Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bubur Ayam Kuah Kuning yang Menggugah Selera

Dipos pada January 20, 2019

Bubur Ayam Kuah Kuning

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Bubur Ayam Kuah Kuning yang mudah Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bubur Ayam Kuah Kuning yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur Ayam Kuah Kuning, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Ayam Kuah Kuning di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Ayam Kuah Kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Ayam Kuah Kuning memakai 24 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ada kebetulan yang "pas" dibalik pembuatan bubur ayam ini. Anak saya heran kok makan malamnya Mama masaknya Bubur Ayam. Harusnya pagi kata dia atau kalau lagi hujan-hujan, baru cocok makan bubur ayam. Sementara masak, tiba-tiba hujan deras πŸ˜„. Anak saya langsung ke dapur, sambil senyum dia bilang begini " Ma, pas memang kalo kita makan bubur ayam malam ini" πŸ˜†. Karena tiba-tiba hujan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Alhamdulillah, bubur ayam buatan Mama SOLD OUT seketika.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Ayam Kuah Kuning:

  1. Bahan Bubur :
  2. 2 gelas ukur beras (yang dipakai buat rice cooker)
  3. 4 lembar daun salam
  4. secukupnya Garam
  5. secukupnya Air
  6. Bumbu Halus :
  7. 5 butir bawang merah
  8. 4 siung bawang putih
  9. 3 butir kemiri
  10. 3 sdt ketumbar bubuk
  11. 1/2 sdt kunyit bubuk
  12. 2 sdt merica bubuk
  13. Bumbu cemplung :
  14. 3 batang serai, memarkan
  15. 2 cm lengkuas, memarkan
  16. 1 cm jahe, memarkan
  17. 2 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  18. 2 lembar daun salam
  19. Bahan lain :
  20. Daging ayam secukupnya, suwir-suwir
  21. Daun bawang secukupnya, iris halus
  22. secukupnya Bawang goreng
  23. Daun seledri secukupnya, iris halus
  24. secukupnya Minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Ayam Kuah Kuning

1
Buat Bubur. Masak beras dengan air secukupnya dan daun salam sampai menjadi bubur, sisihkan.
2
Buat Bumbu Kuah. Panaskan 3 sdm minyak. Tumis bumbu halus dan bumbu cemplung sampai wangi dan matang, sisihkan.
Bubur Ayam Kuah Kuning - Step 2
Bubur Ayam Kuah Kuning - Step 2
3
Buat Kaldu Ayam. Didihkan air secukupnya (kira-kira saja Moms sesuaikan dengan jumlah kaldu yang dibutuhkan), lalu masukkan ayam. Masak sampai kaldunya keluar dan juga ayam matang. Angkat, dan tiriskan.
Bubur Ayam Kuah Kuning - Step 3
Bubur Ayam Kuah Kuning - Step 3
4
Panaskan minyak goreng secukupnya lalu goreng ayam sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Setelah ayam dingin, suwir-suwir.
Bubur Ayam Kuah Kuning - Step 4
Bubur Ayam Kuah Kuning - Step 4
Bubur Ayam Kuah Kuning - Step 4
5
Masukkan tumisan bumbu halus tadi kedalam kaldu ayam, masak sampai mendidih. Kemudian beri garam dan kaldu jamur secukupnya. Cicipi dan koreksi rasa.
Bubur Ayam Kuah Kuning - Step 5
6
Sajikan bubur dalam mangkuk beserta suwiran daging ayam dan siraman kuah kuning. Lalu taburi bawang goreng, daun bawang dan daun seledri. Selamat menikmati 😊.
Bubur Ayam Kuah Kuning - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Ayam Wortel (MPASI 4 Bintang 6 Bulan)

Bubur Ayam Wortel (MPASI 4 Bintang 6 Bulan)

MPASI Khadijah 23 September 2019 πŸ˜‡ Menu makan : pagi dan sore

Bubur Topping Katsuobushi Dkk

Bubur Topping Katsuobushi Dkk

Ini masakan masa-masa hanya #DiRumahAja kemudian kangen Bubur kuah kuning namun hanya ada stok kulit ayam, telur puyuh dan katsuobushi yang biasa jadi toppingnya Takoyaki. Nah, bubur tanpa daging ayam ini alhamdulillah cucok rasanya. Bumbu kuah kuningnya adalah hasil merebus kulit ayam + telur puyuh - mirip bumbu pesmol namun tanpa irisan tomat juga tanpa daun kemangi ya. Tentu saja setiap mengolah ayam baik kulit atau pun dagingnya maka selalu akan saya rebus terlebih dahulu dan dicemplungin bawang putih utuh + sedikit bubuk kunyit untuk menghilangkan rasa amis. Kemudian buang air rebusannya, lanjut mengolah kulit/ayamnya. Topping ditambah cincangan seledri, kerupuk dan sambal kacang khas sambal bubur. Alhamdulillah.

Β± 5 orang lebih
Bubur Nasi + sawi+ kacang merah

Bubur Nasi + sawi+ kacang merah

2 porsi pagi dan sore
Bubur putih/sumsum

Bubur putih/sumsum

Masak praktis

Bubur Ayam Chinese Simple

Bubur Ayam Chinese Simple

Ibu lagi sakit. Cobain masakin bubur sendiri buat ibuk. Simple dan cepet banget. Silahkan dicoba. #berburucelemekemas #resolusi2019

Day 8. Bubur Soto Ayam (6 month+)

Day 8. Bubur Soto Ayam (6 month+)

Harusnya pake daun jeruk biar tambah sedap. Tapi stoknya habis. Jadi pake apa yg ada aja lah. Alhamdulillah doyan juga. 😘 Tapi malam cuma makan sedikit. Ngantuk rupanya.

Bubur Terka Kuah Sop

Bubur Terka Kuah Sop

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ^^ pertama kali ikutan Team Challenge dari komunitas Paders gegara bulan lalu batal bebikin padahal udh punya team πŸ˜ƒ kali ini dita'arufin sama admin dengan mba Irma gegara malas nyari teman sendiri heheh. Awalnya bingung mau bikin nama team apa. Aku kasih usul ke mba Irma nama team kita "MaNia" singkatan dari irMa Niar, dan langsung disetujui sama beliau. Team challenge kali ini temanya Cooking "menu sarapan" lokal atau internasional. Diskusi sama mba Irma aku usulin kita buat nasi goreng aja yg simple. Tpi mba Irma gk bersedia karna beliau suka pake bumbu instan heheh. Jadi mb Irma ngasih usul buat bikin bubur kuah sapi khas pontianak. Tapi disini kita gk pakai kuah sapi, tapi diganti dengan kuah sop. So simple menyesuaikan dengan isi dompet gegara udh tgl tua.. Hahahah. Rencana mau bebikin di hari senin tapi baru sempat eksekusi hari ini. Suami beliau gk enak badan di hari senin. Dan si bumil juga gk enak badan dari senin sampai selasa. Tapi demi team challenge hari ini aku sempetin bebikinan. Alhamdulillah bisa kelar. Ohya bubur ini tuh enak banget walaupun simple, dicampur ama sambal terasi makin mantap.. Recomended banget.. Source : Sherly's Kitchen (dengan modifikasi) #GoDaTC_Brekpes #GoDaPaders #KomunitasPaders #cookpad_paders #cookpadindonesia #MaNia

Bubur ayam banjar ummu Mouzah

Bubur ayam banjar ummu Mouzah

Belum pernah masak bubur, jadi mau coba masak bubur khas banjar #SiapRamadan

Bubur Ayam Tauge (MPASI 4 Bintang 6 Month+)

Bubur Ayam Tauge (MPASI 4 Bintang 6 Month+)

MPASI Khadijah 15 Oktober 2019 πŸ˜‡ Menu makan : pagi dan sore

Day 3. Bubur Tumisan Lele (6 month+)

Day 3. Bubur Tumisan Lele (6 month+)

Lelenya ga amis sama sekali lho. Alhamdulillah lebih banyak makannya daripada kemarin. 😊

Bubur kacang ijo susu

Bubur kacang ijo susu

Pengen berat badan bertambah dan bebas kolestrol jahat?? Insyaallah dengan cara semudah ini bisa terlaksana asal istiqomahπŸ˜‡πŸ˜‡

3 porsi
Bubur nasi putih simple (dadakan)

Bubur nasi putih simple (dadakan)

Ibu lagi sakit, jadi minta dibuatin bubur. Berhubung cuma ada nasi dan bumbu apa adanya

1 porsi
Bubur ayam

Bubur ayam

Udah lama ga setor resep masakan karena efek lagi sakit dan lagi mabok berat. Jadi cek kulkas untuk olahan masakan dan kepikiran bubur ayam. Jadi deh eksekusi bubur ayam simple #WeekendChallenge #kuraskulkas #murahmeriah

Bubur _Kuning

Bubur _Kuning

Rasanya nikmat apabila di lengkapi dgn sambal goreng ,bergedel ,abon dan telur dadar....πŸ˜ŠπŸ˜‰

74. Bubur Selametan Merah Putih

74. Bubur Selametan Merah Putih

Saya bikin untuk syukuran ulangtahun anak yg ketiga dan kebetulan memang dikeluarga turun temurun suka bikin bubur Jawa yg satu ini,, simpel manis dan sarat maknaπŸ˜‡

Bubur Bayam Teri Nasi

Bubur Bayam Teri Nasi

Karena tinggal di kp nelayan selalu punya ikan segar dan tentunya akan sangat baik untuk asupan si kecil #SayangAnak

Bubur Wortel #TemanBerjuang

Bubur Wortel #TemanBerjuang

Bulan Oktober adalah bulan peduli 'breast cancer'. Kepada saudari-saudariku dimanapun anda berada, jangan pernah meratap 'mengapa harus saya' tapi mari kita bangkit untuk sembuh. Bersama Cookpad #TemanBerjuang saya ingin berbagi resep simple sebagai #TemanBerjuang yaitu Bubur Wortel. Mirip-mirip MPASI ya bunda. Mengapa wortel? Yup, karena wortel kaya akan manfaat. Selain itu, bubur ini juga bisa dinikmati oleh saudara2 kita yang menjalankan pola hidup vegan.

Surbah Ala Ibu Auniyah (bubur nya orang Arab)

Surbah Ala Ibu Auniyah (bubur nya orang Arab)

Surbah biasanya disajikan buat makan pembuka saat bulan puasa, pas puasa kemaren bikin surbah ini, alhasil anak lanang kangen pengen dibikinin lagi.. Bikinnya gampang banget, enak walaupun tanpa MSG dan cocok buat yang lagi diet, Yuk dicoba.. Nb. Biar ngirit gas oat nya di rendam dulu kira2 30 menit

2 orang
1 jam