Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) yang Menggugah Selera

Dipos pada November 24, 2020

Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon)

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) yang simple Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) memakai 30 jenis bahan dan 15 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini sebenernya saya bikinnya banyak dan udah beberapa hari lalu krna buat orderan, cuma pas mateng gak sempet kefoto biasa keburu diambil yg mesen,😅 kebetulan nyisa beberpa biji difrezzer,hari ini digoreng dan hasilnya masih cantik,baru sempet deh difoto dan dipost 🤭... ●》Untuk kulitnya bisa menggunakan resep kulit pastel andalan masing-masing ya,tapi untuk isian agar rasanya autentik khas dari sambousek,sebaiknya diisi dengan isian daging/ayam cincang dgn bumbu rempah. Biasa disebut dengan "Sambousek bil Lahme". Sedang yang satunya lagi biasa diisi dengan campuran keju,disebut dgn "Sambousek bil Jibn" ●》Untuk yg diisi dgn campuran keju, biasanya menggunakan 3 jenis keju, yaitu Cheddar,Mozzarella dan keju Akkawi. Tetapi kalo keju Akkawi di Indonesia masih jarang/tidak ada,bisa diganti dengan halloumi,feta,ataupun cream cheese. Jika mau lbh gampang lagi,bisa diisi 2 macam keju saja,yaitu Cheddar dan Mozzarella dengan tambahan sentuhan rempah yg khas tentunya. ●》Resep yg saya tulis dibawah,hasilnyq sekitar 28 sampai 30 biji, atau besar kecilnya sesuaikan selera masing masing.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon):

  1. A.) Bahan Isian daging/ayam: (Sambousek bil Lahme)
  2. 1 kg daging giling/ ayam cincang
  3. 2 sdm minyak (untuk menumis)
  4. 300 gram bawang bombay/bawang merah besar India
  5. 5 batang daun bawang (cincang)
  6. 5 siung bawang putih cincang halus/diuleg
  7. Air (sekitar 5.sdm)
  8. 1 sdm perasan lemon/jeruk nipis
  9. 1 sdt jintan bubuk
  10. 1 sdm ketumbar bubuk
  11. 1 sdt merica bubuk
  12. 1/2 sdt kapulaga bubuk
  13. 1/2 sdt kayu manis bubuk
  14. 1 sdt cabe bubuk
  15. 1/2 sdt kunyit bubuk
  16. Garam halus (sesuaikan selera)
  17. Kaldu bubuk (sesuaikan selera)
  18. B. ●》Bahan Isian yg Keju: (Sambousek bil Jibn)
  19. 200 gram keju Mozzarella
  20. 100 gram keju cheddar (parut)
  21. 50 gram keju Akkawi (bisa pakai halloumi,feta atau cream cheese)
  22. 1 sdm habbatussauda/ Kalonji/jintan hitam
  23. 1 sdm daun mint kering yg sudah diremas (bisa pakai oregano)
  24. 1/2 sdt Paprika/cabe bubuk (bisa disesuaikan selera)
  25. C. ●》Bahan Kulitnya:
  26. 300 gram tepung terigu
  27. 65 gram margarin (lelehkan biarkan hangat kuku)
  28. 10 ml minyak goreng yg masih baru ya (sekitar 1.sdm)
  29. 1/2 sdt garam halus
  30. Air hangat (sekitar 100.ml sampai 120.ml) (atau sesuai kebutuhan

Langkah-langkah untuk membuat Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon)

