Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi yang Lezat

Dipos pada December 22, 2020

Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi

Sore-sore begini enaknya membuat Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi yang mudah Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi memakai 13 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Asik deh ikut kelas roti kurma yg diadakan cookpad bersama Chef Juni Napitupulu @kokiroti beberapa waktu yll. Banyak sekali tips yg dibagikan chef Juni, contohnya gak boleh masukin buah terlalu banyak, maksimal 30% krn gluten dari roti tdk kuat menunjang buah2an yg terlalu banyak, sehingga adonan roti tidak bisa naik. Resepnya sedikit dimodif, gula pasir ditambah karena saya suka roti manis. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Jakarta #BakerRotiKurma Resep minggu ke-9 Golden Batik Apron (28 Maret - 3 April 2022)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi:

  1. 250 gr terigu protein tinggi
  2. 40 gr gula pasir (resep asli cuma 5 gr)
  3. 5 gr (1,5 sdt) ragi instan
  4. 50 gr telur (1 butir telur ukuran sedang)
  5. 100 ml air dingin
  6. 25 gram mentega suhu ruang
  7. 3 gr (1/2 sdt) garam
  8. 75 gr kurma, cincang (jgn ditambah kurmanya)
  9. 25 gr kacang kenari sangrai (iris kasar)
  10. 1/2 sdt pasta kopi (me: pasta moka toffieco)
  11. Topping
  12. Secukupnya wijen putih/hitam
  13. Secukupnya kenari cincang

Langkah-langkah untuk membuat Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi

1
Sangrai/panggang kacang kenari. Saya panggang di air fryer (tanpa minyak), 5 menit di suhu 180 derajat, kemudian diaduk/dibalik, panggang lg 3-5 menit di suhu 180 derajat.
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 1
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 1
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 1
2
Masukkan terigu, gula pasir, ragi instan, telur, dan air dingin. Air dimasukkan 90 ml dulu (bertahap), kemudian mixer dengan speed rendah sampai semua bahan menyatu. Kalau masih berbutir2, tambahkan sisa air, mixer sampai menyatu (berbentuk gumpalan).
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 2
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 2
3
Setelah adonan bergumpal, mixer sampai 1/2 kalis (permukaan mulai halus). Masukkan mentega, garam, mixer lagi sampai tercampur rata.
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 3
4
Masukkan 1/2 sdt pasta kopi, mixer sampai adonan kalis dan elastis (membentuk window pane). Masukkan kurma cincang dan kacang kenari sangrai. Mixer sebentar saja di speed rendah sampai kurma n kacang menempel/menyatu di adonan (sekitar 1-2 menit saja). Note: - pastikan adonan sdh window pane saat kurma n kacang dimasukkan. - kurma & kacang harus sangat menempel/menyatu di adonan.
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 4
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 4
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 4
5
Olesi tangan dengan sedikit minyak. Bentuk adonan menjadi bola, tutup dengan serbet. Jgn lupa olesi juga mangkuk dgn sedikit minyak biar adonan tidak lengket di mangkuk. Istirahatkan sampai mengembang 2x lipat (45 menit - 1 jam)
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 5
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 5
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 5
6
Setelah itu kempiskan adonan, bagi menjadi beberapa bagian (@50 gr). Bulatkan adonan dan gulingkan di atas wijen. Tata di loyang.
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 6
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 6
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 6
7
Proofing lagi adonan selama 30 menit sampai mengembang. Panaskan oven 180 derajat C, api atas bawah. Setelah oven panas, panggang roti selama 18 menit sampai matang (sesuaikan oven masing2). Note: di oven saya 190 derajat, 20 menit.
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 7
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 7
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 7
8
Keluarkan dari oven setelah matang.
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 8
Roti Manis Kurma Kenari Aroma Kopi - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kurma Milkshake

Kurma Milkshake

Bebikinan buat asi booster

1 gelas
Susu Pisang Kurma

Susu Pisang Kurma

May26, 2021 ASI booster dikala anak GTM. Kata sobi Magelang ku (mimi) daripada pusing gimana makan si kecil coba geser dulu fokusnya ke kualitas ASI. Nah ini salah satunya ikhtiar biar asupan bayi ttp terjaga (setidaknya kualitas ASI yg baik membantu daya tahan si bayi) Btw penambahan gula boleh disesuaikan yaa... Klo aku bikin tanpa gula krn udh manis dr kurma dan pisang. Juga biar si bayi bisa ikutan minum si supisma ini #cookpadcommunity_Jakarta #GA_TheNextLevel

Sop Buah Buka puasa

Sop Buah Buka puasa

Ke abang-abang beli es buah mantep banget, jadi pengen bisa bikin dirumah, coba-coba aja haha

2 Orang
235. Roti Kurma Aroma Moka

235. Roti Kurma Aroma Moka

Source: @kokiroti Terima kasih Chef June Napitupulu... atas pelajaran sangat berharga ini.. saya sangat suka penjelasan yg betul2 baru banget buat saya yg buta baking ini. Roti ini hasilnya lembut dan sangat enak sesuai selera keluarga😍😍 #PejuangGoldenBatikApron #Coboy_MakeMeHappy #CookpadCommunity_Surabaya #BakerRotiKurma Week 9

Melted Cheese Dates Dessert

Melted Cheese Dates Dessert

Hi teman-teman, dessert ini saya buat ketika bulan puasa kemarin, karna kurma sangat mudah ditemukan sehingga tercetuslah ide Melted Cheese Dates Dessert. Bisa dibayangin kan gimana rasanya perpaduan keju yg gurih, lumer, melimpah dan kurma yg manis, bner2 ga bisa berpaling ke yg lain!! 😍 Selamat me-recook teman-teman 😊

Puding Susu Kurma

Puding Susu Kurma

Nyisa banyak kurma punya ramadhan, bingung mau dibuat apa, nyoba2 deh bikin puding utk cemilan anak 😁 dan alhamdulillah anaknya suka, jadi lebih berasa kayak makan agar2 rasa sawo πŸ˜ƒ

20 menit
Bolu tape kurma

Bolu tape kurma

Bismillahirrahmanirrahim... Bolu ini kesukaannya pak suami... Baru di keluarin dari oven langsung minta di potongin🀭... Memang enak kalo di nikmati selagi masih baru di keluarin dari oven... Di temani dengan secangkir teh...mmmm...endulita...cobain deh... Pasti besok"nyobain lagi... Tanks mbak...πŸ’™ Source : Ana Rafa Fadhillah #Bolutapekurma #Cooksnap_KalBar #CooksnapSodareKite_KalSel #Cooksnap_KalSel #BerapiBerami_CooksnapSodareKite #CooksnapSodare_AnaRafaFadhilla #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_KalBar #CookpadIndonesia

1 cetak
1 jam 45 menit
Jus Pisang Kurma

Jus Pisang Kurma

Pisang kepok yang kemarin2 masih ada sisa. Hari ini sudah mulai matang jadi harus segera diproses. Pisang kepok baik untuk kesehatan karena kaya vitamin A, C, kalium juga kaya serat... Kebetulan kurma juga masih ada di kulkas. Kurma kaya serat juga zat besi dan banyak manfaat untuk kesehatan... Jus Pisang Kurma sebaiknya segera diminum selesai diblender. Karena kalo ga langsung diminum pisang mudah teroksidasi dan jus juga akan makin kental... Pisang ga beli... Kurma ga beli karena masih ada di kulkas... Madu punya papah juga masih ada... #GA_TheNextLevel #PekanPosbar_MasakSesuaiBudget #BarapiManjuhu #BuaSayur #Cookpadcommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalteng #Cookpadcommunity_Sampit 366 23.5.2021

1 orang
Sop buah syukasyuka

Sop buah syukasyuka

Yang gampang, yang seger, yang banyak disukaaa. Buka puasa hari ke 12. #siapramadan

Energen kurma peyem capuccino (menu takjil)

Energen kurma peyem capuccino (menu takjil)

Udah mendekati akhir bulan ramadhan dan pusing milih menu buat takjil, mencoba memanfaatkan bahan yg ada. Dan rasanya hmmm... Beda dan dijamin pasti langsung jatuh cinta, karna tidak seperti rasa yg pernah ada. Cocok untuk para hati yg ingin move on. #TiketMasukGoldenApron3

2 porsi
Secepat kilat jika kalian gesit
Pai susu kurma

Pai susu kurma

Efek WFH jd banyak waktu dirumah , untuk kudapan buka puasa lebih mantepp buat sendiri, selain hemat, tentu nya kebersihannya terjamin, apalagi ditengah pandemi corona.., lihat2 resep di cookpad terinspirasi dr pai susu teflon , maka jadilah si Pai Susu Kurma .., yg tambah legit dengan potongan kurma diatasnya.., silahkan dicoba ya..

10 sdm Tepung terigu (aku pakai segitiga)
Es Krim Kurma Homemade

Es Krim Kurma Homemade

Es krim ini saya recook atau cooksnap dari mbak Agustin Nur Hasanah.. menurut resep aslinya menggunakan strawberry, namun saya modifikasi dengan kurma, karena kebetulan ada kurma di rumah.. Terimakasih banyak ya mbak Agustin Nur Hasanah atas resepnya β€οΈβ€οΈπŸ™πŸ™πŸ˜ŠπŸ˜Š..Mohon maaf masih berantakan πŸ€­πŸ€­πŸ™πŸ™..

