacang tambahkan garam dan bumbu penyedap tambahkan air secukupnya dan kecap manis kemudian masukan cilok tadi aduk2 sampai air aga menyusut angkat sajikan
  4. Cilok nya empuk bisa di simpan di magic com agar tetap hangat dan tambah empuk bisa di makan esok hari selamat mecoba

Tambahkan kecap manis, aduk kembali sampai mengental. Setelah itu, tata cilok di atas piring atau bisa juga dengan ditusuk pakai tusukan sate. Siramkan bumbu kacang secara merata di atasnya. Cilok adalah aci dicolok karena memang enak menyantapnya dengan cara dicolok serta dicocol ke dalam bumbu kacang. Resep membuat cilok yang merupakan variasi kuliner Bandung ini termasuk dalam aneka jajanan populer dengan ciri khas berbentuk bulat-bulat dan bertekstur kenyal-kenyal empuk.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Cilok empuk bumbu kacang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved