Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Kolak ketan rainbow yang Enak

Dipos pada April 20, 2021

Kolak ketan rainbow

Bagaimana membuat Kolak ketan rainbow yang gampang Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Kolak ketan rainbow yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Kolak ketan rainbow, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Kolak ketan rainbow enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak ketan rainbow sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak ketan rainbow memakai 12 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Apa yaa yang cocok namanya untuk kolak ini.. binun.. "kolak ketan rainbow aja ya walopun ada pisangnya hehehee Cantik ya perpaduan warnanya..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak ketan rainbow:

  1. Bahan ketan rainbow:
  2. 200 gram. Tepung ketan rosebrand
  3. Sejumput. Garam
  4. Secukupnya. Air (hanya sampai adonan kalis & bisa di bentuk)
  5. Secukupnya. pewarna makanan hijau,merah,kuning
  6. Secukupnya. Air untuk rebus ketan rainbow
  7. Bahan kolak:
  8. 3 bh. Pisang kepok. Matang. Potong sesuai selera
  9. 600 ml. Air
  10. 60 ml. Santan kental (saya pake 1 bks kecil santan instan kara)
  11. 10 sdm. Gula pasir (rasa manis sesuai selera)
  12. 2 lembar. Daun pandan. Simpul

Langkah-langkah untuk membuat Kolak ketan rainbow

1
Membuat ketan rainbow. Campur terigu+garam dan sedikit sedikit air sambil di uleni sampai kalis dan bisa di bentuk. Lalu bagi 3 adonan dan beri pewarna secukupnya. Panaskan air dalam panci sampai mendidih.. sembari nunggu mendidih, bentuk adonan bulat2 sesuai selera dan rebus sampai matang. (Tanda matang adonan akan mengapung). Tiriskan lalu pindahkan ke tempat lain yang berisi air dingin matang. Lihat gambarπŸ‘‡. Sisihkan dulu/biarkan dulu. Selanjutnya kita bikin kolaknya.
Kolak ketan rainbow - Step 1
2
Rebus air + gula + daun pandan sampai gula larut, aduk sesekali. Setelah gula larut & mendidih masukkan pisang yang sudah di potong- potong. Masak sebentar lalu masukkan santan kental.. aduk rata masak sampai mendidih/matang dan pisang agak empuk. Tes rasa.
3
Tiriskan adonan ketan rainbow tadi. Masukkan ke dalam kolak yang sudah matang.. aduk rata.
4
Sajikan selagi hangat ato di tambah es batu.. enak.. jadi es kolak rainbow..
Kolak ketan rainbow - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak ubi singkong

Kolak ubi singkong

Favorit.. pas dan empuk banget rasanya.. #indonesiamemasak

Kolak pisang kepok medan

Kolak pisang kepok medan

Hujan tiba2 ibu saya kepingin kolak pisang ya udah mumpung ada Pisang di rumah yang baru di ambil dari ladang,sekalian aja deh di masak .

15 porsi
Kolak Pisang Biji Salak

Kolak Pisang Biji Salak

Minggu kemarin, ponakan dengan keluarganya (a.k.a keluarga kakak ipar) jalan-jalan ke puncak, Bogor. Alhamdulillah dibawain oleh-oleh talas bogor, pisang tanduk sama tape singkong. Berhubung talas bogor masih binun mau diapain. Jadilah yang dieksekusi duluan pisang sama tapenya. Biasanya tape singkong main digabung aja sama pisang dijadiin kolak. Tapi suka bikin kuahnya lebih berasa asam dan jadi berantakan. Dan ibu lagi seneng bikin bola-bola. Yaudah, dijadiin aja biji salak. Jadilah camilan ihsaan sebelum bobo siang adalah kolak pisang biji salak. Apa aja bahannya dan gimana cara buatnya? Ini dia πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

Kolak Singkong Kacang hijau

Kolak Singkong Kacang hijau

Pas lagi musim dingin gini pengenya nyamil yang anget2, kbetulan ada bahan di dapur. Cuz dah buat camilan hangat nan sehat... 😘

Kolak pisang & kolang kaling

Kolak pisang & kolang kaling

Takjil untuk buka puasa hari ini simplr tapi tetap segar yukkk cusss

Kolak Pisang Tape

Kolak Pisang Tape

4-5 porsi
30 menit
Kolak Pisang Ubi Ungu

Kolak Pisang Ubi Ungu

Hai Moms, ini kolak pisang putih yaa.. kali ini saya coba resep kolak pisang tanpa menggunaman gula aren /gula merah.. Sedap loh Moms 😊

8 porsi
Kolak pisang Cinnamons

Kolak pisang Cinnamons

Wangi cinnamonsnya bikin seger, resep nenek πŸ˜‹

25. Kolak singkong ala Thai 😁

25. Kolak singkong ala Thai 😁

#BikinRamadanBerkesan #9Juni2018

Kolak Pisang #PekanInspirasi

Kolak Pisang #PekanInspirasi

#bikinramadhanberkesan

2 porsi
15 menit
Kolak labu #BikinRamadanBerkesan

Kolak labu #BikinRamadanBerkesan

#BikinRamadanBerkesan

8porsi
35menit
Kolak Pisang 🍌

Kolak Pisang 🍌

Musim hujan butuh yang hangat2 Hangatkan tubuh dengan kolak pisang yang super duper gampang dan anti gagal buatnya ❀ Saya tidak memasukkan takaran bahan karena tiap bahan bebas diatur sesuai selera πŸ˜€