Cara Gampang Menyiapkan Nasi uduk rice cooker yang Lezat Sekali

Angel Barber   21/08/2020 13:49

Nasi uduk rice cooker
Nasi uduk rice cooker

Anda sedang mencari ide resep nasi uduk rice cooker yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi uduk rice cooker yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Back in the days, cooking nasi uduk is just downright complicated. The rice needs to be half cooked in a pot on a stove, and then transfer to a steamer to finish the cooking process. My Mom still use that method to make her nasi uduk.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi uduk rice cooker, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan nasi uduk rice cooker yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah nasi uduk rice cooker yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Nasi uduk rice cooker memakai 57 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Nasi uduk rice cooker:
  1. Ambil ๐Ÿ’•๐Ÿ’•bahan untuk nasi uduk :
  2. Sediakan 4 cup beras
  3. Gunakan 65 ml santan kara campur dengan air (takarannya seperti air untuk memasak nasi putih biasa)
  4. Ambil secukupnya garam
  5. Ambil 2 btg sereh dimemarkan
  6. Gunakan 1 lbr daun pandan diikat simpul
  7. Gunakan 5 lbr daun salam
  8. Gunakan ๐Ÿ’•๐Ÿ’•bahan untuk bakwan tempe
  9. Gunakan 7 irisan tempe tipis
  10. Gunakan 3 sdm terigu protein rendah/kunci biru
  11. Sediakan 3 sdm sajiku tepung bumbu serbaguna
  12. Siapkan 2 sdm kanji
  13. Siapkan 1 sdm tepung beras
  14. Ambil 2 siung bawang putih,parut
  15. Sediakan 1/3 sdt bumbu kuning bubuk siap saji jenis bubuk racik ikan
  16. Gunakan secukupnya garam
  17. Siapkan 140 ml air
  18. Sediakan 1 btg daun bawang,iris halus
  19. Gunakan sesuai selera cabe rawit ijo,iris tipis
  20. Sediakan ๐Ÿ’•๐Ÿ’•bahan untuk bihun goreng:
  21. Sediakan 1 bungkus bihun
  22. Ambil 4 siung bawang putih,haluskan
  23. Siapkan 1/2 sdt merica butir,haluskan
  24. Gunakan sesuai selera kecap manis
  25. Sediakan sesuai selera penyedap rasa ayam
  26. Gunakan sesuai selera gula pasir
  27. Siapkan secukupnya seledri ,cincang
  28. Siapkan secukupnya kol
  29. Ambil ๐Ÿ’•๐Ÿ’•bahan untuk telur balado :
  30. Ambil 2 siung bawang merah
  31. Ambil 2 siung bawang putih
  32. Ambil 1 bh kemiri
  33. Gunakan 15 bh cabe merah panjang
  34. Sediakan 10 bh cabe rawit ijo
  35. Siapkan 2 bh tomat
  36. Gunakan 1 sachet terasi abc
  37. Siapkan secukupnya garam
  38. Ambil secukupnya gula merah
  39. Gunakan secukupnya penyedap rasa
  40. Siapkan ๐Ÿ’•๐Ÿ’•bahan untuk dadar iris
  41. Sediakan 1 butir telur
  42. Siapkan 1 sdt minyak wijen
  43. Gunakan secukupnya garam
  44. Siapkan ๐Ÿ’•๐Ÿ’•bahan sambal kacang :
  45. Ambil 100 gram kacang tanah
  46. Gunakan 2 siung bawang putih
  47. Ambil 2 siung bawang merah
  48. Gunakan sesuai selera cabe
  49. Sediakan 1 sdm kecap manis
  50. Siapkan 1 bh jeruk limau
  51. Gunakan secukupnya garam dan gula
  52. Sediakan secukUpnya minyak goreng
  53. Gunakan secukupnya air
  54. Gunakan ๐Ÿ’•๐Ÿ’•taburan :
  55. Siapkan bawang merah goreng
  56. Gunakan ๐Ÿ’•๐Ÿ’•pelengkap :
  57. Gunakan kerupuk

We can find Nasi Uduk sold in roadside stalls in Jakarta which open exclusively in the morning, noon, or night, depending on the demographic of the surrounding areas. Umumnya pedagang nasi uduk menggunakan beras pera super (harganya lebih mahal). Keunggulan beras ini meskipun dikasih banyak air, nasi tetap mencar-mencar (tidak lengket/gumpal) dan nasinyapun tidak keras(empuk). Nasi uduk merupakan hidanga utama khas di Indonesia.

