Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) yang Enak Banget

Dipos pada October 27, 2020

Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam)

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kira-kira porsi penyajian Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) sekitar -+ 3-5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, perkiraan waktu untuk memasak Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) memakai 24 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Siomay atau batagor goreng nyaa tanpa ikan tapi rasanya ngikan,, kok bisa? Karenan didalam adonannya ditambahkan kecap ikan jadi dehh rasanya ngikan,, hihihi😁🀭, dalemnya lembut luarnya garik rasanya ngikan pokoknya mantull,, apalagi dicocol atau disiran dengan sambal nyaa,, enak bangett,, antigagal deh pokoknyaa... 😁 Source: yt Devina Hermawan Marii dicoba resepnyaaπŸ˜‰

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam):

  1. Bahan Adonan
  2. 150 gr tepung terigu pro sedang
  3. 50 gr tepung beras
  4. 500 ml air
  5. 40 ml minyak panas
  6. 3 siung bawang putih, parut/haluskan
  7. 1 batang daun bawang, iris
  8. 2 sdm saus tiram
  9. 3 sdm kecap ikan
  10. 1 sdt garam
  11. 1 sdm gula
  12. 1/2 sdt merica
  13. 2 sdt kaldu bubuk
  14. 1 butir putih telur
  15. 100 gr tepung tapioka
  16. Secukupnya kulit pangsit
  17. Bahan Sambal
  18. 4 siung bawang putih
  19. 15 buah cabai rawit merah
  20. 2 buah cabai merah
  21. 4-5 sdm cuka
  22. 3 sdm gula
  23. 200 ml air atau secukupnya
  24. Secukupnya garam dan kaldu bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam)

1
Sambal: blender atau haluskan setengah dari cabai rawit hingga halus, setelah halus masukkan sisa cabai dan blender kasar, lalu tambahkan cuka, gula, garam dan kaldu bubuk, aduk rata. Kemudian masak sambal hingga air berkurang, dan matang, koreksi rasa. Angkat.
Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) - Step 1
2
Adonan: dalam panci masukkan tepung terigu, tepung beras dana air, aduk rata lalu masak sambil terus diaduk dgn api sedang sampai adonan menyatu atau hingga membentuk adonan, sisihkan hingga hangat.
Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) - Step 2
3
Dalam wadah masukkan bawang daun lalu siram dgn minyak panas, tambahkan bawang putih, aduk rata, tambahkan kecap ikan, saus tiram, garam, gula, merica lalu aduk rata. Kemudian jika sudah tidak panas masukkan putih telur, aduk lagi menggunakan sumpit hingga rata.
Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) - Step 3
4
Lalu masukkan tepung tapioka, aduk. Setelah adonan tepung hangat tambahkan ke dalam adonan tadi, aduk atau uleni hingga rata. Note: kalau adonan terlalu kera sbisa tambahkan sedikit air dan jika adonan terlalu cair bisa ditambahkan sedikit tepung tapioka.
Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) - Step 4
5
Panaskan minyak, lalu ambil selembar kulit pangsit, isi dengan 1 sdm adonan siomay, ratakan adonan di ke 4 sisi, lalu lipat agar membentuk 4 sisi. Lakukan hingga semua selesai.
Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) - Step 5
Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) - Step 5
6
Setelah minyak panas, goreng siomay menggunakan api sedang ke kecil, hingga matang, setelah matang angkat dan tiriskan.
Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) - Step 6
7
Sajikan siomay gorenv dengan cocolan atau siraman samball,, enakk simplee lagii..
Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) - Step 7
8
Yummy!
Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) - Step 8
9
Slamat mencobaaa πŸ˜‰πŸ˜
Siomay / Batagor Dos (tanpa ikan & ayam) - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Nugget Pisang

Nugget Pisang

(resep 368) Masih edisi ngabisin pisang yg udah kematengan nih. Searching resep eh masih ada cookmark nya Pipit @TrianaFitriaResep yg belum dieksekusi. Emang belum nyobain juga sih naget pisang itu kayak gimana. Eh enak juga loh πŸ˜‹. Source: Triana Fitria Dewi -110921- #cookpadcommunity_tangerang

Singkong goreng renyah

Singkong goreng renyah

Punya singkong tapi bingung dibikin apa?yuk recook mom

2 porsi
60 menit
Cireng Isi Mie

Cireng Isi Mie

by Utari Agustini

Pisang goreng mantap gurih crenyesss enakkk poll βœ¨πŸ‘πŸ‘

Pisang goreng mantap gurih crenyesss enakkk poll βœ¨πŸ‘πŸ‘

Hi bund biasa aku masak dg pisang uli/bangkahulu. 5 ribu sudah dapat 1 sisir. Sedangkan pakai pisang tanduk 5k 1 buah. Krn penasaran aku coba dengan resep bumbu yang sama. Rasanya maknyusss..bikin ketagihan dan cara masakny simple bgttt 5-10menit sudah jadi πŸ‘πŸ˜˜ Aku selalu pakai tepung sasa pisang goreng, sempat dapet rekomen kaka ku pakai tepung bumbu pisang goreng merek adabi (yg kemasan kuning) tp kalo aku pribadi kurang cocok ya. Lebih cocok pakai tepung sasa.

3 porsi
10 menit
Lumpia Sayur Tahu Simpel

Lumpia Sayur Tahu Simpel

Sayuran yang tersembunyi dalam kulit lumpia yang renyah, ternyata laris manis diserbu anak-anak di rumah. Lumpia sayur ini enak buat snack pengganjal perut di sore atau pagi hari. Walau boleh aja simpel bahan dan cara buatnya, tapi gak kerasa kalau satu potong aja kurang, dan udah nambah lagi nih... #CemilanSayur #LumpiaSayur #TetepKenyangTanpaNasi #CookpadCommunity_Solo #CookpadCommunity_Depok #BulanKemerdekaanIndonesia #PatunganResep #KampungIdaman #BerbagiBahagia #PPKMBarengCookpad #CookpadCommunity_Solo #Cookpad #CookpadIndonesia #MasakanNusantara #MasakItuSaya #resep_RhymerwidKitchen

15 buah
1 jam 30 menit
Mendoan khas Cilacap

Mendoan khas Cilacap

Setiap pulang ke rumah mama di kampung pasti makanan ini yang selalu jadi favorit q dan suami..😊..karena rasa nya yang enak,gurih dan gak bikin bosen..

Dadar Jagung (Bakwan Jagung) manisss... semanis dirimu... πŸ˜πŸ˜πŸ˜†

Dadar Jagung (Bakwan Jagung) manisss... semanis dirimu... πŸ˜πŸ˜πŸ˜†

Cemilan atau lauk satu ini, memang cocok di segala suasana... sarapan bisa, makan siang bisa. makan malam bisa, cemilan sore pun bisa, πŸ‘πŸ˜‹ bisa ditambah udang kalau ada budget lebih.. πŸ˜‰ resep ini bisa dimakan segala usia... dari dedek kecil sampai kakek buyut... ☺️ banyak versi rasa untuk panganan satu ini, ada yang asin. ada yang gurih, ada yang manis, ada yang pedas.... di resep ini, saya lebih condong ke manis, semanis si manis jembatan ancol... πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†... cekidottt lah.... πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

kira" 20 biji
1 jam
*Resep Gorengan Nasi*

*Resep Gorengan Nasi*

Sabtu 23-10-2021.... Memanfaat nasi sisa yang kalo dibuang sayang jadi dibikin gorengan nasi ala dapur kobe. Akhirnya terselamatkanlah nasi sisanya menjadi sesuatu olahan yang baru dan enak. Source : Dapur Kobe #PekanPosbar #MasakSetiapBagian #DibuangSayang #CookpadComnunity_Depok #BagikanInspirasimu #MasakItuSaya

Bakwan Sayur

Bakwan Sayur

Saya suka sayur, jadi kalau masak bakwanpun lebih suka yg sayur. Murah, meriah, enak πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ‘ Resep andalan juga kalau mau masak sayur kering. Nah, biasanya saya gk pakai takaran yg pasti, selalu kira2 saja. Kalau kebanyakan air, tinggal tambah tepung dan sayurnya. Gitu aja 😁😁 Jadi takaran diresep ini bisa ditambah kurang sesuai selera yaaaa. Tapi utk pemakaian Tepung Terigu dan Tepung beras, saya selalu pakai skala 3:1 (Terigu 3 sdm : Tepung Berasnya 1 sdm).

