Langkah Mudah untuk Menyiapkan Mie Goreng Ala Toba Samosir yang Enak Banget

Dipos pada April 9, 2021

Mie Goreng Ala Toba Samosir

Bagaimana membuat Mie Goreng Ala Toba Samosir yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Mie Goreng Ala Toba Samosir yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Mie Goreng Ala Toba Samosir, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Mie Goreng Ala Toba Samosir sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Mie Goreng Ala Toba Samosir bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Kalau kamu mau, masakan Mie Goreng Ala Toba Samosir memakai 23 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sebenernya yg aku recook ini mie gomak khas Toba Samosir. Tapi karna aku nggak pake mie lidi yg khasnya mie gomak itu, jadi ganti nama Mie Goreng Toba Samosir aja. Ini kali pertama aku makan mie dg bumbu rempah yg berasa banget. Enak juga ternyata. Untuk resep sudah aku sesuaikan. Takaran kecap juga aku tambah, karna aku suka mie goreng yg banyak kecapnya 🀭. Terus bumbu khasnya mie gomak yaitu andaliman juga aku skip karna nggak punya. Tapi ini tetep enak. Kalau mau coba resep asli silahkan lihat di link bawah ya,. Source: Happy End https://cookpad.com/id/resep/14476777-mie-gomak-goreng-khas-toba-samosir-dengan-penyesuaian?invite_token=KqLAkDrdgTPGdqzSU7UiA4Wt&shared_at=1617444681 #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeDa_HappyEnd

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Mie Goreng Ala Toba Samosir:

  1. 120 gr mie telor
  2. 2 siung bawang merah, iris tipis
  3. 2 batang daun bawang, iris-iris
  4. 6 sdm kecap manis
  5. 1 butir telur
  6. 5 buah cabe rawit
  7. 2 sdt garam (sesuai selera)
  8. 2 sdm gula (sesuai selera)
  9. Sedikit minyak goreng untuk menumis
  10. Bumbu Halus:
  11. 2 siung bawang putih
  12. 2 siung bawang merah
  13. 5 buah cabe rawit
  14. 2 cm kunyit
  15. 1 cm jahe
  16. 1/4 sdt kapulaga bubuk
  17. 1 buah bunga lawang
  18. 1 sdt ketumbar
  19. 1/4 sdt lada bubuk
  20. Bahan Pelengkap:
  21. Kerupuk
  22. Bawang Goreng
  23. 1 batang seledri

Langkah-langkah untuk membuat Mie Goreng Ala Toba Samosir

1
Rebus mie sampai setengah matang, tambahkan 1 sdm minyak goreng dalam rebusan mie. Angkat dan tiriskan. Siram dg air dingin.
Mie Goreng Ala Toba Samosir - Step 1
2
Haluskan semua bumbu halus. Jika diblender bisa ditambahkan sedikit air.
Mie Goreng Ala Toba Samosir - Step 2
3
Panaskan sedikit minyak goreng. Tumis bawang irisan bawang merah dan daun bawang sampai wangi. Tambahkan bumbu halus, masak sampai bumbu matang.
Mie Goreng Ala Toba Samosir - Step 3
Mie Goreng Ala Toba Samosir - Step 3
Mie Goreng Ala Toba Samosir - Step 3
4
Masukkan telur, orak arik. Tambahkan sedikit air dan cabe utuh, beri garam dan gula aduk rata. Masukkan mie yg sudah direbus.
Mie Goreng Ala Toba Samosir - Step 4
Mie Goreng Ala Toba Samosir - Step 4
Mie Goreng Ala Toba Samosir - Step 4
5
Tambahkan kecap manis. Aduk rata. Tes rasa dulu. Matikan api dan taruh di piring saji. Beri taburan bawang goreng serta irisan seledri. Tambahkan kerupuk sebagai pelengkapnya. Siap dinikmati.
Mie Goreng Ala Toba Samosir - Step 5
Mie Goreng Ala Toba Samosir - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mie goreng gila

Mie goreng gila

Maunya bikin nasi gila resep mbk elza tp gr2 anak minta mie juga jd kyk mie goreng de.. tp kata suami really good.. oh senangnya :-)

2 porsi
20 menit
Mie Goreng ala Manado

Mie Goreng ala Manado

Enak disantap ketika hujan. Kalo gak pedas gak mantappp:D

Mie goreng porsi kenyang

Mie goreng porsi kenyang

Karena kalau makan suka digangguin kakak makanya saya pengin buat mie yang porsinya besar, tapi pas itu persediaan tinggal satu bungkus.Makdar it terbuatlah mie ini.

