Bagaimana Menyiapkan Mie Goreng Jawa yang Sempurna

Dipos pada January 18, 2021

Mie Goreng Jawa

Anda sedang mencari inspirasi resep Mie Goreng Jawa yang unik? Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Mie Goreng Jawa yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Mie Goreng Jawa, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Mie Goreng Jawa di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Mie Goreng Jawa adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Mie Goreng Jawa diperkirakan sekitar 20 menit.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Mie Goreng Jawa dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Tetap dengan bahan yang sederhana, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Kalau kamu mau, masakan Mie Goreng Jawa memakai 11 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Mie Goreng Jawa:

  1. 1 bungkus mie telur 200 gram
  2. 1 ikat daun bawang, iris iris
  3. 1 ikat sawi, potong potong
  4. 1/4 bonggol kol iris (optional)
  5. 10 butir bakso sapi (iris)
  6. 8 buah cabe rawit domba
  7. 8 sdm kecap manis
  8. 2 sdm kecap asin
  9. 1 butir tomat
  10. 2 buah telur ayam (dadar lalu iris tipis u/ taburannya)
  11. 1 sachet bawang goreng

Langkah-langkah untuk membuat Mie Goreng Jawa

1
Bumbu Halus : 1 sdm bubuk udang ebi, 6 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 3 butir kemiri utuh (sangrai), 1 sdt merica bulat, garam secukupnya.
2
Rebus air lalu masukkan mie, setelah matang, kemudian angkat dan tiriskan. Lumuri mie yang sudah ditiriskan dengan 1 sendok makan minyak goreng, aduk. (Fungsi : agar mie tidak lengket menggumpal).
3
Panaskan minyak goreng, masukkan bumbu yang telah dihaluskan + cabe rawit ke dalam wajan dan tumis hingga harum. Masukkan potongan bakso, sawi dan daun bawang, kemudian aduk dan tumis hingga setengah layu.
4
Siapkan mie yang telah disisihkan tadi, masukkan dalam wajan. Masukkan kecap, aduk merata hingga semua bumbu meresap ke dalam mie, tabur garam secukupnya. Terus aduk hingga mie terlihat mulai mengering (bisa siram 2-3 sendok air agar tidak terlalu kering).
5
Penyajian : Angkat mie dari penggorengan, letakkan di atas piring saji. Taburi bawang goreng, telur dadar yang diiris tipis dan potongan tomat.
Mie Goreng Jawa - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mie Goreng Kriwul

Mie Goreng Kriwul

Hujan-hujan, liat ponakan bikin PR ngga ditemeni camilan...kacian. Akhirnya nyari-nyari sesuatu di dapur en nemu mie. Abis dikreasi dikit jadi deh cemilan asik. Yg bikin hepi ternyata pada sukak😍

18pcs
20 menit
Mie goreng suka suka🍜🌽

Mie goreng suka suka🍜🌽

Ini ceritanya busui yg kelaparan karena pagi blm ada nasi (bc: bangun kesiangan) dan lsg cus aktifitas menyusui si baby👶yg udah duluan bangun hehehe....tau kan ya ibu2 gmn rasanya perut ini stlh menyusui😂 akhirnya bikin deh sarapan yg super ekspress,untung di kulkas sdh ready mie urai yg udh direbus dan bahan2 seadanya : jagung🌽 dan kol

15menit
Mie Goreng Simple

Mie Goreng Simple

Biasa tiap pagi siapin sarapan buat suami dan di kulkas yang nyisa cuman mie telor jadi di bikin mie goreng aja dan berhubung suami ngga suka pedes jadi saya bikinnya manis

3-4 porsi
Mie Goreng Tanpa Ribet

Mie Goreng Tanpa Ribet

Sore yg mendung ngabisin stok bahan makanan 🍲

2- 3 porsi
Mie goreng tek tek

Mie goreng tek tek

Sebenernya makan mie goreng tanpa sayuran rasanya kurang menggoda, tapi apa daya udah keburu ngiler pengen makan mie goreng 😀, stok sayuran udh keburu habis

Mie goreng kriuk

Mie goreng kriuk

Pengen bikin cemilan yg gampang,, akhirnya bikin ini aja 😆😆

Mie Goreng Gurih Tanpa Micin

Mie Goreng Gurih Tanpa Micin

Bagi para bumil pasti berusaha menghindari MSG alias micin, tapi kalo bayangin mie goreng kaki lima yang harumnya menggugah selera tp pake micin pasti cuma bisa ngiler,, yuk coba disiasati dengan mie goreng rumahan tp semaknyuss masakan Mie Goreng pake micin.

18. Mi Goreng Jawa Acar Jeruk Nipis #BikinRamadanBerkesan

18. Mi Goreng Jawa Acar Jeruk Nipis #BikinRamadanBerkesan

#Day18_31052018 #BikinRamadanBerkesan Bisa jadi cemilan mengenyangkan atau main menu dengan ataupun tanpa nasi. Praktis bisa untuk buka sekaligus sahur #bikinramadanberkesan dengan cita rasa daerah. Acarnya no cuka, tapi seger banget dan sedap aroma khas acar plus cabe. Yuk cus masak.

12 porsi
Mie goreng malay

Mie goreng malay

Ini resep sih saya dapat waktu saya kerja di salah satu rumah makan jadi klo masalah rasa dijamin joss deh #5resepterbaruku

Mie Goreng Special

Mie Goreng Special

Bismillah Bahannya praktis Buatnya gampang Rasanya enak kak.. Cobain ya 😆

Mie Goreng Rasa Seblak

Mie Goreng Rasa Seblak

Lagi musim hujan paling endues makan seblak...berhubung dikulkas adanya cuma mie basah dan udang...ya bikin seadanya ajah... 😊 resepnya pedes ya...tp sy gk pakek cabe...Coz si kakak gk doyan pedes jdinya emaknya ngalah 😁

Mie Goreng Bumbu Iris

Mie Goreng Bumbu Iris

Ikut ngeramein #postingrame2 dari #komunitaspaders yang minggu ini temanya " one dish meal #pr_semuadehadadisini. Kali ini saya bikin mie goreng, resep dari mba Vy @dapurVy, yang rasanya mantul abis. Cara buatnya juga simpel bingits😋, tinggal iris2 ajah. Sukkaaa banget ga' repot2 ngulek chiinn😁. Resepnya saya modif sesuai ketersediaan bahan di rumah. Intip resepnya yuk. #cookpad_paders #cookpadcommunity_Balikpapan, kaltim #cookpadindonesia #cookpadcommunity_id @cookpad_id @komunitaspaders @cookpadcommunity_id

Mie Goreng Sayuran

Mie Goreng Sayuran

#6 #ResepPertamaku #MieGoreng #Sayuran

Mie Goreng Sayur

Mie Goreng Sayur

Pengen buat mie goreng tp g mau pake yg instan

8 porsi
15menit
Mi goreng teddy

Mi goreng teddy

Bingung mau masak apa buat bekal... Hehe. Yg praktis aja..

Mie Goreng Indomie

Mie Goreng Indomie

Annyeonghaseyo yeourobun ❤ Lagi kepengen makan mie goreng, simpel dan pedes. ✔

1 porsi
15 menit