Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Kolak Pisang Ubi yang Enak Banget

Dipos pada April 12, 2021

Kolak Pisang Ubi

Bagaimana membuat Kolak Pisang Ubi yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Kolak Pisang Ubi yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kolak Pisang Ubi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kolak Pisang Ubi sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Pisang Ubi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Pisang Ubi memakai 7 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Cemilan buat anak2 mudah simpel dan enak 🤤🤤

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Pisang Ubi:

  1. 100 gr ubi, potong2
  2. 100 gr pisang, potong2
  3. 100 gr gula merah
  4. 1 sc santan instan + 200ml air
  5. 2 sdm tp tapioka+ air
  6. Secukupnya air untuk merebus pisang dan ubi
  7. Sejumput garam

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Pisang Ubi

1
Panaskan air, lalu masukan potongan Ubi masak sampai Ubi setengah matang lalu masukan pisang. Selanjutnya masukan gula merah yg sudah disisir + garam aduk2 sampai Ubi dan pisang matang.
2
Kemudian masukan larutan tepung tapioka aduk2 rata sampai mengental kemudian angkat.
3
Selanjutnya membuat santan. Siapkan panci yg sudah diberi air kemudian masukan santan instant aduk2 dan beri garam, masak sampai mendidih.
Kolak Pisang Ubi - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak Ubi #pekaninspirasi #day10

Kolak Ubi #pekaninspirasi #day10

Ini takjil puasa pertama kemarin. Beberapa tahun terakhir saya jarang buat kolak untuk takjil. Ini kebetulan ada Mama di Bandung. Senengnya buka pakai Kolak. Kebetulan di kasih Ubi sama mertua, jadi Kolaknya Kolak Ubi. #BikinRamadhanBerkesan

Kolak Labu- Singkong

Kolak Labu- Singkong

Kebetulan masih ada sisa singkong, labu, nangka dan pisang. Ywd langsung excuss buat kolak saja yang mudah. Dan alhamdulillah anak anak mau walaupun awalnya ga mau katanya ga enak padahal. Belum dicicipi. Tapi setelah tahu rasanya monta tambah lagi. Hehe

Untuk 12 porsi
7. Kolak Singkong #PekanInspirasi #prRamadhan_Takjil

7. Kolak Singkong #PekanInspirasi #prRamadhan_Takjil

Salah satu menu takjil kesukaan Mama, apalagi kalau dapet singkong mentega kayak begini. Masuk mulut empuk, pulen, manis, gurih jadi satu. Hayuuuk #BikinRamadanBerkesan dengan bikin kolak singkong ini.

Kolak Kolang Kaling Pisang Kepok

Kolak Kolang Kaling Pisang Kepok

20# Kolak salah satu takjil wajib kala Ramadhan tiba. Meski gak selalu dibikin, tapi dalam 1 bulan Ramadhan beberapa kali bisa dipastikan menyediakan menu ini. Hihi dan bisa dipastikan hampir setiap orang yang berpusa, pasti mencari2 takjil yang satu ini. Yaps kolak, entah kolak dari bahan yang selain pisang dan kolang kaling. Kolak seperti menjadi atribut takjil juga ya dibulan Ramadhan, selain kurma dan gorengan. Aah itu hanya pendapat saya.. Yang penting kita bisa #BikinRamadanBerkesan dengan menu2 yang diinginkan oleh keluarga tercinta. Agar puasanya lancar dari menu2 yang kita sajikan yaa moms. Menyediakan menu makanan untuk orang yang berpuasa juga ibadah lhooo.Wallahua'lam...kita ikut memudahkan orang2 yang berpuasa. Yukkk cusss aja resepnya 😉

3 mangkok
15 menit
Kolak labu kuning ala ala

Kolak labu kuning ala ala

Mumpung ada labu yang sudah di potong di pasar, jadi aku beli 2 potong untuk bikin kolak labu😆

Kolak Singkong Kuah Santan

Kolak Singkong Kuah Santan

Request suami🍲 Alhamdulillah suka banget, sampe lahap & mau tambah lagi 😇 Note : air nya banyak karna singkong lama empuknya,nanti air menyusut sendiri, buat kuah secukup mungkin. Yang mau praktis santan kelapa boleh pakai santan yang udah jadi dari sasa. Rasa ga kalah enak.

