Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur sumsum dan candil yang Bikin Ngiler

Dipos pada October 9, 2018

Bubur sumsum dan candil

Sore-sore begini enaknya membuat Bubur sumsum dan candil yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Bubur sumsum dan candil yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur sumsum dan candil, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur sumsum dan candil sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur sumsum dan candil sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur sumsum dan candil memakai 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bubur sumsum itu enaknya dipadukan sama biji salak atau candil. Bursum yg melted ditambah candil yg kenyil2, hmm nyummiii😋👌 Kebetulan saya masih punya sisa santan di freezer, stok tepungnya juga masih ada, langsung eksekusi😂 Bubur sumsum source : dapur vy Candil source : tintin rayner

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur sumsum dan candil:

  1. Bubur sumsum :
  2. 50 gr tepung beras
  3. 500 ml santan sedang
  4. 1/4 sdt garam
  5. 2 lembar daun pandan
  6. Bola-bola Candil :
  7. 125 gr tepung ketan
  8. 25 gr tepung beras
  9. Sejumput garam
  10. Secukupnya air
  11. Kuah kinca :
  12. 4 keping gula merah
  13. 750 ml air
  14. 3 lembar daun pandan
  15. 1 sdt tepung beras larutkan dengan sedikit air

Langkah-langkah untuk membuat Bubur sumsum dan candil

1
Buat bubur sumsum : larutkan santan dengan tepung beras dan garam, tambahkan daun pandan. Setelah larut nyalakan kompor, aduk terus sampe mengental dan meletup2, sisihkan..
2
Kuah kinca : rebus air dan larutkan gula merah bersama daun pandan, saring kotoranya. Rebus kembali untuk merebus bola-bola candil.
3
Masak bola-bola candil sampe mengapung, setelah mengapung biarkan sesaat sampe bola-bola candil berubah warna dan agar bola-bola candil juga ngga bau tepung.
4
Setelah bola-bola candil, berubah warna dan air agak menyusut, masukan larutan tepung beras sambil diaduk cepat, masak hingga meletup-letup, matikan kompor.
5
Sajikan hangat bubur sumsum dengan candilnya😊😋

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

221. Jenang Grendul Telo Rambat

221. Jenang Grendul Telo Rambat

Malam Cookpaders ❤️ Jenang Grendul Banyak macam nya, ada Yang dari tepung Ketan, Sagu dan tepung tapioka. Begitu pula Grendulnya, biasanya terbuat dari bulatan pipih tepung. Kali ini Saya membuat Grendul nya dari Ubi Jalar, dan menggunakan tepung tapioka. Bubur ini kesukaan Nenek, sehingga sering dibuat akhirnya jadi terbiasa dan menjadi menu Kenangan, bedanya Cara penyajian Santan, lebih Nikmat bila menggunakan Santan Mentah yg diperas dgn air Hangat Kuku. Tapi Kali ini Santannya Saya Rebus dan Saya tambahkan tepung Maizena. Check in Out 👇 #ResepSastraDewi #Cookpad_id #JenangGrendul.

Bubur Candil

Bubur Candil

Menu Simple Untuk Takjil di Bulan Puasa👌🏻😁

3 porsi
23. Candil Ubi Ungu

23. Candil Ubi Ungu

Dapet kiriman ubi ungu lagi, coba coba masak candil ini.. uummm yummiii 🤩😊

Candil Ubu Ungu Topping Bubur Sumsum

Candil Ubu Ungu Topping Bubur Sumsum

Penyuka ubi2 an.. ini boleh dicoba ya.. Saya berhasiiil dan enak gurih 😁 Saya suka pake santan peras karna lebih gurih.. #candilubiungu #ubiungu #bubursumsum

5 porsi
1 jam
Jenang Grendul Khas Jawa

Jenang Grendul Khas Jawa

#Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar #KapsulAjaib

4 porsi
60 menit
Candil ketan

Candil ketan

Dimakan anget enak di kasih es juga enak. Kalo orang-orang kasih nama biji salak tapi karena aku orang jawa lidah jowo yaa namanya Candil ketan. Apalah arti sebuah nama yaa kan ?

