Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Kolak Butternut Pumpkin yang Lezat Sekali

Dipos pada April 7, 2021

Kolak Butternut Pumpkin

Sore-sore begini enaknya membuat Kolak Butternut Pumpkin yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Kolak Butternut Pumpkin yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Kolak Butternut Pumpkin, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kolak Butternut Pumpkin bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Kolak Butternut Pumpkin yaitu 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Butternut Pumpkin sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Butternut Pumpkin memakai 8 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#tantanganakhirtahun #masakditahunbaru Kebetulan lagi nemu butternut pumpkin yg diskon, beli deh buat bikin kolak atau dimasak apapun tetep enak. Terus mampir supermarket lain beli söt potatis. Kalau di sini termasuk jenis kentang tapi kalau dirasa-rasa söt potatis ini tekstur dan rasanya mirip ubi kuning tapi gak semanis ubi. Jadilah buat kolak simple banget.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Butternut Pumpkin:

  1. 150-200 gr butternut pumpkin, potong dadu (1/4 pumpkin sedang)
  2. 200 gr söt potatis (1/2 buah söt potatis), potong dadu
  3. Söt potatis bisa diganti dg ubi
  4. 400 ml air
  5. 200 ml santan kekentalan sedang (boleh santan kental, selera)
  6. 50 gr gula aren (1 butir gula aren, manisnya selera)
  7. 2 lembar daun pandan, ikat simpul (boleh diskip kalau gak punya)
  8. Sejumput garam

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Butternut Pumpkin

1
Potong dadu butternut pumpkin dan söt potatis (bisa diganti ubi), cuci bersih, sisihkan. Ini ada foto butternut pumpkin yg saya pakai hanya seujung dan söt potatisnya setengah.
Kolak Butternut Pumpkin - Step 1
Kolak Butternut Pumpkin - Step 1
2
Rebus air, daun pandan, dan gula aren hingga gula aren larut dalam air. Kemudian masukkan söt potatis/ubi, rebus hingga söt potatis setengah empuk. Rebus dg api sedang saja. Setelah söt potatis setengah empuk, masukkan butternut pumpkin. Tutup kembali panci dan rebus hingga butternut pumpkin empuk.
3
Setelah semuanya empuk dan air sudah mendidih pertanda matang. Masukkan air santan. Aduk terus agar santan tidak pecah. Masak hingga matang.
Kolak Butternut Pumpkin - Step 3
4
Bisa disajikan selagi hangat atau ditambahkan es batu. Disajikan hangat atau dingin sama nikmatnya. Selamat mencoba! :)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Masak Kolak di Magicom

Masak Kolak di Magicom

Nah resep ini cocok banget buat anak kos yang gak ada kompor dan mau buat makanan. Seperti saya. 😂 Alhamdulillah resepnya berhasil dan rasanya sama dengan masakan ibu saya dirumah. Yukk buruan dicoba. 😍

Kolak singkong

Kolak singkong

#JemputRejeki #SiapRamadhan Menu untuk berbuka🤗

Kolak ubi ungu

Kolak ubi ungu

Mudah di buat dan enak

Kolak Setup pisang

Kolak Setup pisang

Kolak setup pisang biasanya bisa kita dapat kan di penjual pecel #Pekan_Semarang , #Momentmanis masa masa masih sekolah setiap kali pulang sekolah di minta ibu utk beli pecel saya sering request kolak setup 😁😁, siang siang pulang sekolah capek capek minum kolak setup dingin hemmm segar rasanya perpaduan antara cengkeh , kayu manis dan gula jawa menghasilkan rasa yg segar hemm yummy sehingga bisa menjadi #Pekaninspirasi, kolak setup juga bisa kita bikin saat bulan ramadan #Siapramadan seperti sekarang ini karna bikin nya simple #AntiRibet bahan bahan nya juga mudah di dapatkan,bikin yuk..

4 porsi
Kolak pisang

Kolak pisang

ceritanya lagi ngidam pengen yang manis - manis gitu,, 🤤🤤🤤

Kolak ubi ungu

Kolak ubi ungu

#5resepbaruku

Kolak Pumpkin Pandan

Kolak Pumpkin Pandan

#jemputrejeki #cookpadcommunity_nganjuk #resolusi2019 #berburucelemekemas #siapramadan dan #jemputrejeki #parcelramadan #parcelramdancookpad . Takjil hari ini kolak pumpkin😊

Kolak Pisang + Singkong

Kolak Pisang + Singkong

Memanfaatkan sisa pisang kepok, hari ini saya si #PejuangDapur dibulan #PeduliKankerPayudara, mengolahnya menjadi kolak, makanan ringan berkuah santan manis yang semoga bisa membuat rileks/nyaman suasana hati bagi siapa saja termasuk survivor atau penderita kanker payudara. Seperti manfaat dari pisang kepok yang mengandung potassium ini, dimana bisa mengendorkan syaraf-syaraf yang tegang. Ini tentu membuat tubuh kita lebih rileks dan tenang selain juga bisa untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Oiya utk campurannya bebas ya selain singkog, bisa ditambahkan ubi, labu atau kolang-kaling #cookpadindonesia #cookpadcommunity_jakarta #masakitusaya #olahanpisang #olahanpisangkepok #dapurmama_at

Kolak pisang

Kolak pisang

#5resepterbaruku

Kolak Roti Tawar

Kolak Roti Tawar

Untuk tema Aneka Kolak saya pakai resep ini yang sebenarnya sudah lama sekali dieksekus. Saat itu kebetulan saya punya sisa roti tawar, maklum lah ya anak kos harus bisa memanfaatkan apapun termasuk roti sisa yang masih layak konsumsi Resep: IG @masaktv #JemputRejeki #SiapRamadan #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #cookpadcommunity_langsa #cookpadcommunity_aceh

Kolak Sikajo (Singkong Kacang Hijau)

Kolak Sikajo (Singkong Kacang Hijau)

#Resolusi2019 #Berburucelemekemas #SiapRamadan #JemputRejeki

Kolak kolang-kaling nangka

Kolak kolang-kaling nangka

#tantanganakhirtahun #masakdiawaltahun #cookpadcomunity_yogyakarta

Kolak pisang

Kolak pisang

#SiapRamadan #AntiRibet Kalo puasa tuh kayaknya hrs ada kolak ya..minimal bikin 1x dlm sebulan, biar afdhol. 😁

3 porsi
Kolak Campur

Kolak Campur

Source: susan mellyani 3 hari ini depok hujan nya awet, suami request kolak😁 let's go to pasar..

Kolek ubi

Kolek ubi

Wanginya yg ngg nahan,, bikin nagih makan terus sampai habis... 😍😍

Kolak kolang kaling & Tape

Kolak kolang kaling & Tape

#SiapRamadan berbuka dgn takjil dengan bahan seaadanya

31.Kolak Sukun

31.Kolak Sukun

Sekarang sedang musim sukun bosan dengan yang di goreng kali ini anak anak minta yang dimasak, jadi saya bikinkan kolak saja😉

Kolak campur (singkong + pisang + kolang kaling)

Kolak campur (singkong + pisang + kolang kaling)

#JemputRejeki ceritanya ada sedikit pisang dan singkong, dikolak aja biar jd banyak 😁 #SiapRamadan