Langkah Mudah untuk Membuat Mie goreng Aceh (bumbu sederhana tanpa topping) yang Lezat Sekali

Dipos pada March 15, 2021

Mie goreng Aceh (bumbu sederhana tanpa topping)

Sore-sore begini enaknya membuat Mie goreng Aceh (bumbu sederhana tanpa topping) yang praktis Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Mie goreng Aceh (bumbu sederhana tanpa topping) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Mie goreng Aceh (bumbu sederhana tanpa topping), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Mie goreng Aceh (bumbu sederhana tanpa topping) bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Mie goreng Aceh (bumbu sederhana tanpa topping) adalah 5-6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebelum saya lupa, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Mie goreng Aceh (bumbu sederhana tanpa topping) diperkirakan sekitar 15 menit.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Mie goreng Aceh (bumbu sederhana tanpa topping) sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang simpel, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Anda mungkin bisa mengidangkan Mie goreng Aceh (bumbu sederhana tanpa topping) memakai 27 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Mie adalah makanan fav keluarga, mie goreng ini salah satunya. Orang aceh menyebut kuliner ini brdasarkan jenis topping/protein pendamping yg disertakan dlm proses pengolahannya, mis ; mie kepiting, mie daging, dll atau ada jg yg menyebut berdasarkan varian masaknya jika mienya original tanpa topping, misal: mie goreng kering, mie goreng basah, mie tumis kuah atau mie rebus/kuah. Kali ini aku buat yg original dg bumbu sederhana, kami biasa menyebutnya mie goreng..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Mie goreng Aceh (bumbu sederhana tanpa topping):

  1. 500 gr mie basah
  2. 100 gr tauge/irisan kol (blh lebih)
  3. 2 ikat caisim
  4. 3 btg seledri
  5. 2 btg bawang daun
  6. 5 sdm migor
  7. 1 bh jeruk nipis/cuka
  8. 200 ml air/ bisa air kaldu
  9. 1 bh tomat ukuran kecil ptong kecil
  10. secukupnya bubuk kaldu jika suka
  11. 1 sdt garam, kalo kurang boleh tambah
  12. 2 sdm kecap manis (blh kurang/lebih), 2 sdm kecap asin
  13. bumbu haluskan :
  14. 8 bh cabe keriting
  15. 2 sdm bubuk cabe kering
  16. 7 bh cabe rawit merah
  17. 12 bj merica utuh /1/2 sdt bubuk
  18. 3 btir kemiri
  19. 1 sdt biji kaca-kaci
  20. 7 siung bawang merah
  21. 3 siung bawang putih
  22. 100 gr udang kecil/2sdm ebi/1/2 sdt terasi rebon (salah 1 saja)
  23. pelengkap :
  24. secukupnya bawang goreng
  25. secukupnya emping goreng
  26. secukupnya timun
  27. secukupnya acar bawang

Langkah-langkah untuk membuat Mie goreng Aceh (bumbu sederhana tanpa topping)

1
Siangi tauge, potong2 caisim, cuci bersih. Potong2 daun bawang dan seledri serta tomat
2
Haluskan bumbu termasuk udang kecil.
3
Panaskan migor, tumis bumbu sampai harum, masukkan potongan tomat tambahkan air 200 ml agar bumbu matang sempurna. Setelah air sedikit menyusut masukan tauge dan caisim, aduk2 sbntar.
4
Masukkan mie, kecap manis dan asin, garam. Aduk rata, masukkan daun bawang dan 1 sdm air jeruk nipis aduk lagi (bisa jg ditambahkan irisan jeruk nipis ketika akan disajikan/dinikmati) tambahkan bubuk kaldu jika suka, cicip rasa, tambahkan jika ada yg kurang, jika sudah pas dan mie matang matikan kompor, taburkan irisan seledri.
5
Sajikan dg Pelengkap, bawang goreng, emping, timun d acar bawang serta irisan jeruk nipis. Saya sedang ga punya stok acar bawang. Begini aja uda enak bnget kok, cita rasa mie aceh kan udah trkenal ke seantero negeri khatuliswa. Meski ini sederhana tapi kalo racikan bumbunya pas spt di atas rasanya persis mie yg pernah anda nikmati ketika berkunjung ke warung2 mie di Aceh, sueerr..
Mie goreng Aceh (bumbu sederhana tanpa topping) - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mie Goreng Ekspres

