Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Candil Ketan Hitam yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada October 18, 2018

Candil Ketan Hitam

Hari ini saya akan berbagi resep Candil Ketan Hitam yang gampang Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Candil Ketan Hitam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Candil Ketan Hitam, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Candil Ketan Hitam di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Candil Ketan Hitam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Candil Ketan Hitam memakai 12 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ceritanya teh buat kolak candil ini untuk buka puasa rajab wkt hari senin kemarin tp baru sempat upload skr. Dan karna wkt itu udah keburu adzan maghrib, jadinya langsung masuk mangkuk ngak sempat ditata jd fotonya kurang bagus. Tp rasanya endol yummeh gt.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Candil Ketan Hitam:

  1. Bahan candil:
  2. 250 gr tepung ketan hitam
  3. 100 gr tepung ketan putih
  4. Sejumput garam
  5. secukupnya Air mendidih
  6. Bahan kuah kinca:
  7. 100 gr gula merah/sesuai selera
  8. 50 gr gula putih/sesuai selera
  9. 400 ml santan
  10. Sejumput garam
  11. 600 ml air
  12. 3 lembar daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Candil Ketan Hitam

1
Campur tepung ketan hitam dan putih serta garam dalam wadah lalu siram dengan air panas baru mendidih. Lakukan sedikit demi sedikit hingga adonan kalis (sdh bisa dibentuk dan tidak lengket ditangan). Bila takut tersiram air panas, bisa menggunakan bantuan sendok ya bukibuk.
2
Panaskan air hingga mendidih di kompor sambil kita membentuk adonan bulat2. Lalu cemplungkan adonan yg sudah dibentuk ke dalam air panas tsb. (prinsipnya sama seperti membuat bakso).
3
Bila sudah mengapung berarti adonan sudah matang. Angkat yg sudah terapung dan lakukan hingga adonan habis.
4
Untuk kuah: didihkan air, masak gula merah, gula putih dan garam hingga mencair. Jangan lupa daun pandannya dicemplungin jg ya.
5
Bila sudah mencair, masukan santan kara dan tunggu kembali hingga mendidih. Sesekali diaduk ya biar santan gak pecah.
6
Terakhir masukan candil yg sudah dimasak tadi, tes rasa. Angkat dan sajikan.
7
Saya gak ngitung ini jadinya berapa butir tp yg jelas cukup banyak.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Jenang grendul

Jenang grendul

Suami minta d bikinin biji salak.. Tp apa daya gak punya pewarna makanan 😁.

Bubur sop ayam

Bubur sop ayam

Kangen bubur buatan mamah.. #SatuResepSatuPohon

Kolak candil kentang

Kolak candil kentang

Gak ada ubi, kentang pun jadi. Berhubung stok gula merahnya kosong dan malas belanja lg.. Ya sudah pakai gula pasir saja, biar sedikit meriah dberi pewarna saja adonannya. Caranya sama seperti membuat dg ubi. 😬 #BikinRamadhanBerkesan #6

Bubur candil pelangi by lely

Bubur candil pelangi by lely

Disebabkan berwarna warni..jadi anak anak memanggilnya bubur candil pelangi...

8 porsi
40 menit
Bubur Ayam

Bubur Ayam

Manfaatin nasi sisa kemarin Source : bunda ei Resep asli memakai rebusan tulang ayam, utk lebih lengkap silahkan lihat di resep bunda ei ya..😄 Setor resep utk minggu ke 13 #CookpadCommunity_Bandung #Cookpad_Paders #MasakanCeuNia #BuburAyam #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #Cookpadlndonesia #GoldenApronChallenge #3WeeksChallenge

2 porsi
Kolak Candil Gurih

Kolak Candil Gurih

Maf ya nggak difoto pas jadinya, nggak keburu soalnya, keburu abis😁

4 porsi
30 menit
Mpasi 6 bulan: bubur ikan salmon

Mpasi 6 bulan: bubur ikan salmon

ikan salmon punya banyak nutrisi loh moms bukan cuma untuk orang dewasa tapi untuk baby juga🥰 aku masak pake slow cooker ya moms🤗

2 kali makan (pagi & sore)
2 jam slow cooker
Bubur Candil Ketan

Bubur Candil Ketan

Cuaca hujan terus si Kakak minta bubur, lihat dapur ada bahan tepung ketan putih, akhirnya bikin deh bubur candil ketan, praktis

Kolak pisang candil ubi ungu

Kolak pisang candil ubi ungu

Banyak ubi ungu tambahin pisang nangka jadi deh kolak enak pas menu buat buka puasa apalgi dimakan dingin

Bubur Ayam Kuah Kuning

Bubur Ayam Kuah Kuning

Anak wedok lagi demam trus mintanya bubur yang enak yang berkuah 😂 biasanya kan cuma bubur mutih doang 😁 anak makin besar, makin banyak protesnya 🤗❤️

Bubur Oatmeal Gurih

Bubur Oatmeal Gurih

Badan lagi kurang fit,pengen makan bubur anget tapi males ribet. Jadinya pakai oatmeal aja. Dan sy memang gak doyan susu jadi ya beginilah cara makan oatmeal biasanya. Buat yang diet silahkan sesuaikan bahan dan topping dengan jumlah kalori.

1 porsi
10 menit
MPASI 6+ Bubur Telur Udang Wangi

MPASI 6+ Bubur Telur Udang Wangi

Buburnya beneran wangi enak gitu, kalau bisa dikasih sambel pengennya mah pake sambel 🤪

3 Porsi
1,5 Jam
Bubur Candil Spesial Cantik😘 2 by: Erni Hartanti.Amd😍😘😄

Bubur Candil Spesial Cantik😘 2 by: Erni Hartanti.Amd😍😘😄

Seneng sih dah keturutan dibantuin de Pasha bkin candilnya..yang kliru hrsnya air hangat malh diksh air mentah adonan buburnya...pasha...orapopo ..lah rasa udah Ok.hadeeeuw ...besok bkin lagi.

8 porsi
🍜Bubur Asyura'

🍜Bubur Asyura'

Bismillah... Untuk memperingati tahun baru Islam 1 Muharram yang di sebut juga dengan bulan 🌙 Asyura',yang jatuh tepat pada tanggal 10 Agustus kemarin.setiap daerah menggelar acara tradisi,seperti juga halnya dengan daerah saya Sumbawa,setiap 🌙 Muharram selalu menggelar tradisi ,berbondong² membuat/memasak Bubur/Nasi Asyura',yang nantinya akan di sajikan pada hari Jum'at setelah selesai melaksanakan ibadah Sholat Jum'at.nah karena saya berada jauh dari kampung halaman,saya tetap melaksanakan tradisi daerah saya,namun sy memasak bukan pada hari Jum'at dan hanya saya sugukan buat keluarga dan tetangga saja.yuukk langsung capcus aja!!!