Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bumbu kacang yang Lezat Sekali

Dipos pada August 9, 2019

Bumbu kacang

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Bumbu kacang yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Bumbu kacang yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bumbu kacang, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bumbu kacang sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bumbu kacang biasanya untuk 1 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Bumbu kacang diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bumbu kacang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bumbu kacang memakai 7 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Biasanya bikin bumbu kacang ini untuk stock, bisa untuk pecel sayur, gado gado u bumbu ikan bakar, siomay atau sekedar untuk cocolan bakso goreng.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bumbu kacang:

  1. 1/2 ltr kacang tanah
  2. 5 siang bawang merah uk sedang
  3. 5 siang bawang putih uk sedang
  4. 1 ruas jahe
  5. 1 ruas kencur (bisa di skip)
  6. 3 bh cabe rawit (bisa di skip kl tdk mau pedas)
  7. 1 ltr air matang

Langkah-langkah untuk membuat Bumbu kacang

1
Goreng kacang tanah dengan sedikit minyak, aduk aduk terus sampai mulai berwarna kecoklatan, angkat.
2
Tumis bawang merah bawang putih jahe kencur dan cabe rawit sampai wangi, haluskan dengan blender, tambahkan sedikit air untuk melarutkan.
3
Haluskan kacang tanah menggunakan blender, campurkan dgn bumbu halus, aduk sambil terus di tambahkan air matang. Setelah adonan kacang sudah tercampur rata, masak sambil terus di aduk di atas api sedang.
4
Aduk aduk terus, sampai adonan kacang mulai mengeluarkan minyaknya.
5
Sajikan bersama makanan favorit.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Saos Kacang/ Bumbu Kacang

Saos Kacang/ Bumbu Kacang

Saya seorang pecinta kacang beserta olahannya. Termasuk bumbu kacang, bahkan saya bisa sangat semangat makan nasi panas hanya berteman bumbu kacang dan telor ceplok ๐Ÿ˜

5 porsi
45 menit
Sate ayam bumbu kacang

Sate ayam bumbu kacang

#RamadanPenuhIdeMasakan #FestivalRamadanCookpad #TiketMasukGoldenApron3 #MudikOnline #DiRumahAja

Baso Bakar (Sokar bumbu kacang)๐Ÿก

Baso Bakar (Sokar bumbu kacang)๐Ÿก

Alhamdulillah sore ini cerah sekali,sambil ngeteh bikin cemilan dimakan rame2๐Ÿฅฐ punya bumbu kacang sisa semalam paksu beli sate perawan๐Ÿ˜ dapet bumbu lumayan banyak pedagangnya g pelit,mumpung masih ada bakso dibikin bakaran ala2 bakso bakar Malangโ™ฅ๏ธ #PejuangGoldenApron3 #DirumahAja #MasakItuSaya

Sayap Bakar Bumbu Kacang

Sayap Bakar Bumbu Kacang

Ini edisi ngidam yang buat jadi suka masak yang rada aneh-aneh. Tapi soal rasa alhamdulillah bisa di ulangi masak menu ini. Ya sebelas dua belas sama sate ayam. . #PejuangGoldenApron3

Bumbu Sate Kacang

Bumbu Sate Kacang

Resep dr ibuku.. yg sll endulita ๐Ÿ˜‹, dan ini bs dibuat simpenan dikulkas kl sewaktu2 bikin sate di rmh. Bs juga buat cocolan pas makan bakwan atu gorengan lain (kesukaan anakku).

Conro bakar bumbu kacang ala makasar

Conro bakar bumbu kacang ala makasar

Ini fav saya klo k makasar pasti pesen ini setiap hari

6 porsi
Bumbu Kacang stok untuk buka puasa

Bumbu Kacang stok untuk buka puasa

PakSu kalo buka puasa sukanya makan gorengan, tp bumbu kacangnya suka gak sesuai sm maunya dia. Ya namanya orang jualan kan, yang penting ada bumbu kacangnya. Jadilah buat sendiri buat nyetok, jd setiap buka puasa tinggal diseduh secukupnya.

Cilok Ayam Bumbu Kacang

Cilok Ayam Bumbu Kacang

Dikala akang cilok tidak berjualan dan kami (anak kost) merindukannya...

5 orang
#70 Tumis Tahu Kacang Bumbu Kecap

#70 Tumis Tahu Kacang Bumbu Kecap

#PejuangGoldenApron3

Otak Otak Bakar Bumbu Kacang

Otak Otak Bakar Bumbu Kacang

Cek Video di https://youtu.be/22tmMfySA4Y Pertama makan otak otak bakar di Lampung, dibawain om dari Kota Agung, enak banget, sampe Yogyakarta biar keinget suasana di Lampung akhirnya bikin lah sendiri otak otak bakar ala saya...yummy...

24 bungkus daun
1 jam 30 menit
Siomay Ayam Bumbu Kacang

Siomay Ayam Bumbu Kacang

ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูฐู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู’ู… Assallammu'alaikum cookpaders. Kembali lagi ke #ComBoNgabibita time kali ini idenya dari teh dea @DeaPutri yaitu #ComBoNgabibita_InStreetFood untuk semua warga Cookpad dri kita #CookpadCommunity_Bogor Sebenarnya bnyak banget yah indonesia street food itu beragam, tpi kali ini nyoba bikin siomay aja sekalian untuk buka puasa juga nnti sore. Pengennya keliatan cantik bisa masuk semua itu bahan tapi apalah daya piring tidak mempuni ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Abaikan lah platting yang tidak karuan itu, jng dibully yah ๐Ÿ™๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ ๐Ÿ“† 02 Mei 2020 #wk31 #DapurSelvi2020 #MasakItuSaya #DiRumahAja #KeDapurAja #BincangCookpad #FestivalRamadanCookpad #RamadanPenuhIdeMasakan #SilaturahmiRecook #WeekendChallenge #PejuangGoldenApron2 #BerburuCelemekEmas #CookpadId #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Bogor

2-8porsi
35menit
Bumbu Kacang untuk Batagor atau Siomay

Bumbu Kacang untuk Batagor atau Siomay

Masih pagi.. Mata sudah ngantuk.. Pamalik pagi" tidur.. Akhirnya otak atik nemu bahan seadanya.. Biar melek

30 menit
Cilok bumbu kacang simpel enak

Cilok bumbu kacang simpel enak

Mengawali perjuangan utk dapet golden apron 3 mari kita buat yg simpel2 dulu. Bikin camilan kayak gini aja udah seneng banget. Apalagi pas suami bilang ini enak. Jadi kangen jajanan waktu sd dulu ^_^ #PejuangGoldenApron3 #resepmingguke1

45 biji
Sate aci bumbu kacang

Sate aci bumbu kacang

YOUTUBE : Rhesti Danty IG : @rhestidanty #Cookpadcommunity_Surabaya #Cookoadcommunity_Sumbar