Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Kolak Durian yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada February 27, 2021

Kolak Durian

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Kolak Durian yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Kolak Durian yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Kolak Durian, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Kolak Durian di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Durian sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Durian memakai 9 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tak pernah terpikirkan untuk bikin kolak durian ini. Karna durian dimakan gitu aja udah enak. Tapi kali ini terpaksa. Karna aku punya 1 pohon durian montong masih kecil pohonnya, tapi buahnya lebat banget. Nah, kemarin tu pas angin kenceng, pohonnya tumbang bagian atas. Padahal diatas itu ada sekitar 20 buah durian yg masih mentah. Karna sayang kalo dibuang, sama ibuk disimpen aja gitu, dibiarin. Sekitar 10 harian kok keluar aroma duriannya. Pas dibuka ya memang penampakan kayak durian pada umumnya. Tapi rasanya anyep njejeb (tawar). Akhirnya kepikiran dibuat kolak aja. Daripada dibuang mubazir. Lagian aromanya juga masih nyengat, cuma nggak ada rasa manis aja. Maklum, namanya juga durian belum matang udah keburu jatuh. Untuk jumlah duriannya aku nggak ngitung ada berapa. Tapi aku pake 1 baskom sedang durian yang udah dikupas gitu.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Durian:

  1. 1 baskom durian kupas
  2. 2 lembar daun pandan
  3. 1 sdt panili bubuk
  4. 2 genggam mutiara
  5. 1.5 liter air
  6. 130 ml santan kara
  7. 6 sdm gula merah
  8. Secukupnya gula putih
  9. 1/2 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Durian

1
Didihkan air. Masukkan buah durian dan daun pandan kedalam air yg mendidih.
Kolak Durian - Step 1
Kolak Durian - Step 1
2
Tambahkan gula merah dan gula pasir. Aduk sampai gula larut.
Kolak Durian - Step 2
3
Masukkan santan. Aduk terus agar santan tidak pecah. Masak sampai mendidih. Tambahkan sesikit garam. Koreksi rasa. Matikan api.
Kolak Durian - Step 3
Kolak Durian - Step 3
Kolak Durian - Step 3
4
Untuk mutiara, rebus secara terpisah. Rebus sampai mutiara matang dan air menyusut.
Kolak Durian - Step 4
5
Penyajiannya, taruh kolak kedalam mangkok. Beri sedikit mutiara diatasnya. Siap dihidangkan.
Kolak Durian - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

139. Kolak Singkong

139. Kolak Singkong

Hai, Moms.. gimana puasa hari ini? masih lancar, kah? Sekian lama hiatus karena sempat sakit berkepanjangan, hari ini saya mau berbagi resep yang seperti biasa--praktis, mudah dan semua pasti bisa me-recook-nya. Ada persediaan ketela atau singkong di rumah? Pas banget dibikin kolak, loh. Jadi, kolak tuh gak melulu dari ubi jalar, pisang ataupun labu, Moms. Menu satu ini pas banget untuk dijadikan menu pembuka saat berbuka puasa. Gimana cara buatnya? Gak pakai ribet, langsung cek resepnya yaa.. keep scrolling, Moms!!!

Kolak Ubi Jagung

Kolak Ubi Jagung

Untuk ubi ungu di rebus secara terpisah agar warna kuahnya tetap chanttiikk.

6 orang
30 menit
Eggless Date Scones

Eggless Date Scones

Resep ringkes kalau kepepet. Date bisa diganti chocolate chips, kismis atau bahkan tanpa topping apa-apa. Adonan akan sangat lengket dan basah tapi memang seharusnya seperti itu.

8 potong
Es Kolak Roti Simpel

Es Kolak Roti Simpel

Beberapa hari ini cuaca siang sangat panas.. Rasanya kok pengen bikin yang seger2 manis... Pas beli sayur, paman sayur bawa cincau sama roti tawar. Jadi kepepikiran pengen bikin kolak roti.. #KolakRoti #kolaksimple #alfakitchen

4 orang
Kolak Durian

Kolak Durian

Musim durian 🥰 #Semangcookhokyahokye #CookpadCommunity_Semarang #PejuangGoldenBatikApron

1 orang
15 menit
Wedang Lemon 🍋🍋

Wedang Lemon 🍋🍋

Yang hangat lebih nikmat.. Penghancur Lemak Jahat...😀😀😀

Kolak pisang ubi cilembu

Kolak pisang ubi cilembu

Haii moms gmn nih puasanya?? Masih lancar kan?? Mudah2an lancar sampai lebaran ya moms 🥰🥰 Ada ubi cilembu drmh udah lama beli pas ke gunung kidul sayang klo g di olah mau bkin kolak biji salak tp mager bgt moms 😁 kolak ubi aja dlu ada pisang entah pisang apa tp gampang bgt hancur moms 🤦🏼‍♀️ tp rasanya enak pas. Menurut ak ini adalah takaran yg pas selera ak bgt. Yuk di recook 😻

157. Kolak Pisang Kolang Kaling

157. Kolak Pisang Kolang Kaling

#PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bekasi

Kolak labu kuning

Kolak labu kuning

Dalam acara meramaikan posbar olahan aneka buah,, kebetulan ada labu kuning dbawa pk suami pulang kerja,,

Kolak Pisang

Kolak Pisang

Arisan minggu ini dimenangkan @Gliantika 🥳 Saya cooksnap resep kolak nya, hanya saja utk ubi nya saya skip #CookpadCommunity_Jakarta #CookmemberGenkPeDa_Gliantika #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis

Kolak Labu

Kolak Labu

6 porsi
2 jam
Kolak Pisang dan Labu Kuning

Kolak Pisang dan Labu Kuning

Bikin kolak buat takjil buat buka puasa. Allhamdulillah ada pisang sama labu kuning. #PejuangGoldenApron3

3 mangkuk
30 menit
Bubur jagung realfood

Bubur jagung realfood

#diet_kenyang

Kolak pisang palembang

Kolak pisang palembang

2 porsi
1 jam 20 menit
Sarapan Sehat Plain Yogurt

Sarapan Sehat Plain Yogurt

Banyak cara menuju sehat, salah satunya memilih menu sarapan yang tepat, sehat, enak, mengenyangkan

Kolak Sukun

Kolak Sukun

masih musim sukun, dapat kiriman dari kampung. Selain digoreng, kami juga suka sukun di bikin kolak pakai gula merah. Bikinnya yg simpel saja dg bahan yang ada di rumah 😊 GA_TheNextLevel

Nasi Briyani #bikinramadanberkesan #day5 #seninsemangat

Nasi Briyani #bikinramadanberkesan #day5 #seninsemangat

Dapat oleh2 dari saudara di Qatar, beras basmati beserta bumbu2 nya. Kebetulan bgt kita bisa masak nasi khas Timur Tengah di bulan ramadhan ini #bikinramadanberkesan Tapi stok dagingnya cm sedikit, soalnya pas belu niatnya mau masak kebuli buat 2 piring,eh rezeki malah dikasih paket nasi briyani. Jadi kalo bisa daging kambingnya 500gr ya biar air kaldunya lebih gurih.

12 porsi