Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Cireng Isi Bakso Pedas yang Menggugah Selera

Dipos pada September 28, 2020

Cireng Isi Bakso Pedas

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Cireng Isi Bakso Pedas yang mudah Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Cireng Isi Bakso Pedas yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Cireng Isi Bakso Pedas, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Cireng Isi Bakso Pedas di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Cireng Isi Bakso Pedas yaitu 15 buah. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Cireng Isi Bakso Pedas diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cireng Isi Bakso Pedas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cireng Isi Bakso Pedas memakai 22 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Salah satu kudapan aci favorit saya karena rasa dan teksturnya yang "ramai". Crispy di luar dan kenyal di dalam, ditambah sensasi pedas, gurih, dan sedikit hint manis dari isian membuat saya tidak bosan menyantapnya. Cireng ini bisa dibuat dengan aneka isi sesuai dengan selera masing-masing. Kebetulan kali ini saya membuat dengan isian bakso pedas. Simak tips di bawah untuk mendapatkan inspirasi varian lainnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cireng Isi Bakso Pedas:

  1. Adonan Cireng
  2. 200 gr tepung tapioka
  3. 50 gr tepung terigu
  4. 150 ml air
  5. 1 siung bawang putih, haluskan
  6. 1 batang daun bawang, cincang
  7. 1 sdt kaldu bubuk
  8. 1/2 sdt garam
  9. 1/2 sdt merica bubuk
  10. Bahan Isian
  11. 5 butir bakso sapi, cincang kasar
  12. 2 siung bawang putih, cincang halus
  13. 3 butir bawang merah, cincang halus
  14. 2 batang daun bawang, cincang
  15. 5 buah cabai rawit, cincang
  16. 2 sdm saus tiram
  17. 1 sdm saus tomat
  18. 1 sdm kecap manis
  19. 1 sdt tepung terigu
  20. Secukupnya garam
  21. Secukupnya merica
  22. Secukupnya gula pasir

Langkah-langkah untuk membuat Cireng Isi Bakso Pedas

1
Adonan: Di dalam baskom, campurkan tepung tapioka, tepung terigu, garam, kaldu bubuk, dan merica. Sisihkan. Kemudian rebus air bersama dengan bawang putih dan daun bawang hingga mendidih.
Cireng Isi Bakso Pedas - Step 1
Cireng Isi Bakso Pedas - Step 1
Cireng Isi Bakso Pedas - Step 1
2
Setelah mendidih, tuang air sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung, lalu uleni sampai adonan menyatu dan tidak lengket lagi. Tips: 1. Anda bisa mengurangi/menambahkan air jika dirasa tidak sesuai takaran karena penyerapan setiap tepung bisa berbeda-beda. 2. Selalu tutupi adonan dengan kain lembab atau plastic wrap agar tidak kering.
Cireng Isi Bakso Pedas - Step 2
Cireng Isi Bakso Pedas - Step 2
Cireng Isi Bakso Pedas - Step 2
3
Isian: Panaskan minyak, lalu tumis bawang putih, bawang merah, dan bagian putih dari daun bawang hingga wangi. Setelah wangi, masukan daun bawang, cabai rawit, dan bakso, lalu tumis hingga daun bawang layu.
Cireng Isi Bakso Pedas - Step 3
Cireng Isi Bakso Pedas - Step 3
Cireng Isi Bakso Pedas - Step 3
4
Masukkan sedikit air dan bumbui dengan saus tiram, saus tomat, kecap manis, garam, merica, dan gula. Masak hingga air habis. Setelah air habis, masukkan tepung terigu, aduk hingga mengental, koreksi rasa, dan dinginkan.
Cireng Isi Bakso Pedas - Step 4
Cireng Isi Bakso Pedas - Step 4
Cireng Isi Bakso Pedas - Step 4
5
Membentuk adonan: Bagi adonan menjadi 15 buah sama besar, kemudian pipihkan adonan menggunakan rolling pin atau gelas. Isi dengan isian, lalu olesi pinggiran adonan dengan air, dan tutup cireng seperti bentuk pastel. Ulangi hingga adonan habis. Tips: 1. Bagi isian dan adonan menjadi 15 bagian sama besar agar cireng memiliki rasa dan bentuk yang konsisten. 2. Jangan memipihkan adonan terlalu tebal/tipis karena jika terlalu tebal, adonan akan sulit matang.
Cireng Isi Bakso Pedas - Step 5
Cireng Isi Bakso Pedas - Step 5
Cireng Isi Bakso Pedas - Step 5
6
Goreng cireng dalam minyak yang masih hangat dengan api kecil-sedang singga mengembang dan berwarna kuning kecoklatan. Cireng siap disajikan. Tips: 1. Bakso sapi bisa diganti dengan kornet, sosis, jamur, hingga daging ayam giling. Untuk kornet, kurangi penggunaan saus tomat dan kecap manis, lalu tambahkan tepung terigu sebagai agen pengental. 2. Anda bisa menyimpan cireng dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama satu minggu atau di dalam freezer selama satu bulan.
Cireng Isi Bakso Pedas - Step 6
Cireng Isi Bakso Pedas - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pisang goreng crispy

Pisang goreng crispy

Anak suka banget sama pisang goreng apa lagi ditambah Meises coklat.

Pisang Goreng Crispy awet Kriuknya

Pisang Goreng Crispy awet Kriuknya

Hujan-hujan selalu cari cemilan buat temen ngeteh..

1 piring
30 menit
Batagor Pangsit

Batagor Pangsit

Camilan enak.

