Resep Roti Perancis / baguette, Lezat Sekali

Vernon Dennis   09/06/2020 18:17

Roti Perancis / baguette
Roti Perancis / baguette

Anda sedang mencari inspirasi resep roti perancis / baguette yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal roti perancis / baguette yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Roti perancis / baguette homemade pengen banget bikin garlic bread, tapi sayang susah banget cari roti baguette nya. mau beli di Pizza H*t porsi nya kurang buat busui kek saya 🤣 yasudahlah kita buat roti nya dulu baru buat garlic breadnya 😇 Warga negara Perancis tidak begitu tertarik menambah persediaan tisu toilet layaknya negara di Eropa yang lain. Mereka justru berbondong-bondong pergi ke toko roti untuk membeli baguette saat pengumuman pengurungan (lockdown). Melansir laman Spoon University, baguette adalah kue khas Perancis yang memiliki bentuk panjang dan sedikit tipis.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari roti perancis / baguette, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan roti perancis / baguette yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat roti perancis / baguette yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Roti Perancis / baguette memakai 7 bahan dan 13 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Roti Perancis / baguette:
  1. Sediakan 300 mg tepung terigu
  2. Gunakan 2 sdm mentega / margarin
  3. Siapkan 150 cc air hangat
  4. Siapkan 1 sdt Ragi (fermipan)
  5. Siapkan 1 sdm Gula
  6. Ambil 1 sdt garam
  7. Sediakan secukupnya Minyak

Karena bentuknya yang lebih panjang dari roti biasanya, di Indonesia roti Baguette ini disebut dengan roti tongkat. Roti yang akan kita buat kali ini merupakan roti dari negara perancis, jadi untuk bunda yang berrencana membuat resep kue ini tidak perlu jauh-jauh membuatnya di perancis karena membuat nya hanya tinggal membaca dengan teliti di lumbung resep, dimana resep aneka roti ini sangatlah mudah, nantinya bunda tidak perlu membutuhkan beberapa bahan-bahan khusus yang nanti bisa bunda dapatkan di. Roti Baguette merupakan nama aslinya, sedangkan di Indonesia lebih dikenal dengan roti prancis atau perancis jika di negara Malaysia Resepi Baguette. Baguette, mungkin terdengar asing di telinga kita.

Langkah-langkah membuat Roti Perancis / baguette:
  1. Siapkan bahan
  2. Larutkan gula ke dalam air hangat
  3. Campurkan ragi ke dalam larutan gula. Tunggu 10 menit atau hingga berbuih (jika berbuih tanda ragi nya berfungsi dengan baik)
  4. Masukkan tepung, mentega, ke dalam mangkuk wadah. Aduk perlahan sambil menambahkan larutan ragi + gula sedikit demi sedikit. Aduk hingga tercampur merata
  5. Lumuri tangan dengan sedikit minyak, uleni adonan hingga kalis (periksa dengan menarik adonan, jika adonan dapat merentang tanpa sobek itu artinya sudah kalis). Saat menguleni dapat ditaburi tepung agar tidak lengket
  6. Bulatkan adonan membentuk bola, diamkan adonan dengan tertutup (bisa menggunakan kain lembab atau plastik bening lalu dilapisi kain) tunggu hingga adonan mengembang 2x lipat.
  7. Lumuri loyang dengan sedikit minyak (tdk usah sampai menggenang). Saya tidak pakai baking paper
  8. Bagi adonan menjadi 2 atau sesuai dgn ukuran yg diinginkan. Buat adonan menjadi memanjang (seperti silinder).
  9. Letakkan adonan di atas loyang. Beri jarak antar adonan. Oleskan tipis2 bagian atas adonan dengan air garam
  10. Sayat sayat bagian atas adonan. Lalu diamkan adonan hingga mengembang lagi kurang lebih 30 menit
  11. Sambil menunggu adonan mengembang, panaskan oven dengan suhu 210 derajat selama 10 menit
  12. Masukkan loyang berisi adonan ke dalam oven. Panggang dengan suhu 210 derajat selama 30 menit lalu lanjutkan panggang dengan suhu 180 derajat selama 20 menit atau sudah tampak kecoklatan
  13. Keluarkan adonan lalu biarkan dingin.

Istilah ini digunakan untuk merujuk kepada nama sebuah roti yang terkenal dari Perancis. Dalam bahasa Inggris, kita sering menyebutnya sebagai 'French Bread', sedangkan di Indonesia sering disebut 'baget'. roti baguette khas perancis - Siapa yg tidak kenal roti Baguette. Baguette berasal dari bahasa Perancis yg berarti roti tawar. Di Indonesia, roti ini dinamakan dgn roti tongkat. Saat memanggang roti ini pastikan jangan terlalu berwarna kecoklatan, karen jika terlalu berwarna coklat akan membuat roti yang bunda buat akan menjadi lebih keras dan tidak enak untuk di sajikan apa lagi jika bunda bernecana membuat resep kali ini untuk bekal sekolah sibuah hati, tanpa berlama-lama lagi berikut adalah Resep Roti Perancis Baguette Sederhana selamat mencoba.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Roti Perancis / baguette yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved