Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) yang Anti Gagal

Dipos pada November 19, 2021

Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7)

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) memakai 30 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Setiap 10 Muharram, umat Islam di Kalimantan Selatan menggelar tradisi khusus, yakni Puasa Asyura. Tak hanya berpuasa, orang-orang Banjar juga biasanya merayakan dengan membuat makanan spesial yakni bubur asyura. Tradisi memasak Bubur Asyura ini selalu dilakukan bersama-sama. Di Banjarmasin, biasanya warga berkumpul untuk memasak bubur tersebut di masjid-masjid kemudian membagikannya ke warga sekitar. Namun sebelumnya, bubur yang sudah matang didoakan bersama dengan dibacakan doa selamat. Setelah itu barulah bubur dibagikan. Sebetulnya aslinya bubur asyura ini ada 41 macam bahan,sayuran, kacang2an dll,berhubung di banjarmasin masih ppkm,ngk ada acara bikin bubur rame2,jd aku bikin sendiri aja di rumah,aku bikin yg simpel aja..memanfaatkan bahan yg ada,bisa ikut meramaikan hari Asyura ini dan program #CookpadCommunity_Kalsel #BamasakBaimbai #MaAsyura Resep bubur Asyura ini dari Almarhumah mamaku,tp metode pembuatannya dngan metode 5,30,7 jadi irit gas dan waktu. Aku dan suami hari ini puasa,anak2 tidak..setelah selesai langsung di makan sama anak2..lupa berhenti makannya😁...sisakan buat kami berbuka ya nakπŸ˜†πŸ˜† #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #RecookOfTheWeek

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7):

  1. 3 takar beras
  2. 2 Sayap ayam/ceker
  3. Air
  4. 2 lembar daun salam
  5. 1 batang serai
  6. 1 batang kayu manis(3cm)
  7. 1/2 bawang bombay(optional)
  8. Sayuran:(apa yg ada di kulkas)
  9. Kacang panjang(potong2)
  10. 1 buah Jagung(dipipil)
  11. 1 buah Wortel(potong dadu kecil)
  12. 1 buah kentang(potong dadu kecil)
  13. Daun bawang(potong2)
  14. Seledri(potong2)
  15. Bahan bumbu halus:
  16. 6 siung Bawang merah
  17. 4 siung bawang putih
  18. 4 butir kemiri
  19. 1 ruas kunyit
  20. 1 ruas jahe
  21. 1/2 sdt ketumbar bubuk
  22. 1/2 sdt merica bubuk
  23. 1/2 sdm bumbu karih banjar instan(jintan,adas,kapulaga,pala)
  24. Garam
  25. Gula
  26. Kaldu jamur
  27. Pelengkap:
  28. Telur rebus
  29. Bawang goreng
  30. Sambal pedas

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7)

1
Siapkan bahan2,Dalam panci(yg besaran)cuci beras,kasih air(3 ruas jari diatas beras),rebus,pas mendidih tutup panci,masak selama 5 menit,matikan api,diamkan 30 menit(tutup jngn dibuka)
Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) - Step 1
Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) - Step 1
Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) - Step 1
2
Sementara menunggu 30 menit,haluskan semua bahan bumbu halus(aku blender dngn sedikit air). Kemudian tumis hingga wangi,masukan serai,kayu manis,daun salam,bawang bombay dn sayap ayam,aduk kemudian masukan sayuran,beri air secukupnya buat merebus.Aduk dan masak hingga sayap ayam dan sayuran matang,sisihkan.
Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) - Step 2
Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) - Step 2
Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) - Step 2
3
Setelah 30 menit buka panci beras yg dimasak td,masukan tumisan bumbu dn sayuran(jika kurang air boleh di tambah lg tergantung jenis berasnya),tes rasa,tutup dan masak lg 7 menit(dihitung dari bubur mendidih).
Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) - Step 3
Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) - Step 3
Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) - Step 3
4
Setelah 7 menit,matikan kompor,masukan daun bawang dan seledri aduk rata,siap disajikan dngan irisan telur rebus,bawang goreng dan sambal pedas.
Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) - Step 4
Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) - Step 4
Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) - Step 4
5
ManthabπŸ‘
Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) - Step 5
Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) - Step 5
Bubur Asyura Khas Banjarmasin (Metode 5.30.7) - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cincau Creamy

Cincau Creamy

#ga_thenextlevel #cookpadcommunity_denpasar #cookpadcommunity_bali #homemadeisbetter #citarasadarirumah Ramadhan kemaren sempet bikin cincau creamy gini. Asli enak banget.

