Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Grendul yang Enak Banget

Dipos pada December 14, 2018

Bubur Grendul

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bubur Grendul yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Bubur Grendul yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Grendul, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Grendul enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Grendul sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Grendul memakai 7 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Grendul:

  1. 500 gr tepung ketan
  2. 2 sdm air kapur
  3. 2 daun pandan
  4. Gula merah cair
  5. Gula pasir
  6. Garam
  7. 400 ml santan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Grendul

1
Pertama. Campur 500gr tepung ketan, 2sdm air kapur, 1sdt garam dan 5sdm gula merah cair.
2
Adoni menggunakan air hangat. Masukkan air sedikit demi sedikit sampai dapat dibentuk.
Bubur Grendul - Step 2
3
Bentuk adonan bulat-bulat kecil atau sesuai selera. Sisakan adonan kurang lebih 150gr.
Bubur Grendul - Step 3
4
Sisa adonan 150gr tadi tambah dengan gula pasir 12-13 sdt, gula merah cair 10sdm, garam 2sdt dan air biasa. Aduk2 sampai tekstur cair. Sisihkan.
Bubur Grendul - Step 4
5
Masak air, pandan dan garam 1sdt. Biarkan sampai mendidih.
Bubur Grendul - Step 5
6
Setelah mendidih, masukan bulatan adonan. Kemudian setelah mengapung, masukan adonan cair sedikit demi sedikit sambil diaduk.
Bubur Grendul - Step 6
Bubur Grendul - Step 6
7
Tambah gula pasir dan garam kalau dirasa kurang manis atau asin. Selera masing2 ya.
8
Untuk membuat kuah santan. Panaskan 400ml santan, daun pandan dan garam. Aduk kira2 sampai matang, matikan. Siap disajikan & selamat mencoba ya.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Sudah beberapa minggu ini pengen banget makan burjo. Jadinya ya.. buat sendiri. Baru pertama kali buat burjo pakai beras pulut, jadi maklumi yak kalau hasilnya belum maksimal. Saya dan keluarga sukanya burjo yang agak encer kayak gini. Jadi bu ibu bisa sesuaikan ya sama seleranya. Kalau airnya kurang bisa ditambah atau mungkin dikurangi. Soalnya kalau air saya perkirakan saja disesuaikan dengan lama yang dibutuhkan agar kacangnya empuk/lembut. Selamat mencoba ❤️ #PejuangGoldenApron3

10 orang
Bubur Daging Buncis (MPASI 7M+)

Bubur Daging Buncis (MPASI 7M+)

Pengennya sih bikin steak gitu, cuma masih masa masa MPASI under 1y. Jadilah dibuat bubur aja isian sayurnya hampir mirip steak 😄

2 Porsi
30 menit
Bubur Sagu Bunga Telang

Bubur Sagu Bunga Telang

Berhubung bunga telang lagi banyak berbunga, yaudah sih kita jadikan pewarna makanan aja

5 orang
15 menit
Bubur Goreng

Bubur Goreng

Haloo Lur ! Pagi tadi saya agak ga enak body nih.. jadinya pengen makan bubur aja.. siapa tau bisa naik haji (Aamiin) haha Tapi saya bosen kalo Bubur Ayam biasa (emang dasar lagi BM saya haha). Jadinya saya bikin aja Bubur Goreng. Ya.. ya.. saya tau menu ini katanya penistaan terhadap bubur (bagi seluruh pecinta fanatik bubur baik tim diaduk maupun nggak, baik yang sudah naik haji maupun yang akan disegerakan naik haji.. aamiin). Tapi menurut saya ini enak.. jadi yauda lah yaa ~~ haha Kali ini buburnya saya pakai oatmeal aja, kalau mau pakai beras juga boleeh loh. Bebas aja. Kuy cobain ! 😊

± 6 porsi
± 60 menit
Bubur Ikan Tuna Wortel

Bubur Ikan Tuna Wortel

2x makan
40 menit
Bubur Oat

Bubur Oat

Sebagai tim oat gurih jadi pasti pengen makan bubur oat dengan versi yang lebih enak dan yang gak doyan oat juga pasti doyan deh makan bubur oat model gini.. #PejuangGoldenApron3

2 orang
Bubur Manado minim budget

Bubur Manado minim budget

Di rmh semua suka bubur manado tp buatnya tdk terlalu sering krn biasanya sy kalo buat sayurnya hrs yg fresh jd blm masuk kulkas nah mumpung ada pekan posbar sesuai budget di bln tua jd hari ini menu pagi kami dirmh bubur manado dgn budget minim #GA_TheNextLevel #PekanPosbar_MasakSesuaiBudget

6 porsi
60 menit
Bubur Manado (a.k.a Tinituan)

Bubur Manado (a.k.a Tinituan)

Sy kira bkin bubur Manado ini ribetnya kebangetan tp ternyata simpel dan dijamin rasanya nyummy. Resep ini sy liat dr yt mb' *Ghaziya Warita* dan takaran sy sesuaikan dgn stok dapur.

4 porsi
45 menit
Bubur Ayam Tomat (Menu MPASI 6+)

Bubur Ayam Tomat (Menu MPASI 6+)

Menu MPASI yg simpel banget nih bun 😊

3 porsi
15 mnt
Bubur Daging Sayur 6+ (4 🌟)

Bubur Daging Sayur 6+ (4 🌟)

MPASI Arr 6+ Dengan menu 4 Bintang yaitu karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sayuran 🌟

3 porsi
-+ 40 menit
MPASI 7bulan - bubur pepes ikan kembung

MPASI 7bulan - bubur pepes ikan kembung

6-8 bulan boleh yah

2-3 porsi
30 menit
Bubur kacang

Bubur kacang

Bubur ini adalah makanan khas daerah Situbondo Jawa Timur.cocok banget untuk sarapan pagi.biasanya toping tambahannya berupa ote ote dan tahu goreng yang dipotong2.bumbu kacangnya ada yg suka menambahkan bawang putih mentah.tapi saya kurang suka.kali ini request suami katanya kangen bubur kacang ini.kali ini dengan porsi keluarga.

5 porsi
MPASI 6 Bulan : Bubur Udang Risenutri

MPASI 6 Bulan : Bubur Udang Risenutri

Sebelum MPASI aku siapin beberapa bubur fortifikasi juga buat jaga2 kalo mau bepergian atau ga sempet masak. Nah sebenernya aku ga sengaja beli Cerelac Risenutri, ternyata itu bubur polos yg sudah di fortifikasi vitamin dan mineral, tinggal dicampur dengan tambahan lainnya seperti lauk dan sayur. Tp enaknya kita jadi cepet masaknya bun pake ini krn hanya masak lelaukan dan sayuran aja.

1x makan
20 menit
Mpasi Bubur Hati Ayam Santan

Mpasi Bubur Hati Ayam Santan

Pertama kali cobain santan dan ilham suka

2 porsi
30 menit
Bubur Tumis Lemak lamor

Bubur Tumis Lemak lamor

Lemak lamor adalah lemak sapi yg tidak beku jika sdh dingin

30 porsi
30 menit