Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Bubur Irut Ubi Jalar yang Anti Gagal

Dipos pada December 7, 2018

Bubur Irut Ubi Jalar

Hari ini saya akan berbagi resep Bubur Irut Ubi Jalar yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Bubur Irut Ubi Jalar yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur Irut Ubi Jalar, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Irut Ubi Jalar ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Irut Ubi Jalar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Irut Ubi Jalar memakai 6 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tepung irut, yang juga disebut tepung garut, angkrik, atau arrowroot, selain bisa dibuat kue kering juga berkhasiat untuk mengobati sakit perut dan gangguan pencernaan. Ditambah ubi jalar, cocok untuk sarapan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Irut Ubi Jalar:

  1. 2,5 sdm tepung irut + sedikit air
  2. 500 ml air
  3. 100 g gula merah/gula aren
  4. 1/4 sdt garam
  5. 2 buah ubi jalar ukuran sedang
  6. 1 lembar daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Irut Ubi Jalar

1
Rebus gula, air, daun pandan, dan garam dalam panci sampai mendidih dan gula larut. Saring untuk menghilangkan kotoran yang terbawa gula.
2
Sambil menunggu larutan gula mendidih, kupas ubi jalar dan potong-potong dadu. Rebus selama 10 menit, angkat, tiriskan. Bisa juga dikukus.
3
Larutkan tepung irut dengan sedikit air, sekedar tercampur saja.
4
Masukkan larutan gula dan ubi rebus dalam panci. Nyalakan api, sedang saja. Tuangkan larutan tepung irut dan langsung diaduk-aduk pelan agar tepung irut tidak menggumpal. Aduk terus sampai bubur menjadi berwarna bening dan meletup-letup.
5
Angkat. Sajikan hangat.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Pati Singkong Pandan

Bubur Pati Singkong Pandan

Assalamualaikum,wr.wb,,,, Sobat Cookpaders,,,, Alhamdulillah,,,, Minggu kemarin bisa rame2 bareng Author Cookpad ikut belajar online bersama Chef Wira Hardiyansyah dalam Tema "#TetepKenyangTanpaNasi" Spesial dari dapur saya,menu "#TetepKenyangTanpaNasi" Saya mau ajak Sobat Cookpaders buat #TetepKenyangTanpaNasi dengan menu Bubur Pati Singkong Pandan ala dapur Madura Bahan utamanya Pati Singkong/Endapan Singkong atau jika Endapan Pati Singkong dijemur disebut Tepung Tapioka Selain terbuat dari Pati Singkong, ditambahkan juga parutan singkong, tepung maizena,lalu disiram Kuah Santan Manis Bubur Pati Singkong Pandan ini,bisa jadi pilihan "#TetapKenyangTanpaNasi dan bisa disajikan,dinikmati disegala usia dan suasana #Mbois_SerbaUmbi #MboisCoboy_SerbaUmbi #CoboyMbois #CoboyWani #Coboy_Cooksnap #Cooksnap #Cookpadcommunity_surabaya #Cookpadcommunity_madura

Bubur nasi

Bubur nasi

Ada nasi sisa kemaren...biasanya aku bikin nasgor..tp koq lama2 ya bosen walau sudah nyoba beberapa resep nasgor...iseng2 nyari resep bubur nasi..lupa waktu itu punya siapa...dengan sedikit modifikasi,jadilah bubur nasi ini..dengan toping ayam (sisa opor kmrn) sama cakwe tanpa ragi...aku masak buburnya pake slow cooker..jadi bisa disambi nyiapin yg lain..

kurleb 5 orang
MPASI 7+ Bubur Ayam sayur brokoli

MPASI 7+ Bubur Ayam sayur brokoli

Anak suka bosen dengan menu makanan yang itu2 saja.. kali ini saya mau membuat menu mpasi 7+ dengan bahan seadanya dikulkas tapi tetap juara gizi nya heheh...

2 orang
20 menit
Bubur Daging Sapi Jagung Manis Mpasi 6 bulan+

Bubur Daging Sapi Jagung Manis Mpasi 6 bulan+

Gak nyangka iseng bikin eh anakku suka bgt soalnya ada manis2nya dari jagungnya 😍