Nastar

Nastar

#nastar #kuelebaran #ramadhan #cemilan

Batagor Simple Kulit Pangsit

Batagor Simple Kulit Pangsit

Krn bingung cari bekel camilan utk pak suami... tengok dikulkas ada tahu, kulit pangsit dan kacang tanah... cari2 resep ketemu jodoh sm resepnya mb @ratnadnachan yg super kilat dan simple cm aku modif aja dikit yaa krn nama batagor itu kan kepanjangan dr bakso tahu goreng, jd kurang afdol kalo enggak pake tahuπŸ˜‚πŸ˜‚ mumpung ada tahu jg ding ya..hehe Pas jg buat menu buka puasa, anak2 pun juga sukaa.. ikut meramaikan GA nya deh yaa😁 Source: https://cookpad.com/id/resep/14632764-batagor-ekspres-dengan-kulit-dimsum?invite_token=nV8jqV14KLnJ2UFzxYboXr2Q&shared_at=1633419804 #GA_DapurBundaAileen

Iga Bakar Kecap

Iga Bakar Kecap

#HappyEidMubarak1442H πŸ™πŸ™πŸ’πŸ’ #GA_TheNextLevel Assalamualaikum moms,,, sahabat Cookpaders semuanya,,, πŸ€—πŸ€— saya mau mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H bagi yang marayakan,, Minal Aidin wal Faizin Mohon maaf lahir dan batin πŸ™πŸ™πŸ€—πŸ˜˜ (walaupun sudah telat karena kesibukan lebaran πŸ€­πŸ˜…) Posting resep perdana setelah Ramadhan,, dan dipenghujung #GA_TheNextLevel yang sudah hampir nyampe finish hihihi asik,,, udah nyampe Minggu ke 51 πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽŠπŸŽŠ Back to recipe,, serius moms ini enak banget bangeet,,, πŸ˜‹πŸ˜˜ udah beberapa kali buat dan selalu laris manis 😁 bisa jadi stok, kalau mau disajikan baru dibakar atau dipanggang,, semakin lama bumbu semakin meresap.. recommended πŸ‘πŸ‘πŸ˜‰ #GA_TNL_Weeks51_R67 SC : Youtube Devina Hermawan

Daging sapi masak habang

Daging sapi masak habang

Alhamdulillah 1 muharram 1443. Dan alhamdulillah princess dan suami juga lagi puasa. Mikir2 mau masak apa, trpikirkan mau masak nasi kuning pakai lauk masak habang (karena difreezer penuh dgn daging2, jdi ceritanya mo ngurangi gitu). Tp mon maap potongan dagingnya kebanyakan abstrakπŸ˜‚, utk potongan bisa teman2 usahakan dgn bentuk yg lebih baik yaa😊 Utk resep sperti bahan dan cara masak sumbernya dari mamake (dan smua bahan serta bumbu pakai sistem ngira2). Jadi, princess recook dgn sistem ukuran yg menurut princess udah pas.

5-7 orang
2 jam/lebih
Misoa Udang Goreng Panir

Misoa Udang Goreng Panir

Hidangan buka puasa asyura hari ini, kita buat gorengan. Si abang yang ikut puasa hari ini biasanya suka berbuka dengan gorengan. Biar lebih semangat lagi kalo ada puasa-puasa sunnah selanjutnya, kali ini dibuatkan gorengan. Ada stok misoa dirumah, mari berkreasi. Resep ini saya dapat dari adik ipar, katanya ngambil dari cookpad tapi gak disebutkan namanya. Jadi, bagi yang merasa resep ini seperti punyanya, mohon izin saya share resepnya ya. Dengan sedikit modifikasi sana sini.

Kolak Pisang Ubi

Kolak Pisang Ubi

Kebetulan dibawain kakak ipar pisang tanduk dari kebon sendiri dan ada stok ubi oranye sisa 2 buah. Kepengen yang manis manis untuk berbuka puasa nanti sore jadi langsung deh bikin. #TiketGoldenBatikApron

*Ongol-Ongol Ubi Ungu*

*Ongol-Ongol Ubi Ungu*

Jum'at 09-07-2021 ... Minggu ini pekan posbarnya tentang aneka jajanan pasar dan kebetulan ada ubi ungu yang cuma sebiji....ya akhirnya kepikiran untuk dibikin ongol-ongol aja, enak kenyil-kenyil dan bisa sekalian buat buka puasa deh.. Yuuk mari kita lestarikan aneka macam jajan pasar tradisional yang legendaris agar tak tergerus oleh Zaman yg makin canggih ini. Karena kalau bukan kita siapa lagi yg akan melestarikannya.,..iya kan. Source : CY. Hobby Masak #PekanPosbar #PekanPosbar_JajananPasar #CookpadCommunity_Depok

