Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bolu Coklat Kurma (Tepung Almond) Cocok untuk Kue Ultah yang Lezat

Dipos pada December 21, 2020

Bolu Coklat Kurma (Tepung Almond) Cocok untuk Kue Ultah

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bolu Coklat Kurma (Tepung Almond) Cocok untuk Kue Ultah yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Bolu Coklat Kurma (Tepung Almond) Cocok untuk Kue Ultah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bolu Coklat Kurma (Tepung Almond) Cocok untuk Kue Ultah, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bolu Coklat Kurma (Tepung Almond) Cocok untuk Kue Ultah bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bolu Coklat Kurma (Tepung Almond) Cocok untuk Kue Ultah biasanya untuk 12 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bolu Coklat Kurma (Tepung Almond) Cocok untuk Kue Ultah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bolu Coklat Kurma (Tepung Almond) Cocok untuk Kue Ultah memakai 13 jenis bahan dan 18 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Anak perempuan saya baru saja berulang tahun yang kedua. Sudah jauh-jauh hari saya mikir mau bikin cake apa buat dia yang sesuai dengan “aliran” kami saat ini 🤣 Akhirnya pilihan jatuh kepada Chocolate Cake. Kenapa? Sebab saya tahu resep frosting coklat yang natural, enak dan kokoh! Untuk kue saya pakai resep Keto Chocolate Cake milik Carine Claudepierre (Sweet As Honey), tapi saya ganti sweetenernya, saya pakai kurma (jadi bukan keto). Sedang frostingnya saya modifikasi resep #anitamakespotsdecreme milik Comfy Belly. Saya kurangi takaran santannya dan saya tambah kurmanya agar krimnya jadi lebih kokoh. Alhamdulillah jadinya sesuai ekspektasi. Untuk resep ini saya menggunakan takaran cup, sendok takar, dan timbangan yah. Selain itu juga diperlukan hand mixer untuk mengocok telurnya. Maaf saya tidak memotret langkahnya satu-satu, nggak sempat, dikejar waktu. Insha Allah kapan-kapan kalau bikin lagi akan saya foto dan update di sini. #anitabakeschococake #bolucoklatsehat #bolucoklatalmond #reseptepungalmond #kueultahsehat #kueultahtepungalmond #bolucoklatkurma #kurma

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Coklat Kurma (Tepung Almond) Cocok untuk Kue Ultah:

  1. 4 butir telur ukuran besar (suhu ruang)
  2. 1/4 cup vco/minyak kelapa
  3. 1/3 cup santan
  4. 1 sdt vanilla ekstrak (saya menggunakan vanilla dari tangkai)
  5. 150 gram kurma (buang bijinya, baru timbang) (RESEP ASLI: 1/2 cup gula keto)
  6. 1 1/4 cup tepung almond
  7. 1/2 cup bubuk coklat kualitas bagus
  8. 1 sdt baking powder
  9. Bahan frosting:
  10. 2 cup alpukat (sekitar satu buah alpukat ukuran besar, atau dua buah alpukat ukuran kecil—seukuran alpukat New Zealand)
  11. 1 cup bubuk coklat kualitas bagus
  12. 16 butir kurma ukuran sedang
  13. 1/4 cup santan (masak/didihkan terlebih dahulu)

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Coklat Kurma (Tepung Almond) Cocok untuk Kue Ultah

