Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Ayam yang Bikin Ngiler

Dipos pada December 13, 2018

Bubur Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Bubur Ayam yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Bubur Ayam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur Ayam, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Ayam ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Ayam memakai 27 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Ayam:

  1. Bahan ungkep ayam/kuah kuning :
  2. 500 gr ayam
  3. 700 ml air
  4. 1 batang sereh, geprek
  5. 2 lembar daun salam
  6. 4 lembar daun jeruk
  7. Garam, kaldu bubuk secukup nya
  8. Bumbu Halus :
  9. 8 butir bawang merah
  10. 6 siung bawang putih
  11. 2 butir kemiri
  12. 1/2 sdt ketumbar
  13. 1/2 sdt merica
  14. 1 ruas kunyit
  15. 1 ruas jahe
  16. 1 ruas lengkuas
  17. Bahan bubur :
  18. 2 cup beras
  19. 12 cup air
  20. 1 lembar daun salam
  21. Garam secukup nya
  22. Bahan pelengkap :
  23. Kerupuk
  24. Telur rebus
  25. Daun seledri, iris tipis
  26. Bawang goreng
  27. Kecap manis dan sambal secukup nya

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Ayam

1
Pertama2 cuci bersih ayam, sisihkan. Haluskan bumbu halus, lalu tumis dgn minyak secukup nya masukan sereh dan daun salam, daun jeruk, tumis hingga matang dan wangi.
Bubur Ayam - Step 1
2
Beri air, masukan ayam dan juga garam, kaldu bubuk secukup nya. Masak hingga ayam matang.
Bubur Ayam - Step 2
3
Koreksi rasa kuah nya, angkat ayam dan diamkan sebentar. Lalu goreng hingga warna kecoklatan, angkat tiriskan, diamkan hingga dingin lalu bisa disuwir.
Bubur Ayam - Step 3
4
Cuci bersih beras, masukan air, daun salam, garam. Masak hingga menjadi bubur mengental sambil diaduk rata. Jika kurang air bisa ditambah ya.
Bubur Ayam - Step 4
5
Sajikan di mangkuk dgn suiran ayam, kuah kuning dan pelengkap lain nya.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mpasi 5-6 bulan: bubur bayam telur puyuh

Mpasi 5-6 bulan: bubur bayam telur puyuh

untuk komposisinya disesuaikan saja ya moms. aku cuma sekiranya aku ajaa hehe ini aku masak pake baby food processor yaa moms☺️

2 kali makan (pagi & sore)
-+ 30 menit pake bfp
Mpasi 7 bulan : bubur ati ayam labu

Mpasi 7 bulan : bubur ati ayam labu

Foto yang ditampilkan itu yg disimpan dikulkas. Kalau mau disajikan saya tim dlu dan tambahkan asi... #pejuangmpasi

Bubur Kentang Ayam Brokoli

Bubur Kentang Ayam Brokoli

Pertama kali ganti Karbohidrat Kentang 👍

2 porsi
30 menit
Bubur Oat Jahe Kemangi

Bubur Oat Jahe Kemangi

Sebenernya lagi malas masak karena perut terjangkit PMS... Beberapa teman mungkin sama kaya saya, kalau sedang menstruasi, badan rasanya serba salah. Perut bawah kruwes-kruwes, perut atas mau diisi kok menolak.. Biar ga cuma guling guling meratapi nasib (heleh) mulailah saya berguling ke dapur untuk cari obat penenang perut... Sekaligus menggarap PR dari Kelas Obat Herbal dari Dapur sendiri, saya ambil bahan jahe. Jahe memiliki sifat antiinflamasi alami yang efektif mengurangi rasa sakit, juga efek hangatnya bikin perut berasa kalem. Yang langsung terasa di saya sih mual berkurang, badan juga anget jadi perut bawah gak lagi menjerit cuma menggumam aja😂.. Di resep ini selain dari jahe dan bawang putih, aromatiknya juga dari kemangi dan minyak wijen.. hangat dan wangi pokoknya... Apalagi pagi ini mendung dan dingin, cocok banget vibe nya.