Bakwan Udang sungai

Bakwan Udang sungai

kami disini sebutnya urang. udang sungai ukurannya kecil. seperti udang budidaya, ketika segar warnanya abu2 bening. kadang pas belinya di orang yang memang nyari disungai dan dibungkus daun jati, ini udang beberapa masih lompat2 pas dibuka. 😊 biasanya dibikin peyek, oseng pedas, campuran segala tumis, botok, atau bikin asem2 berkuah segar.

Risoles isi Rogout Ayam

Risoles isi Rogout Ayam

Bismillahirrahmanirrahim... Menjelang Ramadhan Salah satu Frozen food yg biasa saya stock adalah makanan buat buka puasa seperti Risoles. Ini bikin isiannya dulu ya, kulitnya nanti resep setelah ini Kulit Risoles Lentur Recipe ; @bunda_ei #CookpadCommunity_Tangerang #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi4 #Jabodetabekbikinyuk_Frozenfood

Pastel Bihun

Pastel Bihun

Source : @Meyscila_28 Tema semarak clover Minggu ini dari mbak @Mira_Jabir "Bihun Beras" 🥳 sebenarnya mau dibikin apa saja si putih ini dirumahku pasti sukses bikin anak²ku kalap makannya,soalnya pada doyan 😂 apalagi kalau bihunnya di isi kedalam pastel gurih ini,sebentar saja dah ludes..Enaaak 😋😋😋 Resep aslinya disini 👇 https://cookpad.com/id/r/16086054 Aku pakai 3x resep,maklum prajurit nya buanyak dan pada doyan 😂 #OlahanBihunWongKito #ArisanCooksnapWongKito_MeyCila #GA_KreasiBihunBeras #Semarak_GAKreasiBihunBeras #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Palembang

Gorengan Udang

Gorengan Udang

Pengen ngemil terus kalo hujan😅walau minyak langka tapi gimana lagi kalo suka banget sama gorengan🥴yuk ini resep yang saya pakai #PejuangGoldenBatikApron #Cookpadcommunity_Bandung #cookpadindonesia #olahanudang

Pastel Bihun Wortel Ekonomis tanpa Telur

Pastel Bihun Wortel Ekonomis tanpa Telur

Jadi 41 pastel 21 langsung digoreng dan disantap 20 digoreng setengah matang jadi frozen food

40 porsi
2 jam
Tempe Goreng Ketumbar

Tempe Goreng Ketumbar

Resep praktis, bisa di stok banyak simpan dalam wadah kedap di chiller, semakin meresap semakin enak.. digoreng garing, cocol pake sambal.. sederhana tapi enak 😍 recook resep @mamafathan 🤗❤ #RamadanCamp_Misi2 #RamadanCamp_MisiDua #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis #PejuangGoldenBatikApron #NgobrasPeda_Risa #MealPrep #TempeGorengKetumbar

Pisang goreng wijen

Pisang goreng wijen

Hujan lebat, bawaannya pengin ngemil terus. Ada 4 buah pisang raja matang. Sedang di rumah ada 5 orang. Berpikir dibuat camilan yang bisa memuaskan 5 mulut. Dibuatlah pisang goreng wijen.

Lumpia isi bihun wortel

Lumpia isi bihun wortel

Cara membuat klik link ini https://youtu.be/OV9Uv3MtwLA

Tempe goreng tepung

Tempe goreng tepung

Ah ini mah gampang, semua orang pasti bisa, suka pastinya..😁

Lumpia Pisang Keju Nutella

Lumpia Pisang Keju Nutella

Masih ada sisa kulit lumpia difrezer, tapi anak-anak pengennya cemilan yang manis. Alhamdulillah, liat resep mbak @manda_evie Lumpia isi Pisang Keju dan Coklat. Wah, cocok banget nih, pas ada pisang kepok dirumah dan juga cek n ricek dapur ada keju slice dan ada nutella. Nah, pas banget nih Alhamdulillah. #BehujahBebayaKaltim2022_MandaEvie #JualanDariRumah #Cooksnap #PejuangGoldenBatikApron #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Bontang #IdeMasak

6 buah
Lumpia Pisang Coklat

Lumpia Pisang Coklat

Yeay stok cemilan nih, bisa di simpen lama dalam freezer tinggal goreng, tanpa buru buru di pagi hari Source: @manda_evie #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Samarinda #KulaEtamCocok #PejuangGoldenBatikApron #BehujahBebayaKaltim2022_MandaEvie #JualanDariRumah #Cooksnap #Week7 #Rennym_pisang

Bakwan sawi putih rebon

Bakwan sawi putih rebon

Kala bingung lauk tengok kulkas tggl sayur sawi putih aja.. puter otak biar bs camilan atau lauk deh ya... sawi putihnya disulap jd gorengan aja lah, walau minyak lg bener2 kaya sultan dah harganya🤔.. Krn masih mudik drmh mertua, jd kali ini andalan ngeluarin draft dulu deh yaa😄, kebetulan pas bisa utk kudapan buka puasa nanti juga ya moms😊 #mingguke9 #PejuangGoldenBatikApron #Kopijos #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

Pisang Goreng Manis Gurih

Pisang Goreng Manis Gurih

Bumbu pada adonan tepungnya bisa diseduaikan dengan selera masing-masing yaa. Ini wangi sekali saat digoreng 😍🤤 #TiketGoldenBatikApron #PejuangGoldenBatikApron

5-6 orang
1 jam
Kulit lumpia isi coklat

Kulit lumpia isi coklat

3 orang
30 menit