Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Kolak waluh kuning yang Lezat

Dipos pada April 22, 2021

Kolak waluh kuning

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Kolak waluh kuning yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Kolak waluh kuning yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Kolak waluh kuning, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Kolak waluh kuning enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak waluh kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak waluh kuning memakai 9 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bawa labu kuning dari kampung halaman, purworejo. Enak buat dikolak nih pikirku waktu itu. Bikin adem di.perut. Kelebihan lain dari labu kuning adalah kandungan seratnya yang tinggi, bermanfaat mengurangi resiko sembelit. Di samping itu, kandungan lemak labu kuning juga rendah lemak. Jadi aman dikonsumsi untuk bayi dan baik sebagai MPASI

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak waluh kuning:

  1. 1/2 buah waluh
  2. 3 buah ubi ukuran kecil
  3. 5 buah pisang
  4. 2 keping gula merah
  5. 2 bks santan kara segitiga. Bisa juga santan asli lebih enam
  6. 3 sdm gula pasir
  7. 1.5 lt air
  8. 2 biji cengkeh
  9. 2 lbr daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Kolak waluh kuning

1
Rebus ubi dengan air selama semenit. Lalu buang air rebusan ubi agar tidak keruh
Kolak waluh kuning - Step 1
2
Masukan cengkeh, pandan, ubi kedalam 1.5 liter air
3
Rebus gula merah dan pasir di wadah berbeda. Lalu saring dan masukan kedalam panci berisi waluh
4
Masukan kara. Test rasa. Tambahkan vanilli dan garam. Setelah sesaat api dimatikan, masukan potongan pisang agar tidak terlalu lunak.
5
Sajikan hangat

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak campur²

Kolak campur²

-140618- Pas kepasar kok udh bnyk yg jual kolang-kaling, coba beli sebungkus aja dulu, lalu isiannya dtmbh singkong&waluh..ada tape singkong juga dkulkas,boleh dicemplungin pas mo disajikan ya,biar aromanya ga terlalu menyengat dikuah santannya.. Oke lgsg kdapur..

Kolak pisang komplit #BikinRamadanBerkesan #SeninSemangat

Kolak pisang komplit #BikinRamadanBerkesan #SeninSemangat

Jadi kemarin saya pengen banget kolak udah puasa keberapa eh baru pengennya sekarang. Akhrinya setelah sana-sini liat resep. Dan voila! Jadilah kolak ala chef thldwanda

7-8 porsi
+1jam
Kolak pisang

Kolak pisang

Kemaren tiba2 pengen masak kolak,,kebetulan ada pisang nih,,tp udh lumayan mateng,jd pisangnya lembut banget pas udah jadi kolak,, Alhamdulillah ayahjuna suka banget,,,katanya "sumpah,enak banget,makasi sayank qu" Aaah,,,denger suami ngomong gitu aja rasanya seneng bgt,,hihii,, 😘😍 (Anak qu arjuna kalo dimasakin apa aja,,jg lahap,,alhamdulillah)

Kolak Labu Kuning

Kolak Labu Kuning

Resep #BikinRamadanBerkesan

Kolak bola ubi jepang😋

Kolak bola ubi jepang😋

Di kasih ubi, nah di kemasan nya ubi jepang namanya jd itu deh😂😂

Kolek Pisang rempah

Kolek Pisang rempah

sudah berapa hari puasa tp belum ketemu kolek pisang nih, sampe2 suami protes kapan ngolek nya.... hehehe sekarang bebeb..

Kolak Roti

Kolak Roti

Hujan2 gini suami minta bikinin kolak putih...itu kolak roti tawar . Hmmmm pas banget dingin2 mkn anget2 lembut . Bikinnya gampang cepet no ribet . Klo bikin ginian sy gk pernah takar bahan2nya , beda klo bikin kue harus takar tiap bahannya . Semua disesuaikan dg selera aja ya mom . Cuss resepnya

6 porsi
15 menit
Kolak ubi dan pisang

Kolak ubi dan pisang

Buka puasa menunya ini Bun, manis, gurih dan yang past mengenyangkan

Kolak Campur

Kolak Campur

Gak kerasa udah hari ke 20 puasa, bahan makanan mulai menipis. Punya sisa kolang kaling sama ubi jalar yaudah deh bikin ini aja #20 #BikinRamadanBerkesan

Kolak Pisabi (pisang dan ubi)

Kolak Pisabi (pisang dan ubi)

Kolak pisang dan ubi menemani sore hari yg indah disantap bersama keluarga.

Kolak Keju Cilembu

Kolak Keju Cilembu

Edisi Perdana Nih 😂 #Salam kenal ya Momy2 yg jago masak.

10 porsi
60 menit
Kolak ubi Cocopandan

Kolak ubi Cocopandan

Kpingin kolak telo/ubi..dgn sensasi yg berbeda...(di Ramadhan ini).ditambah bbrpa sendok sirup marjan cocopandan...hmmmmm kolak ubi..harum wangi menggoda...👌👌

4 gelas
Kolak Ubi & Nangka🍲

Kolak Ubi & Nangka🍲

Godaan dikala musim hujan😂😂. Dahh lah,,gakk papa cicip dikit besok dibakar lagi karbo plus gula nya😁. Klo saya suka dalam kondisi dingin,, karna aroma buah nangka nya terasa bikin tambah wangiiii😁 plus daun pandan nya. Dan kuah santan yg tidak terlalu kental,agar terasa segar nya. Tapii silakan kembali keselera yaa..mau panas atau dingin , kuah kolak nya soft atau kental smua nya oke😉👌.

Kolak waloh hangat wangi

Kolak waloh hangat wangi

Kolak identik dengan rasa manis dan mengenyangkan. .suami suka bosan dengan makanan ini..coba resep baru dengan tambahan jahe suami jadi suka banget. Manisnya pas hangat dan wangi..gak ngebosenin .

5 porsi
45 menit
Kolak Kacang Hijau Slow Cooker

Kolak Kacang Hijau Slow Cooker

Dikasih kacang hijau mertua dan tetangga. Apalagi kalau gag dibikin kolak. Tapi kali ini agak bergaya kolaknya pake listrik.hihihi...

Kolak ubi kuning

Kolak ubi kuning

#bantumantenbaru

Kolak pisang + ubi

Kolak pisang + ubi

Dikasih ubi 3 buah sama teman, di rumah ada pisang kepok 5 buah sisa bikin nugget pisang kemarin. Sore" pas hujan dingin", enaknya bikin kolak aja.

4-5porsi
30-45menit
Kolak pisang kolang kaling

Kolak pisang kolang kaling

Menu buka puasa kemarin kamis, lebih nikmat dinikmati pakai es batu hehehe..