1 orang
Bubur oat - oat asin

Bubur oat - oat asin

Buat yang pengen makan oat tapi bosen atau eneg kalo dibikin yang manis-manis. Ini rekomen banget sih, dijamin ga berasa langu oatnya, ngenyangin, dan lebih sehat. Untuk topping bisa modifikasi sendiri ya, misal diganti suwiran ayam, irisan daun bawang, irisan cabai, dll.

1 porsi
3 menit
Bubur beras sehat

Bubur beras sehat

Iseng2 aja Krn ada nasi sisa dan ada kremesan sisa kmrn😁🤭 ....dan akhirnya my boss bilang...oishi 😅🙏🏼

2 atau 3 org
1/2 jam
Bubur Ayam Simple

Bubur Ayam Simple

Berawal dari anak kecil yg flu, sekarang satu rumah flu semua 😂 kebetulan punya ayam dan sisa nasi, langsung aja bikin bubur 😄 Pelengkapnya bisa ditambah ya suka suka yg makan. Bisa pakai abon, cakwe, kacang. Mau polosan juga udah enak. #PejuangGoldenBatikApron

3 orang
Bubur ayam rumahan

Bubur ayam rumahan

Lagi pengen bgt makan bubur ayam,Langsung deh buat sdri di rmh dgn bahan yg ada aja ... Alhamdulillah nikmat bgt rasanya dan pas menurut paksu 🤗

4 porsi
45 menit
Bubur Ketan Putih Kacang Hijau

Bubur Ketan Putih Kacang Hijau

Kacang hijau dicampur beras ketan putih di bikin bubur ternyata enak juga, selain manis, gurih juga didapat tekstur yang lembut . Untuk pemakaian gula disesuaikan saja ya begitu juga santan instan bisa di skip. Gunakan sistim masak 5' 30' 7' agar lebih menghemat gas

8-10 porsi
±60'
Bubur ayam rumahanan

Bubur ayam rumahanan

Pagi2 srapan enaknya makan bubur...eh tertnyata abang bubur langgananku gk jualan...dgn bahan2 yg ala kadarnya gercep buat sarapan bubur utk keluarga dirumah...

7 orang
45 menit
Bubur Praktis

Bubur Praktis

#PejuangGoldenBatikApron

1 org
30 menit
Mpasi 6m+ bubur ati ayam&bayam

Mpasi 6m+ bubur ati ayam&bayam

edisi ngabisin bayam 😬

3 porsi
50 menit
Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Buat kacang ijo ala ala ABC atau ultra jaya anak-anak pasti suka. Bisa juga untuk asi booster buat busui...

Bubur pumpkin (labu kuning) MPASI 8+

Bubur pumpkin (labu kuning) MPASI 8+

#PERMISI #PejuangMPASI kali ini bikin menu simple buat sarapan anakq yg usianya 9 bulan. Yuk cobain bun. Saya pakai sunflower oil untuk menumis, bunda bisa ganti dengan yg ada dirumah ya.. Dan saya biasa nyetok air kaldu ayam kampung difreezer jadi kalau butuh tinggal ambil saja.

1 porsi
20 menit
Mpasi 7 bulan: bubur daging buncis

Mpasi 7 bulan: bubur daging buncis

kali ini aku masak pakai slow cooker ya moms🤗

2 kali makan (pagi & sore)
2 jam slow cooker
154 》Bubur Nasi Enak & Tips

154 》Bubur Nasi Enak & Tips

Duluuuu pernah bikin bubur nasi tapi gatot dan menghabiskan banyak gas karena lwamaa kali prosesnya.. 😁😇 Kali ini alhamdulillah nemu resep dari hasil berselancar di yutub dari berbagai sumber. Coba coba... alhamdulillah jadi... 🥰 Ternyta sangat mudah simpel dan irit waktu tidak sampai berjam2 lama menanaknya. Dan yang pwentiiing rasanya nampol .bangeed apalagi setelah disiram kuah dari daging ungkep yang lalu... amazing.. dijamin kepingin nambah 🥰😘 #BuburNasi #BuburNasiPutih #BuburNasiPutihSiramKuahDagingUngkep #Resepku #BeraniCooking #Homemade #Cookpad #CookpadCommunity_Solo #WongSoloMasak #WihdahJunaeti