Risol Bihun (pakai air fryer)

Risol Bihun (pakai air fryer)

Sebenarnya ini lebih tepat disebut lumpia karena kulitnya tipis renyah, tapi entah kenapa tukang gorengan menyebutnya Risol Bihun. Terserahlah apa namanya yaa.. yang penting enak πŸ˜€ Terinspirasi oleh resep dari mbak @ika_ummuazzam aku bikin risol bihun ala abang gorengan ini. Kutambah wortel biar lebih berwarna dan bernutrisi. Dan karena sudah harus diet minyak goreng sementara gorengan jenis risoles atau lumpia begini sangat menyerap minyak, aku goreng pakai air fryer. Hasilnya tetep enak. Renyah dan ringan minim minyak. Yuuk cobain... #tetepKenyangTanpaNasi #CookpadCommunity_Bandung #mbantuk_karbo #mbantuk_kuetradisional

Gorengan daun bayam

Gorengan daun bayam

Di karenakan bayam di kebun tumbuh subur,ya jadilah di bikin gorengan Klo di sup pada ga mau...ga doyan Klo di bikin gorengan enak aja gitu😁

banyak
30menit
#5. Pisang Goreng Ala Lilis Penajam

#5. Pisang Goreng Ala Lilis Penajam

Assalamu'alaikum. Kali ini aku ngeshare pisang goreng yah 😁😁 silahkan di coba

2 orang
1 jam
Gorengan Udang Gimbal

Gorengan Udang Gimbal

Nginep dirumah mama udah hampir 2 Minggu, nungguin papah masuk RS, buat sarapan cek kulkas mama ada udang sedikit, kalau ditumis jadi nya dikit banget, biar jadi banyak dibikin gini aja, serius enak banget..

17 buah
Tahu Aci (Tauci)

Tahu Aci (Tauci)

Bahan tahu itu selalu ada di rumah. Daripada dimasak untuk lauk terus, bagus dibikin cemilan biar cepet habis ya kan... 🀭

2 orang
30 menit
Bakwan Udang Sayuran

Bakwan Udang Sayuran

Bakwan snack gurih favorite anak-anak. Kali ini saya tambah topping Udang kecil. #SayangAnak #CookpadCommunity_Jakarta

20 pcs
30 menit
Cireng isi ayam suwir simpel

Cireng isi ayam suwir simpel

Jadi mba aku beli cireng, kok 20k dikit bgt, kecill lagi. Gregett sendirii akunyaa. Akhrnya buat alakadarnyaa ajaa si, seadanya bumbu dirumah. Langsung ajaaaa dehhh

30an biji
1 jam an
Ampal jagung

Ampal jagung

Resep by#Risda #CookiesPlesiran_Kalsel #CookpadCommunity_Tangerang #TetepKenyangTanpaNasi Alhamdulilah sudah musim hujan ya Nyemil yg hangat2 nikmat nih Buatnya mudah Mantap dehπŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€€

5. Pastel mini abon kriuk

5. Pastel mini abon kriuk

Dikasih saudara abon lumayan banyak dan bosen kalo dijadikan lauk terus, okee kita olah jadi cemilan aja yuk

1 toples
2 jam
Martabak tahu ayam

Martabak tahu ayam

Masih menu tahu, 1/4 bagian lagi aku buat martabak tahu ayam. Jadi 8 buah ya. Martabak tahu sultan kata aku mah ini pakai ayam fillet pantesan suamiku bilang enak, padahal biasanya gak nyolek. Posting ini buat meramaikan GA bersama komunitas paders. Semoga teh opi makin banyak lagi cooksnapnya 😘😘. Sumber : @opibun #GoDa_Paders #GoDaanGA_BuJend #Cookpad_Paders #KomunitasPaders #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia

8 buah