Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Ketan Kacang Hijau yang Enak

Dipos pada November 22, 2018

Bubur Ketan Kacang Hijau

Hari ini saya akan berbagi resep Bubur Ketan Kacang Hijau yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Bubur Ketan Kacang Hijau yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bubur Ketan Kacang Hijau, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Ketan Kacang Hijau enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Ketan Kacang Hijau sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Ketan Kacang Hijau memakai 9 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bikin lagi kacang hijau tapi kali ini campur ketan putih dan karena kuah masih jadi favorit, maka saya pakai air banyak, yang suka kuah kental bisa dikurangi airnya.....mari kita ngubur (ngemil bubur)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Ketan Kacang Hijau:

  1. 250 gr kacang hijau (saya rendam 6 jam)
  2. 200 gr ketan putih (saya rendam 1 jam)
  3. 3 liter air
  4. 5 lembar daun pandan
  5. 10 cm jahe
  6. 65 ml santan
  7. 3 blok gula merah
  8. 4 sendok gula pasir, atau sesuai selera
  9. secukupnya garam

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Ketan Kacang Hijau

1
Rebus air bersama kacang hijau, ketan putih dan daun pandan. Tunggu hingga ketan dan kacang hijau empuk/mekar.
2
Masukan gula merah, jahe, gula pasir, garam. Tunggu hingga larut, lalu masukan santan. Aduk hingga mendidih. Koreksi rasa. Panaskan sebentar, matikan kompor.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kacang Hijau kuah Santan

Bubur Kacang Hijau kuah Santan

Menu ini kesukaan Saya dari masih gadis (skrg jg masih Kaya anak gadis kok, hehe..:P). Saya suka buan santannya dipisah, karena kalau pengen manis ya santannya dikit, tp kalau lg gak doyan manis ya banyakin santannya, fleksibel...kalau ditambah es batu Makin mantapp..

Bubur Nasi Kacang Ijo

Bubur Nasi Kacang Ijo

Campuran beras pada bubur kacang ijo buat tekstur bubur lebih kental. Rasanyaa enaaaak bgt!!!

4 porsi
Bubur kacang hijau 5:30:7

Bubur kacang hijau 5:30:7

Yee setelah perjuangan panjang ikutan pekan ramadhan cookpad akhirnya berbuah manis, datang juga parcel ramadhan dari mamah cookpad. Awalnya cuma iseng aja dan gak berharap bisa dapat parcelnya karena yang lain banyak yang resep dan fotonya bagus-bagus banget. Tapi rejeki gak kemana. Tambah semangat masak dan upload resep nih jadinya. Pagi ini aja udah bikin bubur kacang hijau buat sarapan. Cepat dan hemat gas lagi, pakai metode 5:30:7. #Clover #Cangjo #SemarakClover #Semarak_Cangjo #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia #berburucelemekemas #resolusi2019 #week35

Bur Cang ijo (Bubur Kacang Ijo) Sinta

Bur Cang ijo (Bubur Kacang Ijo) Sinta

Demen bgt nnton top jadi kepikiran bikin burrrr...cang ijo heheheh. Pas bgt buat menu bulan puasa y guys :D mari masak ;)

2 porsi
30 menit
Bubur kacang ijo simple

Bubur kacang ijo simple

Sebenernya kurang suka sama bubur kacang ijo yg biasa orang2 jual pake jahe dan santannya di satuin, jd bikin sendiri sesuai selera sendiri. Percobaan pertama lumayan enak dan sukaaaa, cuma agak kemanisan hehehe ini resepnya siapatau satu selera dgnku....

Bubur Kacang Hijau Sehat

Bubur Kacang Hijau Sehat

Daripada beli mending buat sendiri ๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿณ

Bubur Manado

Bubur Manado

Walaupun bukan orang Manado, tapi suka banget makan bubur ini. Apalagi makannya rame-rame bareng keluarga atau teman

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

6 porsi
1 Jam
Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Kok fotonya bersanding dg roti tawar ya..?? Iyaa krn makan bubur kacang ijo belum afdhol rasanya jika blm disandingkan dg si roti tawar.

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Sekali-kali bikin sendiri dong, ngga ngandalin ibu/beli diluar sana ๐Ÿ˜„

Bubur Kacang Hijau Dengan Fiber Creme

Bubur Kacang Hijau Dengan Fiber Creme

Source: mb Sandra Risma Kalau mommy ada alergi dengan santan, sekarang gak usah kuatir lagi. Ada substitute nya yaitu fiber creme. Jadi masih bisa loh mom nyicipi masakan yg seharusnya bersantan, tapi bukan santan๐Ÿคฃ Untuk memasaknya, aku masih menggunakan metode 5:30:7 ya mom seperti resepku sebelumnya Irit gas soale mom๐Ÿ˜… #cangjo #semarak_cangjo #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #clovercookinglover #semarakclover #cookpad_community #cookpadcommunity_tangerang #cookpad_aop

Bubur Kacang Merah

Bubur Kacang Merah

Source: Nila Iswahyudi Dengan modifikasi ๐Ÿ˜Š Udah lama banget pengen bikin bubur kacang merah ini buat si kecil, baru hari ini kesampaian bikin๐Ÿ˜Š Alhamdulillah ini rasanya enak..dan si kecil suka Kacangnya berhasil empuk banget tapi tetap utuh..karena saya merebusnya sekitar 2 jam dengan api yang sangat kecil setelah direndam sekitar 6 jam ๐Ÿ˜… Cocok juga disantap pas buka puasa.. segar dan bikin kenyang.. ๐Ÿ˜Š #SayangAnak #SiapRamadan #Resolusi2019 #Berburucelemekemas

Bubur kacang ijo tanpa beras ketan

Bubur kacang ijo tanpa beras ketan

Sedikit cerita karna lagi pengen makan bubur kacang ijo tapi gak ada beras ketannya.. Sempat ragu mau buat atau tidak... akhirnya jadi deh.. walaupun gak pakai beras ketan rasanya gak kalah enak loh....cobain yuk...๐Ÿ‘

Bubur kacang ijo madura

Bubur kacang ijo madura

Sore2 ada bapa mertua datang sama sodara2... bikin burcang buat suguhan, sekalian paksu katanya udah lama gak makan burcang, soalnya si mba yg biasa jualan burcang favoritnya udah lama hilang entah kmn ๐Ÿ˜‚ (gak jualan lagi). Jd dibikin deh yg serupa ๐Ÿ˜† #SayangAnak #JemputRejeki #SiapRamadan

Bubur Kacang Hijau (Burcang ijo)

Bubur Kacang Hijau (Burcang ijo)

Hujan2 pengen yang panas, jadi bikin bubur kacang hijau ini. Karna ini hasilnya lumayan banyak, sisanya bisa dibikin es simpan di freezer..

Banyakan
45 menit
Bubur kacang ijo & ketan ย hitam#MenuSehatAnak

Bubur kacang ijo & ketan ย hitam#MenuSehatAnak

#MenuSehatAnak... Jujur saja sebenarnya jagoanku kurang suka makan yg namanya bubur kacang dan bubur ketan apalagi bubur manis ๐Ÿ˜Ÿ๐Ÿ˜Ÿsedangkan yg sy tau dan sy baca kacang hijau kan kayak akan nutrisi seperti kalium,potasium,vit c, vit b, protein dan seabrek nutrisi lainnya ..termasuk juga beras ketan hitam juga kaya akan vitamin ,fosfor,kalium ,karbohidrat dllnya Cocok banget jika sy masak untuk jagoanku yg super aktif ga mau diam ...akhirnya sy mulai putar otak bubur ketan hitam dan kacang ijonya saya guyur sj dengan susunya dia Pengganti santan Alhamdulilah dia Mau makan dan menikmati bubur kacang yg sy taruhin susu kesukaan dia yg asalnya makan ogah2an eh. jd doyan deh dilahapnya sampe habis. ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ Sy bikin sekalian buat papa & mamanya.

5 ย porsi
30 menit
Bubur Manado

Bubur Manado

Saya penggemar berat sayuran, jadi seneng banget kalo masak bubur manado karena bisa masukin banyak sayuran. Masak sendiri pun lebih enak dan puas dibanding beli di warung.

Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau

kacang hijau biasa ditanam saat sesudah musim panen padi. sambil menunggu musim hujan datang. lahan dimanfaatkan ditanam kacang hijau. nah saat panen datang. sisa dijual ke tengkulak. dan tak lupa bagi kesaudara tetangga. hari2 ibu bikin bubur kacang hijau. sampai bnyk versi dibikin. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜.. dan ga bosen. #OlahanPalawijaAlaIbu #SemuaTentangIbu #SatuResepSatuPohon