Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bakwan Pontianak yang Enak

Dipos pada November 18, 2020

Bakwan Pontianak

Hari ini saya akan berbagi resep Bakwan Pontianak yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Bakwan Pontianak yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bakwan Pontianak, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bakwan Pontianak sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bakwan Pontianak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bakwan Pontianak memakai 22 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillah.. Kayaknya seru banget nih kalo sore2 makan gorengan, apalagi cuaca mendung. Pasti bawaannya laparr melulu 😁😁 Bikin gorengan yang lain dari biasa yukk, Bakwan Pontianak. Penasaran sama yang dijual di gerobak2 yang lagi viral itu. Tapi kita bikin sendiri aja, terinspirasi resepnya mba @IzzaHan 😘😘 Enyakk bangett ini! Gurih2 crispy ada taburan rebon nya.. Yukk cobain, pasti nagih! πŸ˜‹πŸ˜‹ #PekanPosbar #JajananPasarFavorit

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bakwan Pontianak:

  1. 200 gr tepung terigu
  2. 2 sdm tepung maizena
  3. 1 sdm tepung beras
  4. 1 ikat kucai (me: daun bawang) iris halus
  5. 1/2 btg wortel, iris korek (tambahan aku)
  6. Secukupnya udang rebon
  7. 100 ml santan
  8. 300 ml air
  9. 1 sdt garam
  10. 1 sdt kaldu jamur
  11. 1/2 sdt gula pasir
  12. Minyak untuk menggoreng
  13. Bumbu halus :
  14. 1 siung bawang putih
  15. 3 siung bawang merah
  16. 1/4 sdt merica butiran
  17. Sambal cocolan :
  18. 7 bh cabe rawit merah
  19. 1 siung bawang putih
  20. 3 sdm saus sambal botolan
  21. 150 ml air
  22. Secukupnya gula garam, kaldu jamur

Langkah-langkah untuk membuat Bakwan Pontianak

1
Buat sambal cocolannya: rebus air bersama cabe rawit dan bawang putih sampai empuk, haluskan. Masukkan kepanci lagi tambahkan saus sambal, garam, gula dan kaldu bubuk. Masak hingga mendidih kembali, koreksi rasa dan matikan api.
Bakwan Pontianak - Step 1
2
Campur tepung terigu, tepung beras dan maizena, aduk rata. Tuang santan dan air, aduk rata. Tambahkan irisan kucai dan wortel, aduk lagi hingga tidak bergerindil.
Bakwan Pontianak - Step 2
Bakwan Pontianak - Step 2
Bakwan Pontianak - Step 2
3
Panaskan minyak goreng cukup banyak, celupkan juga cetakan bakwannya sampai benar-benar panas dengan api sedang. Tuang adonan ke dalam cetakan, beri sejumput udang rebon. Goreng sampai kecoklatan, angkat tiriskan.
Bakwan Pontianak - Step 3
Bakwan Pontianak - Step 3
Bakwan Pontianak - Step 3
4
Sajikan bersama sambal cocolan.. Enyaakk!! πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ‘
Bakwan Pontianak - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tempe goreng daun bawang

Tempe goreng daun bawang

Dari kapan pengen #TempeBuatanku goreng baru kesampaian. Maklum lah,kl anak sakit dapur pun tdk ngebul,apaΒ² beli mateng hehe #CookpadCommunity_Jakarta #PekanPosbarTempe

Batagor Ayam Udang Khas Bandung

Batagor Ayam Udang Khas Bandung

Hai halo semuanya! Yuk recook batagornya.. karena aku ga punya ikan jadi batagornya pake ayam & udang ya 😊 . . #CookpadCommunity_Bandung #PekanCooksnap #BatagorBandung . . Baso tahuπŸ‘‡πŸ» https://cookpad.com/id/resep/11815014-baso-tahu-bakso-tahu-bumbu-kacang?invite_token=4Rpx2ZhYJdP53wXtucsVMCfR&shared_at=1624153472 . Dimsum siomayπŸ‘‡πŸ» https://cookpad.com/id/resep/14207400-dimsum-siomay-ayam-ebi?invite_token=h1uRUN7adU41bBLfAN1Kjx74&shared_at=1624153531

Lumpia ikan cakalang

Lumpia ikan cakalang

Lumpia isi daging ikan tongkol yg sudah di rebus di Suir pisahkan dengan durinya dan di masak dengan sayur dan bumbu.. Isian full daging ya agar di gigit lebih trasa daging ikannya..