Roti Kurma Aroma Coklat

Roti Kurma Aroma Coklat

Source : KokiRoti Alhamdulillah, menjadi #PejuangGoldenBatikApron tidak pernah sia-sia, banyak sekali ilmu yg didapatkan salah satunya kelas baking bersama chef june @kokiroti 😍. Awalnya dah minder dl karena g ada mixer buat ulen di rumah, tp setelah mendapatkan tips & penjelasan yg gamblang bgt dr chef june akhirnya ngerti juga gmn cara ulen manual yg bisa bikin adonan bisa kalis elastis ky pke mixer. Dulu saya tiap kali ulen kalau lengket pasti saya tambahin tepung lagi, tambah lagi & akhirnya saya ulen cm smpe kalis g smpe elastis. Ngembang memang tp hasil akhirnya g bs kempus2 lembut gt. Nah tips dr chef june kalau adonan lengket, asal takaran sesuai resep lanjut saja uleninnya nanti adonan akan lembut & g lengket lagi ditangan & jika setelah sedikit direntangkan membentuk window pane tandanya adonan sdh kalis elastis. Sebenarnya msh banyak tips yg lain, tp itu yg paling basic menurut saya. Oiya judulnya melenceng dr punya chef june pertama karena g punya stok kenari & pasta kopi saya ganti pakai pasta dcc. Terimakasih resep & tips2 kerennya chef πŸ™πŸ™. Yuk berikut resepnya πŸ‘‡ #SemangcookHokyaHokye #BakerRotiKurma #CookpadCommunity_Semarang #week9

Roti Kurma Kenari aroma Kopi

Roti Kurma Kenari aroma Kopi

Setelah belajar di kelas roti bersama Cheff Juni, sekarang tiba saatnya untuk mempraktekan. Tak sulit buatnya, asalkan mengikuti langkah-langkah yang diajarkan. Hasilnya ... mantap. Kurmanya di irisnya agak besar, hingga masih berasa di gigit. #PejuangGoldenBatikApron #BakerRotiKurma #CookPadCommunity_Jakarta Sumber : @kokiroti

71. Kroket Tempe Kentang Kurma

71. Kroket Tempe Kentang Kurma

Tema #Basidoncek minggu ini mengolah Sayur Dan Buah menjadi kudapan yang lezaat. Kita bikin kudapan β€œKroket Tempe Kentang Kurma” Awalnya Zahwa nya pengen bikin minuman sehat dari Tempe dan Kurma. Baru ingat ternyata yang dibuat itu kudapan. Yah batal deh. Lalu mau bikin cake tempe + kurma, rada rada lama gitu . Setelah berpikir panjang akhirnya memutuskan untuk membuat β€œKroket Tempe Kentang Kurma” Beberapa web di google ada yang bilang tempe itu sayuran ada juga yang bilang tempe itu lauk pauk.. πŸ€£πŸ˜‡ Bikin pusing yaa.. Yang penting di dalam kudapan ada sayuran + buah buahan. Sayuran bisa diambil dari tempe dan kentang sedangkan buah nya dari kurma. Iyaa kurma. Ngk salah baca kok. Penambahan kurma ini untuk menambah nutrisi dalam kroket ini. Rasanya Tetap LEZAT.. Jangan lupa gunakan kurma dengan jumlah ganjil ya, sekaligus bisa jadi sunah. Yeay πŸ₯³ Asikkan masak sambil menjalannkan sunnah πŸ₯° Happy Weekend All πŸ’ƒπŸ»πŸ›΅ #Basidoncek #Babako_BuahSayua #CookpadCommunity_Sumbar #PejuangGoldenApron3

Sop buah kuah orange segar

Sop buah kuah orange segar

Sop buah kita semua pasti tahu, banyak aneka sop buah yg bisa kita beli atau kita buat sendiri di dapur rumah kita. Di sini saya ingin berbagi resep sop buah segar ala saya. Semoga bermanfaat dan salam sehat untuk kita semua.

Sop Buah Simple

Sop Buah Simple

Simple...karena pakai 1 jenis buah saja (stok cuma punya melon sih 😁) sudah bisa jadi sop buah yg segar untuk buka puasa hari ini πŸ˜‰πŸ‘Œ

2-3 porsi
Brownies Kukus Kurma

Brownies Kukus Kurma

Karena pandemi jadi rajin coba-coba resep..Hari ini coba eksekusi resep brownies untuk dijadikan oleh-oleh buat CaMer..semoga CaMer saya suka..maaf tidak ada foto di tiap tahapnya.

30-35 potong