2 porsi
Kolak pisang #bikinramadanberkesan

Kolak pisang #bikinramadanberkesan

menu berbuka puasa biasanya identik dengan yang manis2. berhubung di dapur ada pisang, yang terfikirkan cuma buat kolak 😁

5 porsi
Kolek sampeu

Kolek sampeu

Sampeu *singkong ini enak bgt klo d kolek. Di goreng atau di rebus.... mantap buat buka puasa

5porsi
Kolak pisang labu tape #bikinramadhanberkesan

Kolak pisang labu tape #bikinramadhanberkesan

kalau disuruh milih, suami saya akan minta kolak labu kuning saja tanpa pisang, tapi saya suka banget pisang, terus kita sama2 suka tape, jadilah kolak ini trio pisang labu tape 😁😁 semoga menginspirasi 👌

Kolak pisang & (pacar cina+biji salak) #kamismanis

Kolak pisang & (pacar cina+biji salak) #kamismanis

Perdana buat kolak, awalnya pengen buat biji salak ubi ungu ekh salah beli tau"a ubi kuning 😆 resep simple aja dgn bahan alakadarnya karna yg makan cuma suami drumah itupun masih sisa besok berhari" krna org pd sibuk.

Kolak waluh-cangjo

Kolak waluh-cangjo

#BikinRamadanBerkesan #day4 #30hariMengejarCelemek #rabubaru Kemaren pas dapet labu kecil yg beratnya kurleb sekiloan aku bagi 2, yg separoh buat ni kolak dan yg sisanya ntar mau dibikin puding coklat waluh. Sajian ini juga enak dan mudah untuk disajikan pas buka puasa nanti. Baik pakai es ataupun disajikan hangat. Manisnya pas dan legit.

Kolak Roti

Kolak Roti

Dulu jaman kami msh tinggal di Banyuwangi kota (ibukota kabupaten) tiap sore ada yg jajakan keliling makanan ini, skrg krn sdh ga tinggal disana kalau pingin hrs buat sendiri. Tapi ini guampaaang banget kok bikinnya 😊 seperti mbuat pipis kopyor tapi ga dibungkus daun dan dihidangkan panas atau hangat dg lebih banyak kuah santan. Cocok dg cuaca kotaku yg sdh bbrp hari ini hujan terus.

5 porsi
Koboci (Kolak Bola Aci)

Koboci (Kolak Bola Aci)

Adem-adem habis ujan enaknya makan yang anget-anget dunks.. sekalian ikut kontes #PasukanAci #BikinSendiri jadi deh ngutek-ngutek si aci cucoknya di apain 😌. Dan... aha!! 😎 bikin kolak aja dah, di bayang-banyangin enak kayaknya cilok di bikin kolak tapi di modif dunk resep ciloknya biar endul dan cucok berendam di kuah santan manis gurih 😆😆. Hayuk dah cuzz cem resepnya yak..

2 porsi
Kolak #BikinRamadanBerkesan

Kolak #BikinRamadanBerkesan

04/06/2018 #BikinRamadanBerkesan

2 porsi
Kolak Singkong dan Kolang Kaling

Kolak Singkong dan Kolang Kaling

Awal cerita si anak lahab sekali makan kolak singkong buatan embah. Mumpung di kasih singkong jg sama embah tp mentah.. Dibuatlah kolak singkong ditambah kolang kaling.

7 porsi
22. Kolak Labu Kuning

22. Kolak Labu Kuning

Untuk "menyempurnakan" Ramadhan tahun ini, mari kita meng-kolak 😍 Pakai yang simple aja, si labu kuning yang manis supaya #BikinRamadanBerkesan (22)

Kolak pisang + labu kuning + tape

Kolak pisang + labu kuning + tape

Pengen aja bikin kolak pas puasa2 gini.. Biar afdol aja.. Hihii

1 panci ssdang
Kolek pisang,nangka pandan 😳

Kolek pisang,nangka pandan 😳

Kolek pisang kesukaan ku bnget nih pake nangka wangi pandan,,wangi nangka nya juga sih yg bkin goyang lidah😁😁

2 porsi
#13 Kolak labu kolang kaling

#13 Kolak labu kolang kaling

Sebelumnya g prnh nyobain namanya labu kuning. Kebayang rasanya gmn gitu😊tp setelah tau rasanya.....hmmmmmm bener2 enak. Buat campuran kolak ataupun bolu kukus enak semua. Bikinan kolak kmrn baru posting skrg. Yah mungkin ada bunda2 yg mau coba buat kolak ini utk buka puasa nanti. Mumpung blm ashar yah☺☺ Mariiii bu kita buat kolaknya....cussssss #bikinramadhanberkesan

6 porsi
30 menit