Cara menyiapkan Nasi uduk rice cooker:
  1. Cuci beras.masukkan beras ke dalam rice cooker tambahkan santan,sereh,daun salam,daun pandan dan garam secukupnya,hidupkan rice cooker masak nasi uduk sampai matang
  2. Campur tepung dan bumbu2,aduk rata,masukkan air secukupnya,aduk rata lagi,terakhir masukkan irisan daun bawang dan cabe,aduk rata.goreng tempe dalam minyak panas hingga matang kuning kecoklatan,NB:berhubung tepung sajiku dan bumbu kuning siap saji dah asin,jdi kasi garamnya jangan sadis ya temen2.maksudnya dikit aja.biar ga keasinan ๐Ÿ˜‚
  3. Rendam bihun didalam air panas sampai lunak,tiriskan,aku kasih 2 sdm minyak supaya ga saling lengket.panaskan minyak,tumis bawang putih sampe harum,masukkan kol yg sdh dipotong2 sesuai selera,aduk setengah matang aja,masukkan bihun,bumbui kecap,penyedap ayam,gula,merica bubuk,sesuai selera,test rasa.terakhir masukkan irisan seledri,aduk rata
  4. Rebus telur lalu goreng hingga sedikit berkulit,sisihkan..Siapkan bahan,lalu cuci semua sampe bersih,kemudian ulek sampai halus,bawang merah&putih,cabe,tomat kemiri terasi dan garam..lalu panaskan minyak goreng masukkan bumbu yang sdh diulek tadi tambahkan gula merah dan penyedap rasa aduk2 sampai sambal agak mengental dan berwarna merah kecoklatan,lalu masukkan telur rebus yg td sdh digoreng sebentar..setelah matang dan dirasa sdh pas angkat (abaikan ayam nyelip 1 sisa ayam goreng semalam)
  5. Dadar iris :kocok telur beri minyak wijen dan garam aduk..bikin dadar tipis diwajan lalu iris-iris
  6. Goreng kacang,bawang merah,bawang putih,dan cabe rawit dalam minyak panas,ingat kacang mudah gosong,jangan sampe gosong ya,kemudian angkat haluskan dengan blender bumbu tambhkan sedikit air,setelah halus,goreng kembali bumbu yg telah dihaluskan.tambahkan air sedikit jika terlalu kental,tambhkan kecap manis, garam dan gula.test rasa.kemudian angkat sambal.tambahkan perasan jeruk limau
  7. Penyajian: cetak nasi uduk dg mankok kecil letakkan ditengah piring,susun lauk disekililing nasi uduk beri taburan bawang merah goreng dan dadar iris,tambahkan kerupuk sebagai pelengkap…
  8. Selamat mencoba ๐Ÿ˜‰

Nasi uduk memiliki cita rasa yang enak, dilengkapi dengan lauk-pauk yang komplit dan juga membuatnya cukup mudah dengan menggunakan rice cooker. Nasi uduk yang berasal dari Betawi sangat terkenal. My Jakarta travel guide for food lovers: Rice is the main staple in most of Indonesia, but there are many different versions and preparations of rice. One of the versions I love the most is called nasi uduk, rice, thats cooked with a variety of fragrant herbs and spices, and the main ingredient: coconut milk. Membuat nasi uduk dengan rice cooker merupakan cara memasak yang paling mudah dan praktis.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi uduk rice cooker yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved