Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur kacang hijau jali (barley) yang Lezat

Dipos pada November 22, 2018

Bubur kacang hijau jali (barley)

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bubur kacang hijau jali (barley) yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Bubur kacang hijau jali (barley) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bubur kacang hijau jali (barley), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur kacang hijau jali (barley) sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur kacang hijau jali (barley) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur kacang hijau jali (barley) memakai 7 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bubur ini sangat legit dan wangi..anak2 batitapun sangat suka. Bubur ini sangat cocok dikala sakit dan saat anak sulit makan. Bahkan bisa menjadi menu diet dg mengsubtitusi gula pasir dg gula palem atau gula batu. Jali selain mengenyangkan dan legit, jg sangat baik utk menurunkan kolesterol. Jali dpt dibeli di hypermarket atau toserba.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur kacang hijau jali (barley):

  1. 250 gr kacang ijo
  2. 50 gr Barley atau jali2
  3. 2 daun pandan sedang, ikat simpul
  4. 100 gr gula merah (sesuai selera)
  5. sesuai selera gula pasir
  6. sejumput garam halus
  7. 2 cm jahe digeprek dan dibakar (*optional)

Langkah-langkah untuk membuat Bubur kacang hijau jali (barley)

1
Bersihkan barley dg air bersih dan rendam Jali2 atau barley dalam air putih selama 4 jam. Krn jali2 lbh padat drpada kacang ijo shg butuh waktu yg cukup lama utk merendam.
Bubur kacang hijau jali (barley) - Step 1
2
Cuci dan rendam kacang ijo selama kurleb 2 jam. Ini adalah tips supaya kacang ijo cepat empuk saat direbus
3
Masak air dlm panci sampai mendidih. Lalu masukkan jali dan kacang ijo dan daun pandan ke dalam panci. Tinggi air dlm panci harus 2 x lipat tinggi kacang ijo dan jali. Tambahkan air jika menyusut. Jgn terlalu banyak, asal terendam saja.
4
Tambahkan jahe bakar saat ini jika mau menggunakannya. Masak di api kecil atau sedang sampai kulit kacang ijo merekah atau empuk betul.
5
Jika sdh empuk. Masukkan gula merah yg sdh dipotong kecil2, lalu gula pasir(bisa diganti dg gula batu atau gula palem bubuk), dan garam. Tes rasa. Jika kurang manis bisa ditambahkan gula.
6
Aduk rata. Jika bubur sdh mengental (jali akan membuat airnya smkn mengental) serta airnya kembali meletup letup, matikan kompor.
7
Bubur siap disajikan.. Hangat atau panas lbh nikmat. Jika diberikan sbg MPASI jangan pakai jahe dan gula pasir.. hanya gula merah sdh cukup.
Bubur kacang hijau jali (barley) - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Pake bahan seadanya.. minus bubur mutiara

3-4 porsi
Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau

Hujan setiap hari jadi pingin bubur kacang hijau.. tapi bosen pakai santan kebetulan punya fibercream dan pingin nyoba dipadu padankan dg kacang hijau (fibercream bs diganti santan)

4 porsi
1 jam
Bubur Kacang Hijau Kental

Bubur Kacang Hijau Kental

Pertama kali bikin bubur kacang hijau... Resep ala ala dan Ternyata mantulll.. suamii syukaakk sampe nambah2 πŸ˜„πŸ˜„

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Mau bikin stok camilan buat anak anak dan suami. #PejuangGoldenApron2

Bubur Oat mpasi

Bubur Oat mpasi

1 porsi
+- 15 menit
Bubur Kacang Ijo 🌸

Bubur Kacang Ijo 🌸

Resep mama ( kalo boleh lebay ini bubur paling enak yg pernah aku rasakan πŸ˜πŸ‘Œ )

Bubur Kacang Hijau (5.30.5+2)

Bubur Kacang Hijau (5.30.5+2)

Ini cara masaknya beda sedikit dgn metode 5.30.7 yg populer itu. Resep ini bedanya santannya itu dimasukkan di 2 menit terakhir dgn api paling kecil. Alasannya adl Santan itu baik utk kesehatan asal dimasak dgn cara yg benar. Santan kalau dimasak mendidih terlalu lama dpt menyebabkan kolestrol yg tdk baik utk kesehatan. Oleh krn itu resep modifikasi saya itu Santannya tdk dimasak mendidih dgn api besar selama 7 menit spt resep yg populer itu melainkan hanya saya masak selama 2 menit dgn api kecil saja utk menjaga kebaikan dari santan jgn sampai berubah jd jahat penyebab kolestrol. Enjoy! 😊

Bubur kacang hijau saus kurma MPASI 7+

Bubur kacang hijau saus kurma MPASI 7+

Pertama kali bikinin menu ini buat fathan, cuma masuk 2-3 suap aja. Sisanya gak mau lagi

Bubur pedas khas Sambas

Bubur pedas khas Sambas

Ceritanya lagi #stayathome tapi lidah ngga stay at home 🀣🀣 kepingin banget makan burdas aka bubur pedas. So, lgsg eksekusi ke bahan yg ready di rumah aja. Ini bubur pedas versi saya ya. Mungkin ada byk perbedaan dg resep asli. Mohon maaf bila ada bumbu atau cara masak yg kurang berkenan. πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

4 orang
2 jam kurang lebih
Bubur kacang ijo sehat

Bubur kacang ijo sehat

Ini bagus untuk nutrisi ibu hamil yaa.. tapi kacang ijonya jangan sampe hancur nanti vitaminnya rusak Saya buat juga tanpa santan biar lebih sehat

Bubur CangJo

Bubur CangJo

Berhubung mama ada Kolesterol, jdi diganti creamer bubuk.. yg aman.

Bubur Manado

Bubur Manado

Hujan2... Dingin2... Enak nya makan yg panas2 dan sehat...

Bubur Kacang Hijau (metode 5:30:7) Irit Gas

Bubur Kacang Hijau (metode 5:30:7) Irit Gas

Source: mommy Nila Setiawan Udah lama recook resep ini, tapi belum sempat eksekusi. Cocok deh tema Pekan Ramadan minggu ini β€œAneka Bubur”, jadi bisa langsung dimasak dan berhasil... Yaaaay... padahal tadinya kalau gak sukses, udah mau bongkar press cooker yang udah setahun melamun di pojokan dapur hadiah ulang tahun dari adikku. Takut mau pakainya hahahaha Jadi ini resep pertama kali dishare oleh Fah Umi Yasmin. Metode 5:30:7 ini maksudnya adalah waktu memasak yang digunakan(dalam menit) Secara ringkas bisa dijelaskan sbb : 5 menit memasak air dengan api besar 30 menit didiamkan dengan cara menutup panci rapat 7 menit memasak lagi Jadi total pakai kompor menyala only 12 menit saja. Ringkas dan tentunya irit gas. Jadi ingat dulu kalau mau buat bubur kacang hijau memerlukan kesabaran karena harus merendam dulu kacang hijau nya semalaman, direbus dulu setengah jam minimal, dibumbui baru bisa dinikmati beberapa jam sesudahnya. Keburu ilang ngecesnya🀣🀣 Nah sepertinya sekarang bakalan sering bikin nih😊 #Bakoelan dari Roemah #SiapRamadan #JemputRejeki #Berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_tangerang #cookpad_aop

Bubur biji bijian sehat

Bubur biji bijian sehat

3 porsi
25 menit
Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau

Source:aniktriwina.menggunakan metode 5.30.7 mantul ini resep yang saya pakai #berburucelemekemas #goldenapronchallenge #resolusi2019 #cookpadcommunity_bandung #bagikaninspirasimu #masakitusaya