[9] Bakwan sayur kriuk awet

[9] Bakwan sayur kriuk awet

yg lagi cari resep bakwan sayur krispi diluar lembut didalam cusss monggo di recook. dijamin enak😍

3-4 orang
1 jam
Tahu Walik Isi Telur Sosis

Tahu Walik Isi Telur Sosis

Menu buka puasa sore ini. Dalam sekejap tandas. Krucil bilang.. 'bun.. Kaya bakso ya... Enak,boleh makan yang banyak ya bun'... Senang kalau pelanggan setia suka 😊 #serbatahu #PejuangGoldenApron3 #Bunda_Lia #Minggu_46 #CookpadCommunity_Jakarta #CookpadIndonesia #PekanPosbarProtein #MenuBukaPuasa

Pisang goreng keju

Pisang goreng keju

4 orang
25 menit
Bakwan jagung mix indomie

Bakwan jagung mix indomie

Pengen bikin bakwan jagung tp jagungnya cuma 2 biji. Untungnya ada persediaannya indomi soto. Akhirnya adonan bakwan aku mix dengan indomi. Rasanya enak dan gurih.

Kulit Risol Anti Sobek

Kulit Risol Anti Sobek

Doyan dan suka banget bikin lumpia, risol, martabak. Kalo beli yg jd memang lbh praktis, tp kurang suka teksturnya. Jd mending bikin aja.. Fresh, lembut, dan rasanya enak.

20-25 lembar
30menit
Batagor Sambel Kacang

Batagor Sambel Kacang

Bikin cemilan ala abang2. Duhh emang lama banget sih ga makan ini. Ini memang jajan favorite aku pas sekolah πŸ˜‚ nah cabe nya tinggal ditambahin Aja ya kalo suka pedes.. sesuaikan selera Aja lah.. nagihh nihh pengen nambah lagi πŸ€—πŸ€—

3 orang
15 menit
Tahu Goreng Bawang

Tahu Goreng Bawang

Masak yang praktis ah #dapurkobe #CookpadCommunity_Depok

Pisang Coklat Kulit Lumpia

Pisang Coklat Kulit Lumpia

Pisang cokelat atau piscok, adalah cemilan manis dari Indonesia yang terbuat dari irisan pisang dengan cokelat yang dibungkus dengan kulit lumpia.

10 Biji
Singkong Goreng Empuk Merekah - Versi Rebus

Singkong Goreng Empuk Merekah - Versi Rebus

Ada 2 versi : - Versi Rebus - Versi Kukus Saya memakai versi rebus. #PejuangGoldenApron3 Source : Indah Yulianti

Tahu Isi Tuna Chunk

Tahu Isi Tuna Chunk

Menu simple anak kosan lagi. Bahan2nya bisa di beli di abang sayur terdekat + minimarket. Selamat mencoba.

1 orang
20 menit
Bala bala

Bala bala

Ψ§Ψ³Ω„Ψ§Ω… ΨΉΩ„ΩŠΩƒΩ… ΩˆΨ±Ψ­Ω…Ψ© Ψ§Ω„Ω„Ω‡ ΩˆΨ¨Ψ±ΩƒΨ§ΨͺΩ‡ Lagi kangen sama bala bala.. Kebeneran Bahan nya smua ada.. Langsung cus ke dapur bikin 😊

Daging burger dan tahu isi daging ekonomis

Daging burger dan tahu isi daging ekonomis

Hai kawan2, resep ini aku bikin karena aku tu suka sekali dengan burger yang asli daging sapi, kalau bolak balik beli kan mahal trs kalau lg rame ga mungkin cuma beli sendiri dong ya utk take away. Akhirnya aku cari2 resepnya nemu deh resep dari zackli green, setelah aku masak rasanya mo nangis krn hemat dapat banyak dan enak. No micin2 club.

16 porsi
30 menit
Tahu Walik Aci

Tahu Walik Aci

20 porsi
Pastel Kering

Pastel Kering

Idul Fitri telah tiba,, #PejuangGoldenApron3#

Pisang Goreng Jadul

Pisang Goreng Jadul

Pisang panen sendiri. Cocok dimakan anget-anget dan di waktu gerimis.

15 menit
Tahu Isi Tuna

Tahu Isi Tuna

4 orang
1 jam