Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bubur Candil Ketan yang Lezat Sekali

Dipos pada October 12, 2018

Bubur Candil Ketan

Sore-sore begini enaknya membuat Bubur Candil Ketan yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Bubur Candil Ketan yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur Candil Ketan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur Candil Ketan ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Candil Ketan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Candil Ketan memakai 12 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bubur Candil Ketan termasuk menu wajib di keluargaku saat bulan puasa. Dari kecil memang udah suka sama kudapan manis ini. Teksturnya yg kenyal itu yg bikin aku ketagihan. Hehehe..apalagi kalo dinikmati saat masih hangat.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Candil Ketan:

  1. 200 gr tepung ketan putih
  2. 2 sdm tepung beras
  3. 1/2 sdt garam
  4. 150 ml air hangat
  5. 200 gr gula aren sisir halus
  6. 500 ml air
  7. Selembar daun pandan (simpulkan)
  8. 2 sdm tepung kanji, larutkan dgn 2 sdm air matang, utk pengental
  9. Saus santan :
  10. 150 ml santan kental (1 sachet santan instan 65ml + air)
  11. Selembar daun pandan, simpulkan
  12. 1/4 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Candil Ketan

1
Campurkan tepung ketan, tepung beras, dan garam dalam wadah. Tuang air sedikit2 sampai adonan kalis dan bisa dipulung. Bulat2kan adonan sebesar biji kelereng, sisihkan.
2
Masak air bersama gula merah dan pandan sampai mendidih dan gula larut. Masukkan adonan candil ke dalam larutan gula merah, masak hingga candil mengapung. Tambahkan larutan kanji, aduk-aduk. Masak sampai mendidih dan mengental. Matikan api. Sisihkan.
3
Masak santan, pandan dan garam sampai mendidih. Penyajian : tuang candil ke dalam mangkuk. Siramkan saus santan di atasnya. Selesai.
Bubur Candil Ketan - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Candil Ubi ungu

Bubur Candil Ubi ungu

Selalu di request sama temen temen pengajian maupun di arisan,,, ayo kawan semua ikuti resep kami yaa https://youtu.be/xkMG8GhZPmQ

Bubur Candil Unicorn

Bubur Candil Unicorn

Masih belum bisa move on dengan warna unicorn.. Jadi bikin buburnya unicorn juga hehehe Ini makanan legendaris yang selalu ada pada bulan sapar (shofar) dan romadhon untuk takjil (kebiasan orang jawa).. Kali ini resepnya super duper simpel dan enak. 👌 . . . . . . #AnekaBuburManis #JemputRejeki #SiapRamadan #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #Week19 #Cookpadcommunity_Bali

4 porsi
30 menit
Candil labu kuning

Candil labu kuning

#PejuangGoldenApron3, minggu ke-20. Rabu, 14 oktober 2020

Bubur candil ketan

Bubur candil ketan

Siang siang bikin inih enak banget apalg klo ditaro dikulkas😋😋

Candil ubi ungu

Candil ubi ungu

menu tak'jil biasanya plg duluan matang 😄😄 sisanya nyicil2 sambil ngasuh kurcils 😍😍 ubi ungu hasil ngubek2 pasar td pagi,akhirnya dpt jg..ada yg pgn bubur candil,rencana mau bikin kolak labu kuning jd di undur dl deh 😆

Candil Ubi Ungu

Candil Ubi Ungu

15. 09 02 2019 ✅ Soree..Msh ada sisa ubi ungu yg sdh dikukus, saya simpan kulkas. Diolah jd candil, resep nya Mba Sue Prappy..Mantull Saya suka yg lebih berasa ubi nya, jd pake tepung sedikit saja. Hasilnya jg ga terlalu mulus, krn sedikit tepungnya..warnanya jg syantieeeqq. Monggo dicoba buibu..menemani malam minggu ini 😊 #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #mingguke5 #cookingwithanissa

221.Jenang Grendul

221.Jenang Grendul

Ceritanya lagi kangen banget sama Alm. Bapak yang dulu selalu membuatkan Jenang Grendul buat saya dan adik - adik 😍😘

Candil Tape Singkong/ Peuyeum

Candil Tape Singkong/ Peuyeum

Rasanya menurut saya unikk, kolak rasa tape tp gk benyekk, lebih kenyal krn dibuat candil.. Awalnya ada mamang jual peuyeum lwt dpn rmh,,ksian jd sya beli sja wlaupun keluarga tdk trllu sk dg tape/ peuyeum.. Sya dpt resep ini dr ig orang,,tp lupa nama akun nya.. (maaf bngett yaa, dn trmksih resepnya sngat menginspirasi).. . . . #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity #cookpadcommunity_sumedang #candil #olahanpeuyeum #kolak

Candil Ubi

Candil Ubi

Anak kos laki bisa masak, apalagi ibu2

Bubur Biji Salak / Bubur Candil

Bubur Biji Salak / Bubur Candil

Cemilan sore untuk my princesses.

6-8 orang
30 menit
Candil ubi ungu

Candil ubi ungu

kesukaan suami dan anak-anak

Bubur candil pisang

Bubur candil pisang

Kangen masakan pas bln ramadhan, yg hampir setiap hari bikin,krn suami suka bgt sama bubur candil. 😀😘

Bubur candil ubi ungu anak kost

Bubur candil ubi ungu anak kost

Ini bubur perdana yang saya buat. Alhamdulillah adonnnya lembut dan enak. Makanan sehat untuk di rumah. Saya rebus ubi sampai 9 buah, tapi kebanyakan yang terpakai di bubur hanya setengahnya.

banyak
Bubur / jenang Candil (biji salak) ubi madu

Bubur / jenang Candil (biji salak) ubi madu

Namanya jenang candil, ada yang nyebut jenang grendul, tapi saya suka nyebut jenang boba 😂. Kebetulan tetangga jual ubi madu. Tiap beli selalu manis, good condition dan nggak mengecewakan 😍. Banyak waktu luang dan penasaran sama bubur candil ini. Langsung eksekusi ya moms 😆. Karena rasanya manis dan gurih, cocok banget dinikmati pagi hari. Tapi dinikmati siang dan sore juga nggak kalah nikmat lho. Dalam resep ini hanya pakai 3 isian aja, menyesuaikan bahan yang ada di rumah 😂, yaitu biji salak, sumsum putih dan sagu mutiara.

8 porsi
1 jam
Bubur Candil

Bubur Candil

Teman sore hari ini pas banget ujan2 makan yg anget2. Resep asli dari mbak fitri sasmaya.