Resep Soto kudus yang Bisa Manjain Lidah

Jon Frazier   18/12/2020 21:25

Soto kudus
Soto kudus

Sedang mencari inspirasi resep soto kudus yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto kudus yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Soto Kudus is normally served with rice on the side but you can also serve it with rice inside the bowl of soto kudus. Soto kudus Indonesia culinary specialties is derived from the Kudus City in Central Java. Soto kudus did not use beef, but chicken or Buffalo meat, or meat goats.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto kudus, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan soto kudus yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah soto kudus yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Soto kudus menggunakan 17 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Soto kudus:
  1. Siapkan 1 ekor ayam kampung, rebus dng 2000 ml air dan garam
  2. Siapkan 200 gr taoge, siangi, seduh dng air panas, tiriskan
  3. Gunakan 3 sdm kecap manis
  4. Gunakan 3 btg seledri, iris halus
  5. Sediakan 3 sdm minyak goreng
  6. Sediakan 5 sdm bawang putih goreng
  7. Ambil Bumbu halus :
  8. Gunakan 5 butir bawang merah
  9. Ambil 1/2 sdt merica butiran
  10. Gunakan 5 siung bawang putih
  11. Ambil Garam dan kaldu bubuk
  12. Sediakan Pelengkap
  13. Siapkan Sambal Rawit
  14. Gunakan Sate Kerang
  15. Sediakan Sate Telur Puyuh
  16. Gunakan Tempe goreng kering
  17. Ambil Perkedel Kentang

Resep Soto Kudus Asli Paling Enak Dan Gurih - Soto kudus merupakan salah satu kuliner khas nusantara yang cukup terkenal kelezatannya. Untuk warga Jakarta, resep soto Kudus blok M merupakan salah satu yang paling sering dicoba untuk ditiru. Resep soto ayam kudus yang akan kita praktekkan cara membuatnya kali ini adalah resep soto ayam Kudus asli yang sering di masak di Jawa Timur sana, dengan. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki soto khasnya masing-masing, termasuk suatu kota kecil di Jawa tengah ini, yakni Kudus.

Langkah-langkah menyiapkan Soto kudus:
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan dalam rebusan ayam, tambahkan kecap manis. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap
  2. Angkat ayam dari kuah, ambil dagingnya lalu suwir2, sisihkan.
  3. Letakkan tauge dan daging ayam dalam mangkuk saji, taburi selwdri dan bawang putih goreng, lalu tuang kuah soto panas2. Hidangkan bersama pelengkapnya.

Pada awalnya, soto khas kota kretek ini menggunakan daging kerbau sebagai bahan utama. Akan tetapi, kini daging kerbau mulai tergantikan oleh daging ayam karena teksturnya yang lebih empuk, sehingga tidak memerlukan waktu pemasakan yang lama. Soto kudus tidak memakai santan atau kunyit seperti kebanyakan jenis soto-soto lainnya di Indonesia, buat yang pernah makan pasti tahu ciri khas soto kudus ini berkuah bening. Lebih bening dari soto lamongan, lho. Penyajian soto kudus ini memiliki tradisi dihidangkan dalam mangkuk kecil untuk satu porsi lengkap.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan soto kudus yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved