Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Batagor Ikan Tenggiri dan Bumbu Kacang yang Enak

Dipos pada August 20, 2019

Batagor Ikan Tenggiri dan Bumbu Kacang

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Batagor Ikan Tenggiri dan Bumbu Kacang yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Batagor Ikan Tenggiri dan Bumbu Kacang yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Batagor Ikan Tenggiri dan Bumbu Kacang, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Batagor Ikan Tenggiri dan Bumbu Kacang sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Batagor Ikan Tenggiri dan Bumbu Kacang biasanya untuk 3 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Batagor Ikan Tenggiri dan Bumbu Kacang diperkirakan sekitar 45 menit (ditambah tunggu dingin).

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Batagor Ikan Tenggiri dan Bumbu Kacang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Batagor Ikan Tenggiri dan Bumbu Kacang memakai 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#SeafoodFestival Sudah berkali-kali bikin ini tapi selalu kurang sreg, terutama karena adonan terlalu keras dan sulit nempel di tahu - dan bumbu kacangnya selalu kurang sedap. Akhirnya nemu trik yang sreg, hore!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Batagor Ikan Tenggiri dan Bumbu Kacang:

  1. Ikan tenggiri cincang (separuh ikan, kalau di pasar sini ikannya ditakar pake ekor, beli 1 ekor tapi pakai separuhnya aja)
  2. 100 gram Tepung tapioka (kira-kira)
  3. 1 butir Telur ayam
  4. 3 siung bawang merah
  5. 1 siung bawang putih ukuran agak besar
  6. daun bawang dan seledri
  7. secukupnya garam
  8. secukupnya merica
  9. secukupnya air matang
  10. secukupnya minyak goreng
  11. 3 buah tahu kuning ukuran sedang
  12. 15 lembar kulit pangsit goreng
  13. 200 gram kacang tanah mentah (boleh kupas, boleh pakai kulit - saya pakai yang dikupas)
  14. 3 cabai merah
  15. 6 cabai rawit merah (ini buat sedikit pedas, silakan ditambah kalau mau pedas banget)
  16. penyedap rasa
  17. 1/2 bulatan gula merah
  18. secukupnya gula pasir
  19. secukupnya penyedap rasa

Langkah-langkah untuk membuat Batagor Ikan Tenggiri dan Bumbu Kacang

1
Panaskan minyak dalam wajan, bagi dua tahu kuning jadi bentuk segitiga, goreng hingga agak matang (kulit tahu kering). Sisihkan tahu, setelah dingin belah sedikit di bagian panjang tahu (dasar segitiga) untuk memasukkan adonan tenggiri.
2
Isi batagor: kerik ikan tenggiri dari kulitnya, cincang dagingnya sampai halus. Campurkan: bawang merah dan putih cincang, irisan bawang daun dan seledri secukupnya, telur, garam dan merica, aduk rata. Tambahkan tepung tapioka dan sedikit air, aduk rata hingga konsistensi adonan terlihat mulus tapi tidak keras.
3
Mengisi adonan: masukkan dua jari ke dalam tahu melalui belahan di bagian panjang, padatkan isi tahu ke sisi dengan menekan menggunakan kedua jari. Isikan adonan tenggiri dengan menekan adonan dengan sendok kecil ke dalam tahu. Untuk siomay: ambil selembar kulit pangsit, ambil satu sendok adonan, letakkan di tengah kemudian kerucutkan kulit pangsit hingga menempel di sisi-sisi adonan.
4
Panaskan lagi minyak, goreng tahu batagor dan siomay hingga matang keemasan.
5
Bumbu: goreng kacang tanah dengan sedikit minyak sampai berwarna kecokelatan matang (jangan sampai gosong). Sisihkan. Ke dalam blender, masukkan irisan cabai merah dan cabai rawit, tambah air sampai seperlima blender. Masukkan kacang tanah goreng yang sudah dingin (jangan masukkan panas-panas karena blender bisa bocor). Blender semua hingga rata, tambah air bila perlu (kalau blender sulit berputar).
6
Panaskan wajan tanpa minyak, masukkan bumbu kacang halus, gula merah, garam, dan penyedap rasa, kalau kurang manis tambah gula pasir sedikit. Aduk hingga matang (saus kacang akan berubah warna kalau sudah matang). Angkat, sajikan bersama batagor, kecap manis, dan jeruk sambal.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Batagor dan Bumbu Kacang

Batagor dan Bumbu Kacang

Jajanan khas Bandung yang bikin kangen, paket hemat daging tenggiri bisa diganti dengan daging ikan kembung

Cilok Bumbu Kacang Ashoy

Cilok Bumbu Kacang Ashoy

Iseng bikin ketika anak lagi tidur

Penthol desa bumbu kacang

Penthol desa bumbu kacang

Lagi pengen makan yg Kenyal dan pedas.. #kenyalkenyol#cookpad GA

Tahu Telor Bumbu Kacang (2 porsi)

Tahu Telor Bumbu Kacang (2 porsi)

Memanfaatkan kacang tanah matang kesimpen di kulkas. Lgsg kepikiran buat tahu telor. Krn org rantau dr sby ke tangerang, cari yg jual makanan tahu telor ini ga ada. Mau tak mau harus masak sendiri deh.

#2 Cilok kenyal + resep bumbu kacang #selasabisa

#2 Cilok kenyal + resep bumbu kacang #selasabisa

Setelah pindahan, belom pernah nemu tukang cilok lewat. Kalo ditempat dulu sih ada bgt cilok paporit, tp jauh kalo mesti beli dlu ksna. Ga fikir panjang, langsung cari resep dan nemu resepnya mbak vy. Soal rasa dan tekstur, ini sih juarak bener,bumbu kacangnya apalgi. Slmt mencoba, #resepsenyross #bikinramadanberkesan source : dapurVY

Batagor tahu bumbu kacang

Batagor tahu bumbu kacang

Siang-siang enaknya nyemil sambil duduk santai 🧏‍♀️ pakai bahan seadanya di kulkas ..

4 orang
30 menit
16.Cilok Bumbu Kacang

16.Cilok Bumbu Kacang

Akhirnya makan cilok juga...#dirumahaja bikin kita kreatif ya....wkwkwk super simple, Maa syaa Allah bumbunya mantafff....yuk ah cobain

Tahu telur toge bumbu kacang (36)

Tahu telur toge bumbu kacang (36)

Dpt kiriman bumbu kacang dri sdra tdinya sih mau buat karedok brhbng dpt tantangan #pekaninspirasi #AndaikuTahu dari cookpad jdilah menu ini utk mkn siang hari🥚🍳🍨 #pekaninspirasi #andaikutahu #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_subang #cookpaders_indonesia #cookpad.id #mingguke1 #resepke2

2porsi
30menit
Tahu telur bumbu kacang

Tahu telur bumbu kacang

Request suami yang kangen masakan rumah😍

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Hujan²..pengen nya nyemil yg anget2 ..

5 orang
1jam
Batagor Bumbu Kacang

Batagor Bumbu Kacang

Lagi pengen batagor dari kemarin, tapi kalau beli disini kurang nendang bumbunya beda sama kayak yang di Malang. (maklum anak rantau)

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Cemilan siang ini cilok yang pasti semua orang bisa membuatnya :-D

Sayur Kacang Panjang bumbu uleg #sedap

Sayur Kacang Panjang bumbu uleg #sedap

Inget nenek kalo masak sayur pasti dihaluskan / diuleg bumbunya jd lebih mantapppp.. Bikin sedikit saja untuk sarapan

2 porsi
10 menit
Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

#JemputRejeki

1. Cheese cilok bumbu kacang #5resepbaruku

1. Cheese cilok bumbu kacang #5resepbaruku

Bingung pengen nyemil yg murah tp banyak 😆 muncul deh ide buat cilok lumer keju 🤤