Mie Goreng Telor extra Pedas

Mie Goreng Telor extra Pedas

Terinspirasi keluarga suami yg hobi masak.. Mie Goreng andalan keluarga.. Suami request extra pedas

2 0rang
15 menit
Mie Goreng Instan

Mie Goreng Instan

Mie instan super praktis 😁😁 Source : Abuk Irun #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeDa_AbukIrun #CookpadCommunity_Sumbar

Mie goreng dadakan jonggoL

Mie goreng dadakan jonggoL

Tadinya mau masak mie rebus kemasan, pas di buka eh,, gk ada bumbunya,, 😲dan mie nya terlanjur d masak sama telornya,, πŸ˜₯ yudh kpikiran deh bikin mie goreng ala" sendiri πŸ˜€, cekidot resepnya

1 porsi
Mie Telor Goreng Pedas

Mie Telor Goreng Pedas

Punya mie telor tapi ga ada bahan sayur (sawi kol dll) alhasil cm pake daun bawang cabe rawit.

4 orang
15 menit
Mie goreng bumbu iris

Mie goreng bumbu iris

Udah terlambat nih mau kebekasi naik kereta bikin sarapan yg cepet aj mie goreng bumbunya diiris #CookpadCommunity_Bogor

3 porsi
20 menit
Mie goreng jawa

Mie goreng jawa

Sebenernya sering banget sih masak mie goreng jawa, soalnya yang paling gampang dan simpel, bahan bahannya pun selalu ada, cuma kali ini beda bumbu ajah, klo versi aku gak pake ebi, tapi kali ini aku coba resep yang pake ebi, enak juga sih, cm kalo buat lidah aku lebih cocok yang gak pake ebi. Resep ini nyontek punyanya cik @xanderskitchen, makasih ya cik, maaf aku copas ajah resepnya.. .

Bakmie goreng soto

Bakmie goreng soto

Suami minta dimasakin mie goreng...pas banget cuaca lagi hujan bikin yg anget anget buat makan malam

4 porsi
10 menit
Mie Goreng Sagu πŸ˜„πŸ˜„

Mie Goreng Sagu πŸ˜„πŸ˜„

Suami salah satu pengemar semua makanan berjenis mie, coba2 kreasi dg mie deh,,,alhasil begini,, Alhamdulillah suami suka...

1 porsi
15 menit
Mi goreng cabe ijo

Mi goreng cabe ijo

Kangen masakan ibu. Coba bikin.. Lumayan lah mesti rasanya gak sepedes masakan ibu.

Mie Shirataki Goreng Pedas

Mie Shirataki Goreng Pedas

Dua tahun sudah saya belajar dan menggunakan resep-resep di cookpad. Dari awal ga bisa masak sama sekali, sampai akhirnya kegiatan masak menjadi sebuah hobi. Yah, cookpad sukses menjadikan saya pecandu dapur. Selain memasak dan tergabung dalam cookpadcommunity, di cookpad saya menemukan banyak sekali guru yang mengajarkan banyak hal. Bertambah kayalah resep dan skill saya. Alhamdulillaah. Tapi lama kelamaan saya kebingungan untuk menyajikan resep-resep yang saya buat dan saya recook, kenapa tidak secantik photo teman-teman, kenapa tidak semenggiurkan photo teman-teman, dlsb. Sampai pada akhirnya saya tertarik untuk ikut kelas photo atas ajakan rekan cookpad, ibu @giacintapermana. Nah dikelas ini, saya bertemu dengan sosok guru photo yang menurut saya sabar, bersahaja, sederhana, baik hati, dan tidak sombong. Begitulah kesan pertama saya ketika bertemu dengan beliau. Beliau adalah teh @heshidayat. Dari beliau saya belajar mengenai teknik-teknik food photography. Walau pertemuan hanya 1 kali, tapi kita banyak berdiskusi melalui whatapps. Aah senang sekali. Walau masih proses belajar, setidaknya photo saya tidak se "culun" photo dulu, hehe.. Terima kasih teh @heshidayat, semoga ilmunya barokah dan disehatkan selalu agar bisa terus berbagi. Mengenai resep, ini saya ambil dari resepnya teh @heshidayat, sebagai ucapan terima kasih pada beliau yang sudah mau berbagi ilmu. #terimakasihguru #gurukuidolaku #cookpadcommunity_bandung

1 porsi
30 menit