1
Siapkan loyang, oles dengan minyak kelapa, kemudian alasi dengan baking paper. Loyang saya berdiamter 18cm.
2
Didihkan air secukupnya, rendam kurma dalam air mendidih. Biarkan selama 5-7 menit. Jika kurma sudah nampak lembut, angkat kurma (usahakan tidak ada air rendaman yang ikut terangkat).
3
Blender kurma bersama dengan santan sampai betul-betul halus. Sisihkan.
Bolu Coklat Kurma (Tepung Almond) Cocok untuk Kue Ultah - Step 3
4
Pada tahap ini saya biasanya mulai menghidupkan oven. Set oven pada suhu 160 derajad Celcius.
5
Di dalam wadah besar, masukkan semua bahan kering (tepung almond, coklat bubuk, baking powder). Aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Sisihkan.
6
Siapkan mixer dan wadah besar. Masukkan telur, minyak kelapa, dan ekstrak vanilla. Kemudian mixer dengan kecepatan tinggi selama 45 detik berbuih (bisa juga dengan whisk, tapi pastikan sampai hasil kocokan betul-betul berbuih seluruhnya). Sisihkan.
7
Masukkan hasil blenderan kurma dan santan ke dalam bahan kering. Menyusul masukkan juga hasil kocokan telur, minyak dan ekstrak vanilla tadi. Aduk balik sampai tercampur rata.
8
Masukkan adonan ke dalam loyang. Hentak-hentakkan loyang sebelum masuk oven. Panggang bolu di rak bagian tengah selama 35-40 menit atau sampai matang (lakukan tes tusuk, jika kayu tusuk keluar mulus atau hanya ada sedikit remahan yang terangkut artinya sudah matang).
9
Jika bolu sudah matang, keluarkan loyang dari oven, lalu keluarkan bolu dari loyang dan dinginkan di atas cooling rack.
10
Sekarang untuk FROSTING-nya. Idealnya frosting sudah dikerjakan sebelumnya, sehingga frosting sudah bisa disimpan di kulkas (agar hasilnya lebih kokoh).
11
Untuk frosting: Buang biji kurma, rendam kurma dalam air panas/mendidih selama 5-7 menit. Jika kurma sudah lunak, angkat kurma, kemudian blender bersama dengan alpukat.
12
Jika sudah betul-betul halus, masukkan hasil blenderan ke dalam wadah, masukkan coklat bubuk dan santan, kemudian aduk balik hingga rata dengan spatula atau whisk. Masukkan ke dalam kulkas agar mengeras dan lebih kokoh. Frosting siap digunakan.
13
Jika ingin membuat bolu coklat ini sebagai kue ulang tahun, dapat membuat dua atau tiga layer. Saya membuat tiga layer. Jadi saya membuat tiga resep bolu secara bertahap (satu per satu).
14
Sebelum didekor, pastikan bagian atas bolu sudah diratakan/diiris rata (sebab pasti akan mengembang naik ketika dioven). Iris tipis-tipis juga bagian tepi bolu, sebab biasanya agak sedikit kering. Pinggiran diiris tipis agar frosting dapat menempel dengan sempurna.
15
Untuk dekorasinya, akan sangat membantu apabila kita mempunyai turn table.
16
Siapkan tatakan kue dari kertas karton (umum dijual di tbk). Oleskan sedikit frosting coklat di tengah-tengah tatakan, baru taruh bolu layer pertama. Kemudian beri frosting di atasnya (usahakan rata yah frostingnya. Ketebalan sesuai selera). Masukkan ke dalam kulkas sampai frosting set (sekitar 15 menit).
17
Kemudian keluarkan bolu dari kulkas, tumpuk dengan layer kedua, beri frosting. Masukkan kembali ke kulkas. Lakukan langkah ini juga untuk layer ketiga. Setelah tiga layer sudah siap, baru rapikan layer pinggir dan atas bolu. Masukkan ke kulkas (jika dibiarkan lama, jangan lupa menutup kue dengan tutup rapat agar kue tidak jadi keras).
Bolu Coklat Kurma (Tepung Almond) Cocok untuk Kue Ultah - Step 17
Bolu Coklat Kurma (Tepung Almond) Cocok untuk Kue Ultah - Step 17
18
Setelah semua set, bolu atau kue coklat ultah siap dihias dan dinikmati. Punya saya alhamdulillah hasilnya memuaskan.
Bolu Coklat Kurma (Tepung Almond) Cocok untuk Kue Ultah - Step 18
Bolu Coklat Kurma (Tepung Almond) Cocok untuk Kue Ultah - Step 18

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

BRUNCH DIET (Sandwich Sehat + Kurma)

BRUNCH DIET (Sandwich Sehat + Kurma)