Kolak Candil Ubi Ungu

Kolak Candil Ubi Ungu

Suka gitu nggak sih? Kalo Mendung² hujan gini yang dicariin makanaaaan mulu. Kalo nggak nyarinya kudapan yg manis² anget². Kebetulan kemaren beli ubi, jadi inget buat dibikin kolak candil ubi ungu aja sekalian recook candil ubi ungunya teh Sari...mantap dah! . #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bandung #kolakcandil #kolakbijisalak

Biji Salak / Bubur Candil Ubi

Biji Salak / Bubur Candil Ubi

Setiap bikin bubur candil selalu gagal, alot malahan. Sekarang experimen sendiri. Jadilah bubur candil yg lembut dan ada kenyal2nya.

5porsi
60menit
Candil Biji salak ubi merah

Candil Biji salak ubi merah

Masih ada ubi merah kukus sisa dari bikin bumbu siomay dan msh ada gula palm sisa dari bikin kuker palm cheese biar tdk mubazir maka diberdayakan jadilah candil biji salak meskipun ramadan sdh berakhir menu takjil ini tetep bisa eksis untuk sarapan pagi ini..yukks cekidot#siaplebaran

Bubur candil pepaya

Bubur candil pepaya

Bubur candil enak dan legit, cocok di makan di cuaca hujan gini.. # PekanRayaPepaya # pekanPosbarPepaya #Cookpad Community Balikpapan

CANDIL / BIJI SALAK

CANDIL / BIJI SALAK

Yuk yuuuukkk merapatt... snack sore ini bikinnya simpel sekali.. sekalian ajak ade buat bulet buletin.. Mantul sekali resep dari Ge Adhian candilnya kenyal seperti yg saya bayangkan hihii ternyata bikinnya ga sesusah yg dibayanginn yuk bikinn #pejuanggoldenapron3

2 orang
20 menit
Bubur Candil Ubi Jalar

Bubur Candil Ubi Jalar

Mumpung hari free, jadi yaudah buat itu aja😂

Bubur Candil

Bubur Candil

Assalamualaikum.... sdh lama ak ga post resep ya... maklum krn ga sempet foto2nya hehe... skrg ak mau share kesukaanku dan keluarga lg... sore2 musim hujan kayanya enak makan yg anget2 yaaa... dulu waktu msh ada ibu dan ak msh kecil, ibu suka buatin bubur candil kesukaan kami sama2... suka banget makan bubur candil tp dl ak blm bs buatnya...cm bs makannya aja hahaha... baru setelah berkeluarga...akhirnya bisa jg buat dan masuk dapur tp ga sempet buatin ibu krn beliau sdh lama bgt tiada😣 so utk mengenang makanan favorit cemilan ibu, ak cb buatnya dan berhasil yeeayyy... 💓💓 yuk kita coba buat 😉 #SemuaTentangIbu #MakananFavoritIbu

Bubur candil

Bubur candil

Bikin bubur Candil ini murah Mariah tur gampang banget bikin nya keluargaku sangat suka

Bubur Candil ubi kayu😁😁

Bubur Candil ubi kayu😁😁

Pengen buat yg simpel2 aja

4 orang
40 mnt
Candil Ubi Ungu

Candil Ubi Ungu

Makanan kesukaan dirumah kalau lagi musim hujan. Dirumah emang suka banget sama makanan yg kenyal2 begini. Maaf ya fotonya kurang menarik soalnya kemarin buat keburu habis lupa foto.

3-4 porsi
Bubur Candil

Bubur Candil

Si babank sulung minta dibikinin kudapan ini dr hr pertama puasa.. eh baru sempet kmrn tuh..(dih.. emang kmna aja sih? emaknya sok sibuk deh..heheh) Padahal sih klo beli di luar juga bnyak, tp dia nya ogah.. mau buatan emaknya ajah..hahaha..

3-4porsi
221.Jenang Grendul

221.Jenang Grendul

Ceritanya lagi kangen banget sama Alm. Bapak yang dulu selalu membuatkan Jenang Grendul buat saya dan adik - adik 😍😘