3 porsi
20 menit
Bubur Sederhana Enak

Bubur Sederhana Enak

Uppss gawat.. Si kecil tiba² demam tengah malem, setelah diberi penanganan pertama, demamnya turun tandanya keluar keringat banyak. Biasanya si kecil mulai haus dan lapar (karena cairan dalam tubuh keluar dari keringat dan organ tubuh didalam bekerja maksimal untuk menetralkan suhu tubuh yg upnormal). Dan biasanya kl anakku minta makan dan minta dibuatkan bubur. Makannya aku biasa nyetock bubur instan. Tapi pas malem itu stock bubur instannya kehabisan. Duhh mau beli udah pada tutup. Jadi yahhh inisiatif aja bikin bubur dengan bumbu ala kadarnya. Ehh ternyata malah jadi menu andalan utk si kecil dikala sakit. Oke.. Yuk moms intip resepnya, inshaa Allah mudah buatnya dan semoga anak² suka yahh 😊

2 orang
30 - 60 menit
Bubur kacang ijo hemat gas

Bubur kacang ijo hemat gas

Main ke Alfamart Nemu kacang ijo , padahal belum pernah bikin sebelumnya, cari resep di FB eh dapet yang pake metode 5-30-7 , tapi aku 7-30-10 yaa..

4 orang
1 jam
Bubur Jali-Jali

Bubur Jali-Jali

Jali-jali ini salah satu bahan pokok yang terlupakan. Padahal bisa diolah menjadi aneka kudapan yang nikmat. #OlahanJali #PejuangGoldenBatikApron

4 porsi
40 menit
MPASI 6 Bubur Tuna Buncis

MPASI 6 Bubur Tuna Buncis

Bubur kesukaannya Baby Eijaz nih 💕

4 porsi
45 Menit
Bubur Ayam + Sayur Sehat Instan (in less than 15mnt)

Bubur Ayam + Sayur Sehat Instan (in less than 15mnt)

Pengen makan bubur nasi tapi males ribet. Males aduk², males nungguin sampe jadi. Secara kalo bikin bubur nasi itu pasti ga pernah kurang dari 1 jam. Pernah nonton drakor "Oh my ghost" ? Dari situ ide ini muncul. Si Chef Kang disitu bikin bubur kubis. Laaah tapi kok nasi nya diblender dulu ? Yawda skr saya mau bikin bubur blender. Wkwkwkk. Saya emang kurang gaul ya... ternyata setelah saya tanya², memang ada beberapa bubur cara bikin nya diblender dulu. Hehehhe....

3 orang
15 menit
Bubur Gulai Ikan Kacang Panjang MPASI Day 15

Bubur Gulai Ikan Kacang Panjang MPASI Day 15

MPASI 6 bulan Day 15 Baby Nala... Kembali menu Ikan yg di pilih... Kalau melihat judul menu ..adakah yg timbul pertanyaan... Emang anaknya doyan??? Jawabnya : Alhamdulillah doyan... Kenapa saya beri nama gulai... Karna bahan nya hampir mendekati gulai Di akhir langkah pembuatan.. saya upload cuplikan video baby Nala menghabiskan MPASI nya ... #CookpadCommunity_Bandung #CookpadCommunity #Cookpad_id #PejuangGoldenBatikApron #BuburGulaiIkanKacangPanjang #MPASI6Bulan #MPASIGulaiIkan #MPASIKacangPajang #MPASIIkan #ResepMPASINala

Bubur udang

Bubur udang

#PejuangGoldenBatikApron #cookpadcommunity_jakarta

Mpasi 6bln. Bubur lembut beras putih

Mpasi 6bln. Bubur lembut beras putih

Menu tunggal bubur lembut beras putih

1 porsi
30 menit
MPASI 6 - 8 bln : bubur uduk tuna

MPASI 6 - 8 bln : bubur uduk tuna

Sebenernya ini bisa semua usia ya, cuma diresep ini takarannya untuk usia 6 - 8 bln. Kalau diatasnya bisa kok tinggal ditambahkan aja prohe, karbo, sayur, dll nya.

3 porsi
30 menit
Bubur Kacang Hijau Magic Com #BikinRamadanBerkesan

Bubur Kacang Hijau Magic Com #BikinRamadanBerkesan

21052018 #BikinRamadanBerkesan #5 terispirasi sama si eneng yg anak kosan itu, akhirnya terciptalah bubur kacang hijau praktis magic com ini

MPASI 6M+ (bubur salmon wortel)

MPASI 6M+ (bubur salmon wortel)

3 kali makan
2 jam
Bubur sederhana dari nasi sisa

Bubur sederhana dari nasi sisa

Kebetulan pas bulan Februari saya dan suami harus isoman karena positif covid19. Jadi memanfaatkan nasi sisa yang ada. Bikin bubur deh. Lauknya pake sop ayam. Simpel.

2 orang
Bubur saring ayam (MPASI 6-8 bulan)

Bubur saring ayam (MPASI 6-8 bulan)

Kali ini makanan rumahan ya bun.. insyaAllah aku akan upload makanan yg anakku suka saja 😆

3 kali makan
1 jam