Kolak pisang

Kolak pisang

Berasa bulan ramadhan ya klo liat menu yang beginian... 😁 Ceritanya kemarin ada yg ngasih pisang nangka, jd lah akoh eksekusi jadi kolak aja.. kebetulan paksu suka banget Ama makanan ini. Apalagi klo kolaknya dimasukin kulkas dulu.. jd tambah enak.. dingin, manis legit dari kuah santannya..🀀 (dasar akoh ga bs nolak klo ada makanan manis.. )

Tumis Udang Bumbu Kuning

Tumis Udang Bumbu Kuning

20 Ramadhan. Source : Devi Ovillia

Sirup GUla Merah

Sirup GUla Merah

Bikin ini untuk persiapan buka puasa biar cepet bikin takjilnya #PejuangGoldenApron3

250ml
15 menit
Kacang bawang renyaahhh

Kacang bawang renyaahhh

Resep lamaaa yang baru di posting 😁. Ini mengolahnya seminggu setelah lebaran yang mana kacangnya hampers lebaran dari sahabat yang datang di bulan puasa kemarin dan bawang putih gorengnya pun hadiah dari ibu Simo πŸ€— tengkyuu sahabat baik & ibu kuuu 😘barakallah semoga rejeki kalian bertambah dan keluarga sehat selalu...aamin☺ Source : Dapur Deis https://cookpad.com/id/resep/14998159-kacang-bawang-daun-jeruk-renyah?invite_token=LojoFjWgiNTG6KBoGsBbwUd7&shared_at=1622806401

Es Kuwud Seger

Es Kuwud Seger

Es kuwud ini salah satu minuman yg pernah dijual saya dan almarhumah ibu ketika bulan puasa, buatnya simpel, bahan2nya pun banyak dipasar dan pastinya cocok juga buat buka puasa atau bisa juga buat ide jualan okeyu.... cek this out....

Menu sahur sehat ibu hamil

Menu sahur sehat ibu hamil

Bumil itu repot mkn ikan pas bngun tidur pasti eneg bgt.naahh kalo vegan kn seger😘gizi jg cukup..

2porsi
15mnit
Oseng putih telur sambal goreng πŸ˜‹

Oseng putih telur sambal goreng πŸ˜‹

Banyak putih telur di rumah, karena sering buat kue, dan putih telurnya nggk kepake, jadi saya punya ide untuk menjadikanya menu buka puasa untuk keluarga, simpel dan pastinya enakπŸ˜‹

keluarga
15mnt
Boba Homemade

Boba Homemade

Baru kali ini buat Boba, dan ternyata mudah cara pembuatannya cuma ya memang harus sabar dan telaten 🀭 maaf ya saya ala kadarnya πŸ˜… gak terlalu persis tapi ini sudah sangat cukup mengobati rasa penasaran saya pada Boba 🀭 Saya gak pernah beli minuman2 kekinian gt jadi ya memang baru merasakan ow gt to rasanya dan tekstur Boba ternyata enak juga πŸ€€πŸ˜„ ank2 pun suka apalagi yg saya buat pky Boba ini kopi susu Boba pas juga buat hidangan berbuka puasa mereka. mereka bilang seger sekali ada bola2 kenyalnya 🀭 thanks ya mba @NayNay2020 inspirasi resepnya terimakasih lho sudah berbagi πŸ€—πŸ˜˜ Kalo mau lihat resep aslinya di sini ya πŸ‘‡ Source: @NayNay2020 https://cookpad.com/id/resep/15127972-boba-homemade?invite_token=TFxJXbYtisFVacXyBgCa51qi&shared_at=1624155860 #MasakItuSaya #Resep_Mamaraffiyya #KupasHabisResep #Boba_NayNay #RecookBubuhanKaltim #BubuhanKaltim_NayNay #KulaEtamCocok #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_KutaiKartanegara

4-5 orang
45 menit
Kolak pisang kacang hijau dan kolang kaling #takjil #menuBukaPuasa

Kolak pisang kacang hijau dan kolang kaling #takjil #menuBukaPuasa

ini sebenernya ada kolang kalingnya juga, cuman nggak kelihatan... ngumpet, mungkin malu... 😌

Cah Udang Brokoli Saos Tiram

Cah Udang Brokoli Saos Tiram

Menu sahur sehat, praktis, dan cepat. Alhamdulillah suami lahap. #PekanCooksnap #CookpadCommunity_Jakarta Source: @xanderskitchen , @arumyusia

3 orang
20 menit
Udangsauspadang

Udangsauspadang

Yes, minggu terakhir dalam kompetisi, walaupun kota jayapura punya jaringan internet sedang puasa lbh dari 1bulan, apa daya, berusaha sabarrrrr, semoga cepat normal kembali, bisa bisa like & coment resep teman teman cookpad. #udangsauspadang #PejuangGoldenApron3