Mie Goreng Ekspres

Sebenernya tadi pagi rencananya mau jajan sarapan ke luar, tapi cuaca tidak memungkinkan, gegara ujan turun terus. Ubek2 lemari aja, Nemu mie telor,di kulkas baso juga masih ada. Ya sudah, bikin mie goreng ala2 akuh aja dehπŸ˜€

Mie Goreng Setan

Mie Goreng Setan

Ceritanya malem2 pengen bgt makan pedes, trus ada ide pengen bikin mie goreng tpi pedes gtu, ya udah bikin aja lah mie setan😁 Asli ini nampol bgtt pedesnya dijamin bakal ketagihan

2 orang
30 menitan
Sambel goreng mie tempe pedas

Sambel goreng mie tempe pedas

#WeekendChallenge

Mie Goreng Aglio Olio Ala2 No Kecap Manis

Mie Goreng Aglio Olio Ala2 No Kecap Manis

Ndak tau knp deh..anak2 ku tuh klo dimasakin nasgor or migor pasti ndak pernah mau dipakein kecap manis...padahal papa mamanya Wong Jowo tulen hihii Jd minta dibuatin spt Aglio olio gitu.. Ini pun kudunya pake spaghetti. .kirain masih punya stok..wah cuman nemu mie telur. .yo wis. .seadanya..pokoke sayur kudu ada..itu udah gak bisa dibantah haha... Di sini aku pake pakcoy, kubis bbrp lembar, wortel.Klo punya buncis, boleh juga ditambahkan.

4 porsi piring
30 menit
Bakmi goreng sayur

Bakmi goreng sayur

Hr ini sedang coba coba resep baru, bumbu semua saya rajang dan gak pake kemiri.

Mie Goreng ala YSR

Mie Goreng ala YSR

1 porsi
5 menit
Mie goreng singkat

Mie goreng singkat

Sempat kepikir Buat camilan untuk buka puasa apa ya hari ini ?? Liat lemari ada mie instan, direbus udah bosan. Coba diolah jadi mie goreng.

Bakmi goreng jawa

Bakmi goreng jawa

Rikuk respenya ci xanderskitchen udah cucok πŸ˜‹πŸ˜šπŸ˜˜

Mie Goreng Instant Level 3

Mie Goreng Instant Level 3

Mau mie pedas bikinan rumah?? Ini ada cara praktisnya.. cocok bgt buat anak kost"an juga.. ahaaa

Mie goreng sehat

Mie goreng sehat

Si jagoan suka mie,kasian klo beli mie instan gk jelas bumbuny,klo liat tv minta d bikin mie,korban iklan,eh ad terigu sisa bikin kue,cusss... jd deh mie,

Mi Goreng Bakso

Mi Goreng Bakso

Sekali-kali bikin mi goreng buat maksi gapapalah yaa..he he he Kebetulan stok bakso homemade masih ada. Anak-anak pasti gembira nih..😍😘secara Ummi nya ini ga ngizinin klo faiz faqih keseringan makan mie, kali ini boleh deh..😁 Bener aja begitu faqih pulang sekolah..langsung minta mi gorengnya..tambah pulaaa πŸ˜πŸ˜… #CookpadCommunity_Palembang

6 porsi
45 menit
Bakmi goreng

Bakmi goreng

Lg mood banget makan mie yg pedessss !

Mie Goreng

Mie Goreng

Kreasi bersama suami.

4-5 porsi
Mie goreng kiekie

Mie goreng kiekie

Baru pertama Kali bikinπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

4-5 orang
20 menit
Mie goreng jawa

Mie goreng jawa

2 porsi
20 menit
Lumpia isi mie goreng aceh

Lumpia isi mie goreng aceh

Di kulkas ada sisa kulit lumpia ngejogrog aja bingung di bikin apa ya, kebetulan ada sisa stock mie yg tinggal sebungkus jdi di bikin lumpia isi mie aja deh Mayan buat nyemil di kala hujan abaykan poto'ny yg berantakan yaaa

Mie goreng

Mie goreng

Makannya ga usah pakai nasi ya . Krn itu sdh karbohidrat.

Mie goreng pedaaz

Mie goreng pedaaz

Request suami nih..πŸ˜†πŸ˜† simple, praktis & sedaapp 😚