Bagaimana Menyiapkan Mi Goreng ala Rumahan yang Sempurna

Dipos pada November 23, 2021

Mi Goreng ala Rumahan

Bagaimana membuat Mi Goreng ala Rumahan yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Mi Goreng ala Rumahan yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Mi Goreng ala Rumahan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Mi Goreng ala Rumahan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Mi Goreng ala Rumahan yaitu 1 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebelum saya lupa, kira-kira waktu penyiapan Mi Goreng ala Rumahan diperkirakan sekitar 20-30 menit.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Mi Goreng ala Rumahan dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Dengan bahan-bahan yang simpel, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Kalau kamu mau, masakan Mi Goreng ala Rumahan memakai 16 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Boleh disebut mi goreng, mie goreng, atau bakmi goreng. Ini jenis olahan mi telur berbasis kecap manis yang populer di Jawa Timur. Resepnya tergolong simpel banget. Saya pakai mi telur keriting (Burung Dara) di resep ini. Tapi bisa juga diganti mi telur pipih, kwetiau, atau mi kuning basah. Kolnya juga bisa diganti pakai sayuran apa saja. Mau pakai brokoli atau sawi boleh. Bakso diganti telur orak-arik atau irisan daging ayam juga bebas. Ibu-ibu Cookpad biasanya kreatif kalau disuruh modifikasi resep.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Mi Goreng ala Rumahan:

  1. 1 keping mi telur kering, seduh air panas
  2. 1 butir telur ayam, kocok lepas
  3. 3 lembar kol, iris
  4. 5 buah bakso kecil, belah dua
  5. 5 cm daun bawang, iris
  6. 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  7. 1/2 gelas belimbing air matang
  8. secukupnya minyak goreng
  9. Bumbu:
  10. 1 butir bawang merah, memarkan dan cincang
  11. 1 siung bawang putih, memarkan dan cincang
  12. 1 sendok makan saus tiram
  13. 2 sendok makan kecap manis
  14. 1/2 sendok teh merica bubuk
  15. secukupnya garam
  16. secukupnya gula pasir

Langkah-langkah untuk membuat Mi Goreng ala Rumahan

1
Panaskan sedikit minyak di wajan, lalu buatlah orak-arik telur. Angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
2
Panaskan minyak di penggorengan, lalu tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
3
Bumbui dengan saus tiram, kecap manis, dan merica bubuk. Aduk rata, lalu masukkan kol, mi, dan bakso.
4
Setelah diaduk, tuangkan setengah gelas air agar bumbu merata dan mi tidak lengket di penggorengan.
5
Masukkan telur orak-arik, lalu masak sampai air mengering atau sekadar menyusut. Setelah itu masukkan daun bawang dan aduk rata.
6
Lakukan tes rasa. Jika masih belum sesuai selera, tambahkan sedikit garam dan gula pasir. Angkat mi dari penggorengan dan sajikan segera. Boleh juga ditaburi bawang goreng.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mie Goreng Indomie Special Lowbudget

Mie Goreng Indomie Special Lowbudget

Sebagai pecinta Indomie, saya pengen cobain variasi baru diluar pakem penyajian mie goreng indomie ๐Ÿ˜… Berhubung dulu jaman blm kerja (ceileh) ga punya banyak bahan, jd pake bahan seadanya tp rasanya ga kalah sama mie goreng resto donggโ˜บ๏ธ๐Ÿ‘Œ Ayoo cungg disini siapa pecinta Indomie Goreng?

2 porsi
Mie Goreng Sadisss (pedesnya sadis banget ๐Ÿฅต)

Mie Goreng Sadisss (pedesnya sadis banget ๐Ÿฅต)

Lagi bosen mkn nasi...pingin mkn mie tp yg pedesnya nampol...aku pake 2 jenis cabe...cabe rawit merah & cabe kering...pake cabe kering menurutku aroma dan rasa cabenya lebih tajam...aku suka... Kalo mkn mie ini jgn lupa dampingi dgn kerupuk sebab pueedess banget...dan kalo ada acar timun biar seger...bagi yg tdk biasa mkn pedas cabenya bisa disesuaikan ya...baksonya aku lebih suka kalo dipotong tipis dulu kmd digoreng...jd spt otak2...๐Ÿ˜Š

Mie goreng telur

Mie goreng telur

Mie agak sedikit terlihat, yang penting lauknya ya kakak. Padahal lauknya cuma telur dan sedikit suwiran ayam.