Haihaiii, kali ini aku mau up sarapan aku hari ini nihhh, sehat , rendah kalori, kenyang, dan nikmat tentunya:) yuk ahh intip pembuatannya, ohiya boleh ikutin aku di Instagram "Putriadinn" disana aku up di ig story menu mulai dari breakfast hingga snacking setiap harinya, soon bakal aku buat 1 highlight khusu program defisit kalori aku, yukk mampir yahh ke ig aku "Putriadinn" ohiya info aja nih, allhamdulilah aku loss 20kg:) yukk mari mulai hidup sehat bonus langsing! Cus lanjut ke resep yah, Jan lupa jepret hasil recook temen-temen yahh:) salam sehat bonus langsing temen-temen:) #menudiet #resepmakanandiet #bekaldiet #brunchdiet #defisitkalori . . Ig:putriadinn

1-2 orang
+-15 menit
Lekker Holland Kurma

Lekker Holland Kurma

Source : Tintin Rayner dan Anif Agustina punya stok kurma melimpah saat bulan Ramadhan.. yukk kita olah jadi kue dan dalam adonan pakai 2 telur krn ada tambahan potongan kurma. makasih ya mba Anif sudah kasi inspirasi buat Lekker Holland Kurma. aromanya enak banget rasanya mantappp lucu unik ... antara cake tp kayak nastar makin terus dipanggang makin enak lho jadi kalau ga langsung habis ga usah kuatir ya mau makan panasin lagi aja di oven 5-10 menit suhu 100 dercel gpp mau dikasi toping kurma lagi atau keju jg gpp enak .. yukk eksekusi cocok juga buat hampers lebaran atau bakulan ya #CookpadCommunity_Tangerang #CocomtangPost #CookpadIndonesia #PejuangGoldenApron3 #Resepclarissa'skitchen_week51 #LekkerHolland

1 loyang uk 22 porsi
Molen Kurma

Molen Kurma

Bismillah.... Sebenarnya resep dasar kulit molen ini sama seperti resep molen saya sebelumnya. Hanya saja ini pakai isian kurma dan tidak menggunakan cokelat bubuk. Kenapa pakai kurma? Karena awalnya kehabisan pisang pas lagi bikin molen buat acara arisan. Padahal adonan kulitnya masih ada. Sayang kan kalau terbuang. Cari cari bahan dirumah yang bisa dijadikan isian molen, lalu munculah ide buat menjadikan kurma yang tersedia di meja untuk dijadikan isian molen. Ternyata enaaakkk. Sekalian untuk setor even Bancaan Ceria Cooking Community Class yg kali ini temanya adalah Olahan Gorengan. #CookingCommunityClass_OlahanGorengan #BancaanCeria3C #CookpadCommunity_blitar #SalamKompakSelalu

Sup buah seadanya🍨🍏🍊🍐

Sup buah seadanya🍨🍏🍊🍐

Mumpung ada apel hijau and sisa buah pir dan jeruk ditambah jambu air jadi pengen bikin sup buah manis deh😀

1 mangkuk
Sup buah sederhana

Sup buah sederhana

suami mau pulang kerja n doyan banget sama es, lihat kulkas stok buah masih di buat es aja, pasti suami seneng bangeet......

1 mug
Setup roti tawar kurma

Setup roti tawar kurma

Roti tawar sehari lagi expired tapi masih ada sisa beberapa lembar lagi. Anak2 sudah bosan rupanya sarapan roti tawar isi selai, mises atau telur 😅. Lihat di atas kulkas ada kurma sisa ramadhan kemarin. Campur2 jadilah cemilan dg penampilan baru 👏 #PekanPosbar #PosbarIdaman #KampungIdaman #DiBuangSayang #CookpadCommunity_Bandung

Es Sop Buah Segeeeer

Es Sop Buah Segeeeer

Siang2 lagi panas2 nya jadi pengen minum yang seger.. kebetulan d kulkas ada Buah-Buahan sama agar agar jadi deh bikin es sop buah yang pasti nya seger dan enak pake banget ..

