Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Cilok bumbu kacang yang Enak Banget

Dipos pada August 25, 2019

Cilok bumbu kacang

Sore-sore begini enaknya membuat Cilok bumbu kacang yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Cilok bumbu kacang yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Cilok bumbu kacang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cilok bumbu kacang di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cilok bumbu kacang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cilok bumbu kacang memakai 13 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

lagi kangen jajanan Indonesia

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cilok bumbu kacang:

  1. cilok :
  2. 2 cup tepung terigu
  3. 1 1/2 cup tepung tapioka
  4. 2 siung bawang putih (parut)
  5. kaldu ayam
  6. garam sekucupnya
  7. seledri (opsi)
  8. air (untuk merebus)
  9. bumbu kacang :
  10. kacang goreng (haluskan)
  11. 10 cabe rawit (sesuai selera)
  12. sedikit gula jawa (disisir)
  13. minyak untuk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Cilok bumbu kacang

1
Masak air dengan bawang putih, garam, dan kaldu bubuk sampai mendidih
2
Dalam wadah campurkan tepung terigu dan tapioka setalah itu masukan air mendidih sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk (kalo terlalu encer bisa ditambah terigu)
3
Lalu didihkan air lagi dalam panci, bentuk adonan dan masukan dalam rebusan air sampai mengambang (lakukan sampai adonan habis dan tiriskan)
4
Untuk bumbu : haluskan rawit dan gula jawa lalu masukan kacang goreng tumbuk sampai halus, setelah itu panaskan minyak dan goreng sambel sebentar

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Lontong Bumbu Kacang

Lontong Bumbu Kacang

Kali ini saya bahas ttg bumbu kacangnya saja ya. Karena lontongnya pun kali ini saya menggunakan nasi impit. Dikarenakan gak ada waktu untuk buat lontong daun. #berburucelemekemas #resolusi2019

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Sore2 gini maunya yg pedes2. Iseng2 bikin cilok. Asli rasanya endess lho....

Tahu Telur Bumbu Kacang

Tahu Telur Bumbu Kacang

Inspirasi : Arvina Harahap Senangnya kalau punya persediaan sambal kacang. Bisa dipadukan dengan bahan lain & jadilah rasa berbeda. Ini menu sarapan, resep praktis dari mba Arvina, dengan sedikit modifikasi. Kalau yg mau bikin bumbu kacang dadakan, resep saya sertakan.

Bumbu kacang tumis

Bumbu kacang tumis

Cocok berpasangan dengan sate sapi dan kambing selamat mencoba

Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

Yukk masak #ayomasak #CookpadCommunity_Bogor

Tempe Telur Bumbu Kacang

Tempe Telur Bumbu Kacang

Alhamdulillah resep-resep sebelumnya sukses dan tantangan minggu ini cukup menguras otak karena berbarengan dengan tantangan #harigizinasional2019. Menyiapkan menu makanan yang murah tapi tetap bernilai gizi tinggi itu gampang-gampang susah ya buibu. Tapi akhirnya saya teringat menu makan favorit jaman kuliah di Binus dulu. Meskipun murah, tapi menu tahu telur ini mengandung gizi dan protein yang cukup tinggi. Gimana nggak? Isinya tahu, pake telur, dikasih toge terus disiram sama sambel kacang. High quality food banget kaaan? Sebagai informasi, telur utuh bukan hanya mengandung protein saja, tapi juga mengandung vitamin, mineral, lemak baik, antioksidan yang baik untuk kesehatan mata dan nutrisi untuk otak. Sedangkan kacang kaya akan protein, serat dan magnesium. Belum lagi toge yang digunakan, mengandung banyak vitamin A, B kompleks, C, E, serta mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, serat, folat, asam amino, dan protein. Sehingga manfaatnya sangat banyak untuk tubuh, seperti menguatkan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh dan kesuburan, dll. Jadi kayanya menu ini cocok buat menyemaraki #3weekschallenge untuk jadi menu andalan #harigizinasional, sekaligus juga buat setoran #BerburuCelemekEmas untuk #Resolusi2019. Tapi, karena saya kurang suka tahu jadi resepnya saya ganti dengan tempe ya moms. Semoga saya berhasil untuk #BerburuCelemekEmas sebagai #Resolusi2019.

2 porsi
Sate Ayam Daging Bumbu Kacang Homemade Simpel Bingitz

Sate Ayam Daging Bumbu Kacang Homemade Simpel Bingitz

Edisi kangen sate dan disini gada yg jual hikzzz. Untuk bumbu kacangnya ini recook resep di cookpad juga dr mbak siapa lupa namanyaa maafkan mbak 😭. Thanks much bumbu kacangnya enaaaa kemlekeerrr 😁

Indomie Kuah Bumbu Kacang

Indomie Kuah Bumbu Kacang

Dengan bahan2 yang ada, di sulap jadi citarasa Indomie yang beda dengan lain nya😀 Selamat mencoba👍 #AntiRibet

Cika (cilok bumbu kacang)

Cika (cilok bumbu kacang)

Praktis dan mudah pake bumbu seadanya

Sate daging sapi bumbu kacang

Sate daging sapi bumbu kacang

Jadi ini ceritanya dapet daging qurban, dan banyak udah sebagian di buat rendang sama sop jadi pengen buat sate juga pake daging sapi alhasil buat deh 😊

Cilok Gajih Bumbu Kacang

Cilok Gajih Bumbu Kacang

Cilok is one of my fav camilan. Sayangnya, gak semua cilok abang2 pas di lidah. Jadi, ku coba ulik sendiri resepnya. Setelah sekian kali trial and error, akhirnua nemu resep cilok yang pas. Eh, si bocah doyan juga. Masaknya juga gampang banget lho.. Gimana resepnya? Yuk kita lihat di bawah ini!

4 porsi
30 menit
Nila bumbu kuning + labu Siam, wortel, kacang panjang

Nila bumbu kuning + labu Siam, wortel, kacang panjang

Untuk mommy yg mau simple sdah dapat lauk+sayur jadi tidak masak 2x 😁

#06 Cilok bumbu kacang pedes

#06 Cilok bumbu kacang pedes

Jenis makanan yg satu ini saya suka bgt rasanya yg kenyal2 berpadu dg bumbu kacang yg pedes 😍😍. Makanan murmer dan bikinnya pun gak pake ribet.

2 porsi
25 menit
Bumbu kacang

Bumbu kacang

Bismillah.... Selain buat siomay bisa juga buat cilok ... Saya buat 3 resep Source by Azizah Mi £awati

Cilok Bumbu Kacang (#Pr_Jajanandaerah)

Cilok Bumbu Kacang (#Pr_Jajanandaerah)

Stor PR dulu ya,cilok salah satu jajanan daerah Jawa Barat udah gitu aja... #lagingiritcerita😊

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Sebenernya ga niat mau buat resep pure lgi masak sendiri aja jadi maaf step nya ga difoto.. next ya..

Bumbu plecing kacang tanah

Bumbu plecing kacang tanah

Hari ini buat sayur pendamping lauknya 2 jenis, yaitu tumis buncis terasi dan plecing ini. Saya bosan makan buncis mulu, sedangkan Made doyan banget. Lagi suka makan yang pedas pedas kayak lalapan dan plecing, sayangnya belum ketemu penjual lalapan yang sambelnya bikin ketagihan di kota ini (sambel lalapan buatan saya kok gak seenak yg jual😂)