Resep Mangut Ikan Panggang Asap Anti Gagal

Scott Grant   01/10/2020 07:34

Mangut Ikan Panggang Asap
Mangut Ikan Panggang Asap

Anda sedang mencari inspirasi resep mangut ikan panggang asap yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan panggang asap yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan panggang asap, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan mangut ikan panggang asap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Mangut Ikan Asap enak lainnya. Mangut biasanya terbuat dari ikan pari asap atau biasa disebut ikan pe dan diberi kuah santan yang dipadukan dengan bermacam bumbu rempah. Namun dibeberapa daerah yang lain, juga digunakan jenis ikan yang lain seperti ikan lele ataupun ikan mujair.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat mangut ikan panggang asap yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Mangut Ikan Panggang Asap memakai 26 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Mangut Ikan Panggang Asap:
  1. Siapkan Bahan Utama
  2. Siapkan 10 potong Ikan Panggang Asap
  3. Gunakan 500 ml Santan Kental
  4. Ambil 500 ml Air
  5. Gunakan 10 Potong Tahu
  6. Sediakan 1 papan Tempe (Potong sesuai selera)
  7. Ambil Bumbu Halus
  8. Siapkan 5 Buah Cabai Rawit Merah
  9. Sediakan 4 butir Bawang Putih
  10. Ambil 20 Buah Cabai Merah Keriting
  11. Ambil 1/2 Buah Tomat
  12. Siapkan 1 Ruas Jari Kunyit
  13. Ambil 1 Ruas Jari Jahe
  14. Sediakan 8 Butir Bawang Merah
  15. Ambil 1 Sdt Ketumbar
  16. Gunakan 5 Butir Kemiri (Sangrai)
  17. Sediakan Bahan Tambahan Lain nya
  18. Sediakan 5 Buah Cabai Hijau Keriting (Iris tipis memanjang)
  19. Siapkan 5 Buah Cabai Rawit Merah atau sesuai selera
  20. Sediakan 2 Pcs Bumbu Penyedap
  21. Gunakan 1 buah Gula Jawa
  22. Siapkan 1 Sdt Garam
  23. Sediakan 1 sdt Gula
  24. Siapkan 1/2 sdt Merica
  25. Siapkan 2 Lembar Daun Salam
  26. Gunakan 1 Batang Sereh

Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Mangut merupakan sajian berkuah santan dengan bahan utama ikan dengan sensasi rasa gurih, sedikit asam dan pedas. Sedangkan iwak pe adalah ikan pari asap yang hasilkan citarasa unik. Makan malam hari ini terasa spesial karena adanya kiriman mangut ikan asap dari saudara saya.

Cara menyiapkan Mangut Ikan Panggang Asap:
  1. Haluskan seluruh Bahan Bumbu Halus dan Masukan hanya 5 Cabai rawit Merah kemudian Tumis hingga Harum (Sisihkan 5 Cabai Rawit Merah untuk direbus utuh nanti)
  2. Masukan santan kelapa kental dan Air
  3. Masukan seluruh Bahan Utama
  4. Masukan seluruh Bahan Tambahan Lainnya dan tunggu hingga mendidih
  5. Setelah matang, Siap disajikan :)

Rasa kuah koto yang gurih dan pedas nampol memang sulit untuk ditolak. Ditambah dengan aroma ikan asap yang khas terasa begitu menggoda. Selain sajian ini, ikan asap juga sering dimasak santan, tumis sambal pedas, pecak, hingga asem-asem. Sedangkan Mangut merupakan nama masakan panggang (ikan asap) tersebut. Ciri khas ikan asap ini adalah baunya yang sangit.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Mangut Ikan Panggang Asap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved