Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur candil yang Enak

Dipos pada October 4, 2018

Bubur candil

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Bubur candil yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Bubur candil yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur candil, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur candil bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur candil sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur candil memakai 10 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Juadah sore ini bubur candil, paling simple buat nya. Kebetulan ada nangka di kasih temen, ya sudah saya cemplungin sekalian jadi ada aroma nangkanya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur candil:

  1. Bahan candil :
  2. 200 gr tepung ketan
  3. 1 sdt garam
  4. 150 ml air
  5. 5 bh nangka masak potong2
  6. Bahan kuah :
  7. 600 ml santan
  8. 2 tongkol gula merah + 100ml air
  9. 1 sdt garam
  10. 1 btg daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur candil

1
Uleni bahan candil tepung ketan, garam masukkan air sedikit demi sedikit sampai adonan kalis dan bisa di bentuk bola2 kecil.
Bubur candil - Step 1
2
Masak gula merah bersama pandan sampai larut kemudian saring.
3
Dalam panci masak santan, garam, gula merah diaduk2 sampai mendidih, masukkan candil dan nangka. Tes rasa apabila kurang manis tambah gula pasir. Masak sampai matang, sampai bulatan candilnya mengapung.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Biji Salak ubi (bubur candil)

Biji Salak ubi (bubur candil)

Hari pertama puasa bareng suami. Bingung mau bikin takjil apa, eh masih ada ubi jadi kita bikin deh bubur. Gak terlalu manis, krn suami kurang suka manis manis #SiapRamadan #PekanInspirasi

2 porsi
Bubur Candil Labu Kuning

Bubur Candil Labu Kuning

Jadi ceritanya ini tuh resep bubur candil ubi ungu, dan karna keisenganku .. aku ganti aja pake labu kuning hehee tapi sebelumnya ijin dong .. sm yg punya resep bundaku tersayang Bunda Dewi 😍 Nahh .. karna si labu itu teksturnya agak berair drpd si ubi, jadi penambahan tepung tapiokanya disesuaikan dengan adonannya, asal adonan sudah bisa dibentuk saja. Ikut berpartisipasi dalam rangka Sertinah yaitu Serah Terima Amanah. Saya sebagai tim lokal angkatan pertama masa jabatan 2019-2020, yang tinggal menghitung hari berakhir masa jabatannya alias pensiun. 🤭 Mengucapkan terima kasih kepada Cookpad Indonesia dan mb Mimin tersayang 😘 yg telah mempercayakan saya menjadi salah satu tim lokal. Bersyukur banget bisa menjadi bagian dr tim lokal. Suka dukanya, ilmu baking dan cooking yg di dapat, nambah teman rasa saudara juga .. seneng banget pokoknya 😍 love you teman rasa saudara 😘 manda Wiwin, mba Yash, mba Ing, bunda Dewi .. Dan selamat menjalankan tugas untuk Tim Lokal periode 2020-2021. Semoga CP Yogyakarta semakin lebih maju lagi, lbh berkreasi lagi, selalu menjadi inspirasi kita semua dan semoga lbh banyak lagi kegiatan² baru yang positif. Sukses selalu dan semangaaatt 💪 🥰 🤗 #LABUhkanRasamu #berLABUpadamu #WeekendChallenge #Sertinah_TimLokalYogyakarta #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #PosbarJogjakuIstimewa #CookpadIndonesia #dapursandra_bubur

Candil ubi ungu

Candil ubi ungu

Berhubung dikulkas sisa bahannya ubi jd dieksekusi aja lumayan hemat dr pd beli

5porsi
20menit
Bubur Candil

Bubur Candil

bubur yg dimangkok ga keliatan candilnya 😂😂 jadi fotoin dr pancinya lgsg aja ya 😁

Bubur sumsum dan Candil pelangi

Bubur sumsum dan Candil pelangi

#SayangAnak

7/8 porsi
Bubur candil / candin / cande / biji salak

Bubur candil / candin / cande / biji salak

Bubur favorit dari kecil 🥰 Kalau ditempatku adonan bubur candilnya ditambahi kapur sirih gitu. Biar nanti pas direbus adonannya nggak lumer.

Candil

Candil

Hidangan pavorit ta' jil....tapi hari biasa juga sering bikin...syuka pokoknya

4 porsi
45 menit
Candil Ubi Ungu

Candil Ubi Ungu

Akhir-akhir ini, kita memang dituntut untuk lebih ekstra dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, ubi ungu ini manfaatnya dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal peradangan, mecegah pembekuan darah, dan masih banyaakk manfaat lainnya.. Makanya, Yuk moms mulai hidup sehat dengan membuat menu makanan sehat untuk keluarga. #WeekendChallenge

4-5 Porsi
30 menit
Bubur Candil Warna Warni

Bubur Candil Warna Warni

Assalamualaikum, bingung mau bikin takjil apa untuk buka puasa nanti. Aku punya inovasi baru nih bubur Candil warna warni😁 awalnya karena aku menggunakan ubi warna putih, terus dipikir-pikir warnanya kurang menggoda kalau cuma seperti itu aja. Kemudian munculah ide, adonan ubinya aku kasih pasta makanan rasa strawberry (tapi pas udah jadi warnanya malah kaya ubi kuning, karena kecampur gula merah😂) serta pandan. Taraaaa jadilah bubur Candil warna warni ini dan ditambah pacar cina... Gimana? Lebih menggoda kan warnanya hehe

-+ 4 Porsi
Ronde pisang aka kolak pisang aka candil pisang

Ronde pisang aka kolak pisang aka candil pisang

Lagi” banyak pisang yaa bund🙂

30 menit
Kolak Candil bunga

Kolak Candil bunga

karna aku anak yg sibuk dengan kerjaan, seneng masak tapi tidak ada waktu untuk memasak. akhirnya ada waktu dan akhirnya kepikiran buat bikin candil karna ini bulan puasa kita coba yg baru agar lebih unik dan enak dilihat oleh anak bun.. hehe jadilah bunga bungan yg indah dan enak dipandang tentunya enak juga dimakan dong..

Jenang grendul a.k.a bubur candil

Jenang grendul a.k.a bubur candil

Meskipun saya bukan fans makanan manis, tapi makanan ini punya kenangan tersendiri. Ingat masa kecil dulu, pernah ikut mamah bikin bola-bola grendulnya. Dan saat makanan ini dibuat, anak-anak dan suami juga ikut bantu bikin bola-bolanya.. seneng ya kalo dengan memasak kita punya waktu bersama orang-orang kesayangan. Postingan ini sekaligus support #CABEKU

Kolak Candil Ubi Ungu / Biji Salak

Kolak Candil Ubi Ungu / Biji Salak

Punya ubi ungu hasil di kebun, mau dikukus biasa kurang enak rasanya dan warnanya benar2 ungu bisa dibuat untuk pewarna makanan juga. Jadilah candil ubi ungu yang warnanya masih tetap ngejreng walaupun sudah diolah jadi candil. Cantik sangat😁🤭.

Bubur candil ubi ungu

Bubur candil ubi ungu

Efek dirumah aja...buat camilan kesukaan suami....lebih hemat dan bersih. #paporitnyasipapa #pejuanggoldenapron2

Bubur Candil Ubi Ungu

Bubur Candil Ubi Ungu

takjil manis hari ini pwt, 060520

Bubur Candil Ubi Ungu

Bubur Candil Ubi Ungu

Resource: Adien, Bandung. Masih ada ubi ungu 2 buah lagi, sy coba buat bubur candil. Ternyata anak2 pd suka, dimakan hangat krn sedang pd kurang sehat. #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunitu_Bogor

5 orang
30 menit