612.Selai Kurma

612.Selai Kurma

Olahan kurma ini saya jadwalkan untuk semaraknya Clover di sabtu minggu pertama bl april...21 Tema aneka olahan kurma...ide dari Teh @ Eci... Wahh kalau sdh banyak kurma berarti sdh dekat bl Ramadhan..ya...🙊🤭😍 Mencoba bikin selai kurma sendiri...untuk olesan roti .bisa juga..olahan cemilan / cokies...🙏😍 03/04/21 (M.44 _GATNL) Source. DKitchen https://cookpad.com/id/resep/8554833-simple-caramel-kurma-sauce?invite_token=zT3REQoZPNEBDfjZdr2wonn2&shared_at=1617335434 #KurmaKarenaMu #Semarak_KurmaKarenaMu #CloverCookingLovers #TidaSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Bekasi #GA_TheNextLevel Bismilah,

Susu Kurma

Susu Kurma

Percobaan pertama nih moms, silahkan berkreasi ya #TiketGoldenApron3

Selai Kurma

Selai Kurma

Jd aku tu punya kurma dirmh, terus bingung mau dibikin apa , yaudh bkin selai nastar aja dri kurma

Susu kurma

Susu kurma

Ke inget punya kurma dari mama papa, pas babget ada susu full krim, jdilah keinget pernah pengen cobain susu kurma tpi gak beli beli, jdi buat sendiri aja, awalnya gak yakin sama hasil rasanya hehe, tpi alhamdulillah enak menurut aku

1 porsi
5 menit
Puding Susu Kurma

Puding Susu Kurma

Ditantangin teh Ecy semarak clover kali ini bertama kurma..pas momentnya yang mendekati bulan ramadhan..saya bikin puding susu kurma,ternyata enak banget ya apalagi dalam keadaan dingin pas di cuaca gresik yang panas.. Source : Dapur VY #imaimey #imaimeypudingsusukurma #OlahanKurmaImaimey #KurmaKarenaMu #Semarak_KurmaKarenaMu #CookpadCommunity_Surabaya #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLovers

Roti Kurma Kenari Aroma Moka

Roti Kurma Kenari Aroma Moka

Ikutan kelas cheff Jun dapat banyak ilmu perotian, tapi sayang bakat mengulen belom kelihatan mungkin kudu banyak latihan lagi 😅 tetap semangat karna Roti adalah paporit anggota rumah, sejelek apapun akan cepat ludesnya 😁 alhamdulillah #cookingwithlove #PejuangGoldenBatikApron #Minggu10

Susu Kurma Kedelai Hitam

Susu Kurma Kedelai Hitam

terinspirasi dari susu kurma nya teh @nirastorytummy kali ini saya pakai susu kedelai hitam. rasanya tetap maknyus dengan manis alami dari kurma kaya akan nutrisi. #CookpadCommunity_Bandung #BandungCooksnap4_NiraStoryTummy

Sop Buah Buah

Sop Buah Buah

Bingung menu buka puasa apa, kolak udah agak bosan jd bikin sop buah aja.. semua buah yg ada dicampurin hehe

Dates & Chocochips Cupcake (Cupcake kurma & chocochips)

Dates & Chocochips Cupcake (Cupcake kurma & chocochips)

Ceritanya lagi bebikin kue bareng sama ponakan waktu liburan lebaran 2021 kemarin. Berhubung tantenya ini gabut dan bingung mau ngajakin main ponakan apa, yaudah deh akhirnya ku ajakin bebikin kue. Alhamdullilah ponakan antusias, dan suka dengan cupcakenya. Semoga teman-teman suka dengan resepku kali ini.. ^^ #Cookpadcommunity_Malang #taawoniefooddiary #taawoniekitchen

11 Cupcake
Banana Dates Cake

Banana Dates Cake

Ada pisang ambon gede² hampir mateng banget ... kayaknya ga akan habis kita makan begitu aja. Kurmapun masih ada nih, sisa² puasa Ramadhan, daripada nganggur bikinlah Cake Pisang Kurma buat temennya ngupi pagi 🌄🙋

1 loyang
1 jam
Susu Kurma

Susu Kurma

Source @ratnadnachan https://cookpad.com/id/resep/14792971-susu-kurma-asi-booster?invite_token=YfJE5sfWZVKi9XhfBzL8DREx&shared_at=1633321263 #GA_dapurbundaaileen #cookpadcommunity_Tangerang #cocomtangpost #genkpejuangdapur