Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bumbu Kacang yang Enak Banget

Dipos pada August 19, 2019

Bumbu Kacang

Bagaimana membuat Bumbu Kacang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Bumbu Kacang yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bumbu Kacang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bumbu Kacang di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Bumbu Kacang diperkirakan sekitar 15 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bumbu Kacang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bumbu Kacang memakai 12 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bulan puasa memang harus simpan banyak stok bumbu dasar dalam kulkas. Salah satunya yang harus tersedia bumbu dasar kacang serbaguna,sebab bisa dipakai mulai sebagai bumbu tahu tek, lalapan ayam, dan gado-gado. 😁 Sehingga lebih menghemat waktu masak. Tinggal dikeluarkan dan dipanaskan sebentar dengan minyak.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bumbu Kacang:

  1. 250 gram kacang tanah
  2. 2 siung bawang merah
  3. 1 butir bawang putih
  4. 1 buah lombok merah besar
  5. 3 buah cabe rawit (optional)
  6. Sejumput ebi
  7. secukupnya Gula merah sisir,
  8. 5 sdm kecap
  9. secukupnya Garam
  10. Penyedap ayam secukupnya (atur sesuai selera)
  11. 300 ml air
  12. Minyak untuk menumis bumbu

Langkah-langkah untuk membuat Bumbu Kacang

1
Goreng kacang tanah dengan api kecil. Tidak perlu terlalu masak. Dinginkan sejenak.
2
Campurkan kacang tanah, bawang merah, bawang putih, lombok besar, cabe rawit, gula merah, dan ebi ke dalam blender. Tambahkan air kurang lebih 200 ml. Haluskan (bumbu akan berbentuk agak padat seperti pasta)
3
Siapkan wajan dan panaskan minyak.
4
Tuang bumbu kacang yg telah dihaluskan. Tambahkan kecap, lalu aduk rata.
5
Masukkan air sebanyak 1 cangkir atau 100 ml. Aduk kembali.
6
Tambahkan garam dan penyedap ayam sesuai selera. Aduk rata dan biarkan mendidih.
7
Cek rasa. Angkat dan dinginkan sebelum disimpan.
Bumbu Kacang - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sayur kacang panjang bumbu kuning

Sayur kacang panjang bumbu kuning

Pengen aja buat ini sayur lama gak masak kacang panjang #nengngomahwae #dirumahaja #stayathome

Bumbu kacang (untuk sate, somay, batagor)

Bumbu kacang (untuk sate, somay, batagor)

Saya suka makanan-makanan dengan pelengkap bumbu kacang dan resep ini sangat membantu sekali. Bisa disimpan untuk beberapa menu, misalnya untuk sate, somay, batagor. Ditambahkan dengan jeruk nipis saat akan jadi pelengkap makanan. Akhirnya bisa bikin bumbu kacang sendiri, sederhana dan rasa bisa disesuaikan selera :)) Source : Lisalissie

17. Pempek teri bumbu kacang

17. Pempek teri bumbu kacang

Dari jaman baheula suami minta bikinin pempek, berhubung suami wong jowo yg tinggal di sumatera, jadilah pempek ini, tapi enak loh, perpaduan dari gurih pempek di padukan dengan rasa manis, asin, pedes dari sambel kacang nya, nyummy deh 🀩🀩🀩

Tahu Telur Bumbu Kacang

Tahu Telur Bumbu Kacang

Kalau lagi males masak atau lagi males makan nasi. Biasanya bikin tahu telur ini hehe. Simpel banget, cepet, dan bikin kenyang juga hehe. Resep dari @yackikuka.

2porsi
Cilok Bumbu Kacang ala susan #pekaninspirasi Aneka Jajanan SD

Cilok Bumbu Kacang ala susan #pekaninspirasi Aneka Jajanan SD

Kubu Cilok mana suaraaaanyaaa.. 😁 . Setoran ke dua untuk #pekaninspirasi @cookpad.id β€œAneka Jajanan SD” . Cilok juga salah satu jajanan SD yang ngehitzzz, bahkan digemari oleh semua lapisan umur bukan hanya anak kecil aja. Buktinya pas bikin POLL banyak banget yang nge vote si Cilok ini. Apa sih Cilok ? Cilok itu singkatan dari Aci dicoLok, aci yang dibentuk bundar seperti bakso lalu ditusuk memakai tusuk sate, diberi sauce kacang dan kecap plus sauce (kalau suka) Jajanan serba Aci ini paling enak dimakan pas masih anget” karena kalau udah dingin jadi ngeras aci’nya.. Yasudah yuks kita ngemils

Cilok Bumbu kacang

Cilok Bumbu kacang

Bikin cemilan anak daripada jajan diluar. jadinya banyak.. puas makan.. sudah kaya cilok abang2 😁 pake resepnya mba Meera bawati maknyussss dahh.. makasih ya mba resepnya ... Aku modifikasi dikit..

4 orang
30 menit
Sate telur puyuh bumbu kacang kayu manis

Sate telur puyuh bumbu kacang kayu manis

Ak blm pernah masak sate telur puyuh ini, tapi ak coba utk memasaknya. bumbunya pun simpel, rasanya enak.

7 tusuk
Tahu Krispi Bumbu Kacang

Tahu Krispi Bumbu Kacang

Lagi penat sekali badanku hari ini...akhir-akhir ini banyak aktivitas yang menguras tenaga, jadi masaknya pengen yang simple tapi tetap enak dan bergizi. Pilihan jatuh ke olahan tahu yang praktis ini. Cus resepnya.

4 porsi
30 menit
Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

Tiap weekend, sabtu dan minggu, ini seperti menjadi salah satu jajanan wajib keluarga πŸ˜„πŸ˜„ bukan cuma anak-anak, bapake pun ikutan. Memang sesekali saya buat sendiri, kalau sedang rajin πŸ˜„ Cerita sedikit nih...di sekitaran rumah saya itu ada 2 tukang cilok yang setiap pagi jam 6.30-an sudah stand by, uniknya kedua cilok ini masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Yang paling dekat rumah, ciloknya juara, kenyalnya pas dan rasa lumayan, sayang bumbu kacangnya kurang pas terus rasanya. Nah yang agak jauh dari rumah, bumbu kacangnya yang top, pas rasanya, sayang ciloknya cenderung keras...jadi kembali lagi deh ke selera masing-masing, kalau anak-anak lebih memilih cilok yang dekat rumah, sementara bapake lebih suka yang satu lagi, saking gak enak perasaan kalau jajan ciloknya jauhan, bapake suka ambil jalan memutar untuk pulang πŸ˜„πŸ˜„ #JajananMinggu #OneRecipeOneTree #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #cookpadcommunity_Jakarta #week46 β€œSumber resep : DapurVy”

Sayur terong kacang bumbu kuning #BikinRamadanBerkesan

Sayur terong kacang bumbu kuning #BikinRamadanBerkesan

#BikinRamadanBerkesan : masakan rikues suami nih....

Kering tempe teri kacang bumbu komplet

Kering tempe teri kacang bumbu komplet

Makan tempe kering dengan bumbu ayam komplit jadi serasa makan ayam wkwkwk...

Tumis telor puyuh bumbu kacang

Tumis telor puyuh bumbu kacang

Buat makan malam didapur adanya hanya telor puyuh,,, ya udahh lgsug aja cuss berkreasi ... Tapi mantulll looooohh

Cilok Bumbu Kacang Pedas

Cilok Bumbu Kacang Pedas

Ceritanya suka banget sama jajanan ini, tapi kondisinya lagi ga baik untuk jajan di pinggir jalan... Jadi memutuskan untuk membuatnya sendiri di rumah dan membagikannya kepada mereka yang juga suka dengan makanan Cilok ini.... 😊😊

Sepuluh porsi
Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

Akhirnya kesampean juga buat realisasiin bikin cilok sendiri.. πŸ™ˆ

Sate Goreng Bumbu Kacang (resep simple)

Sate Goreng Bumbu Kacang (resep simple)

Ada stok Ayam di freezer tapi lg pengen juga nyobain resep baru yg praktis buat lauk makan malem. Akhirnya nemu resep sate goreng yg paling praktis ini krn ga mungkin klo harus masak yg ribet klo ditemplokin anak² 😁

2-3porsi
Bumbu kacang Pecel madiun

Bumbu kacang Pecel madiun

Setiap kali mudik ke Madiun pasti beli bumbu pecel madiun. Rasanya enak dengan wangi daun jeruk yang khas.. kebetulan asisten dirumah orang magetan, jadi sering bikin bumbu ini dirumah dan akhirnya jadi bakulannya πŸ˜πŸ˜„ #Tips : kacang tanah jangan digoreng. Disangrai membuat kacang tanah lebih terasa gurih dan wangi #TantanganAkhirTahun #MasakdiakhirTahun #CookpadCommunity_Jakarta #CookpadCommunity #berburucelemekemas #resolusi2019 #phiekitchen

Bumbu Kacang Vegetarian

Bumbu Kacang Vegetarian

Salah satu menu favorit keluarga ...🀩🀩🀩

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Iseng2 mau bikin apa gitu yang enak dan simple, jadilah bikin cilok aja