Mi goreng pipih

Mi goreng pipih

Ada sisa mi ayam pas acara wirit, lanjut dibikin mi goreng ala rumahan. Mi nya kebetulan kita bikin sendiri ya bunda tapi bisa skip ganti mi yg udah siap pakai kok ๐Ÿ˜Š

Mie Goreng Sapi Lada Hitam Bon Cabe

Mie Goreng Sapi Lada Hitam Bon Cabe

Tinggal di negara orang perlu banget buat oatak atik resep karena kalau beli terus boros ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚, kali ini ingin makan mie pedes-pedes gitu, mari kita eksekusi..๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Mie goreng

Mie goreng

Mie goreng super simple dan tanpa bau amis"๐Ÿ˜„ #siapbersinar

Mie Goreng SosTel Mudah

Mie Goreng SosTel Mudah

#PejuangGoldenApron2 #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #Cookpadcommunity_palembang Minggu ke 36 15 sept 2019 Menu sarapan pagi tadi. Paksu request mie goreng aja. untungnya ada stok mie telor, jd gak perlu mie instan.. bikin ini porsi jumbo ya.. krn semua suka mie. resepnya sedikit banyak nyontek dr bungkus mie telor A1 "Gaga". so simpel.. hanya ga pake udang aja.. pokoknya pelengkapnya bisa2 kita aja.. yuk kita masak.. rasanya pedas, sbb cabenya bener nih bikin kita wuaaahhhh ๐Ÿ˜๐ŸŒถ๐ŸŽƒ๐Ÿ˜…. kl ga suka pedas atau buat krucil.. skip aja atau kurangin aja..

Mie Goreng Seafood #alaibukirana

Mie Goreng Seafood #alaibukirana

Anak lagi suka makan mie, dr pd mie beli mending bikin sendiri lah yaa

Bakmi Goreng Ulang Tahun ala Rhine's

Bakmi Goreng Ulang Tahun ala Rhine's

Sebenarnya lagi ga ada yang ulang tahun๐Ÿ˜„cuma iseng aja pengen bebikin mie goreng,jadilah mie goreng nya mba Rhinie's Kitchen yang saya recook, selain enak bahan dan cara membuat nya cukup simple, tapi di resep kali ini sayuran nya saya banyakin porsi nya, karna emang saya suka sayur....nah daripada perasaan.....eh....penasaran๐Ÿ˜ฌyuk lah cuzzz kita lihat aja resep nya. #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_jakarta #recook_rhinie_Kitchen #arisanrecook Minggu 14 / 4

Mie Goreng

Mie Goreng

#BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 Ada sisa lauk dari catering, ayam kecap. Kebetulan anak no 4 minta dibuatkan mie goreng utk sarapan, ya sdh lauk sisa dipakai utk mie goreng sj.

Mie goreng pipih

Mie goreng pipih

sahur terkadang malas klo tiap hari makan nasi ..akhirnya di siasati dengan mie tpi dengan sayuran nya juga #SiapRamadhan

2 porsi
Bakmi goreng "indomie"

Bakmi goreng "indomie"

bukan sekedar mie biasa, #iritabis #murahmeriah #isibekalanak #favorit #antiribet

1 mangkuk
15 menit
80. Mie Goreng dan sayur

80. Mie Goreng dan sayur

Kemaren bikin nasi kuning untuk Snack TPA dimasjid. Salah satu menu lauknya mie goreng, biar sehat ditambahin sayuran. #berburucelemekemas #resolusi2019

3porsi
15menit