1
A.●》Membuat Isian yg Daging ataupun Ayam (Sambousek bil Lahme): Panaskan minyak,masukkan bawang putih cincang tumis hingga harum. Masukkan bawang merah/bombay cincang tumis lagi hingga layu.
Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) - Step 1
2
Jika bawang sudah layu,ambil yang setengah bagian dan sisihkan dalam piring sendiri.
Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) - Step 2
3
Dan yg setengah bagian sisanya, biarkan tetap ditumis,lalu masukkan daging giling atau dada ayam cincang aduk rata, tumis hingga berubah warna. Jika daging sudah berubah warna,masukkan semua bumbu- bumbu bubuknya,juga garam dan kaldu bubuk,aduk hingga rata, tambahkan 5.sdm air tutup pancinya dan masak dengan api kecil hingga daging atau ayam matang.
Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) - Step 3
4
Jika daging sudah benar benar matang,masukkan lagi bagian bawang merah tumis yg dipisahkan tadi. dan juga daun bawang cincang. Aduk rata.
Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) - Step 4
5
Terakhir masukkan perasaan jeruk nipis/lemon, aduk rata dan masak sebentar hingga tekstur benar-benar kesat. matikan api kompor. biarkan hingga dingin.
Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) - Step 5
6
B.●》Membuat Isian yg isinya keju (Sambousek bil Jibn)= Dalam mangkuk campur semua isian yg ada (di.bahan.B) Aduk rata,tutup rapat taruh dalam kulkas sampai waktu pengisian agar tidak meleleh.
Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) - Step 6
7
●》Membuat kulit: Dalam wadah taruh tepung terigu,garam halus,minyak goreng dan margarin leleh hangat aduk sambil diremas remas hingga rata, sampai tepung bisa dikepal. **CATATAN** ●》Margarin yg dilelehkan, saat dimasukkan ketepung dalam suhu yg sudah hangat kuku ya, BUKAN yang masih panas.
Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) - Step 7
8
Masukkan air hangat sedikit demi sedikit ya,sambil kita ulen hingga tepung bertekstur agak basah dan sedikit lengket. terus saja uleni hingga adonan tidak lengket lagi diwadah maupun ditangan. lalu Tutup rapat adonan, istirahatkan 30.menit.
Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) - Step 8
9
Setelah 30 menit,ulen lagi sebentar saja,agar lebih rata.
Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) - Step 9
10
Lalu bagi menjadi bola bola kecil. Punya saya per.bola beratnya 18.gram
Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) - Step 10
11
Isikan dengan isiannya. Bisa diisi yg isian daging ataupun dengan yg mixed keju. Tutup tekan rapat pinggirnya dan pilin seperti membentuk pastel pada umumnya.
Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) - Step 11
Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) - Step 11
12
Taruh dalam tray/piring yg diolesi dengan minyak dulu sebelumnya agar tidak lengket saat diangkat nanti. **CATATAN** ●》kalau misal bikinnya pagi digorenngnya sore,bisa disimpan dalm kulkas lebih dulu, jangan ditumpuk dan jangan juga ditutup pakai plastik,karena klo ditutup pakai plastik bakal berembun dan kulitnya jadi basah bikin rusak. lebih baik tidak perlu ditutup apapun justru aman. Tapi klo mau ditutup untuk hygenis bisa ditutup nya pakai kain/serbet bersih aja.
Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) - Step 12
13
Goreng secara deep fry dlm minyak yg sudah panas dengan api sedang,seperti menggoreng pastel pada umumnya hingga golden brown.
Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) - Step 13
14
Sajikan selagi hangat sebagai teman ngeteh ataupun ngopi.
Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) - Step 14
15
Selamat mencoba semoga bermanfaat
Sambousek/ Pastel ala Timur Tengah (Lebanon) - Step 15

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bakwan Sawi Putih

Bakwan Sawi Putih

• 24-05-2021 • *minggu ke-52 #GA_TheNextLevel Alhamdulillah akhirnya finish juga golden apron the next level. Seneng dong pastinya dapat apron baru lagi dari cookpad 🥰 GA next level ini saya rasa lebih santai dibanding yang pertama karena emang udah pengalaman dari yang dulu2 juga kan. Bahkan punya tabungan resep juga kalau2 gak sempat masak udah tinggal posting aja. Kalau GA 1 dulu tuh penuh perjuangan banget dan setor resep sering mepet2 dan gak ada tabungan resep pula. Tapi alhamdulillah GA 1 bisa lolos 😊 Mau cerita asal mula bikin ini nih, kemarin lusa beli banyoz alias bakwan nyoz salah satu menu di republik dendy cafe, atau kalau di stand nya nyoklat juga ada. Jadi bakwannya tuh enak ukurannya gede2, lebih banyak sayur daripada tepungnya dan jadi krispi gitu. Besoknya rasanya kok pengen beli lagi tapi kok mager, padahal sebenernya deket sih kalo jalan kaki. Pengen coba utak atik resep sendiri biar teksturnya bisa mirip sama banyoz, sayangnya bahan sayurannya gak ada. Adanya juga cuma sawi putih aja. Daun bawang juga pas habis. Yaudah bikin aja. Enak juga hampir mirip sama banyoz yang beli itu, cuma harusnya punya saya ini sayurnya kurang dibanyakin. Karena untuk membuatnya komposisi sayur harus lebih banyak dibandingkan tepungnya. Kapan2 pengen bikin lagi pake sayur yg umum dipake buat bakwan. #CookpadCommunity_Surabaya

Gehu Jibeuh

Gehu Jibeuh

Buka puasa tanpa gorengan itu terasa ada yang kurang😆. Ga mudah kan ya bu ibu untuk bisa move on dari yang namanya gorengan🤭. Sore ini saya bikin gorengan buat buka puasa yang jarang sekali saya buat, seringkali bikin bakwan Sayuran, karena pasukan paling favorit sama bakwan atau bala bala kalo di Sunda mah. Nah kali ini saya bikin GEHU (taoGE dalam taHU) kemudian apa itu JIBEUH?? kepanjangan dari hiJI seuBEUH (satu kenyang) istilah orang Sunda ya, kalo di Jawa sebutnya Tahu Isi, Tahu Susur ada juga Tahu Berontak, beda beda istilah saja ya. GEHU ini resepnya saya pakai dari Selebgram yang fenomenal Iboo Restu Utami Dewi. Cekidot resepnya dan cobain yuks bu ibu..ini beneran JIBEUH😆🤭🤗 Source: Buku Resep Restu Utami Dewi #PPKM #KampungIdaman #WongSoloMasak #CookpadCommunity_Solo #Timlo_TimKomunitasCookpadSolo #olahantahu

30 menit
Pisang Goreng Crispy

Pisang Goreng Crispy

Praktis, 5 menit jadi (kalau pakai tepung pisang goreng siap pakai 😄) anak-anak biasa bikin pakai tepung pisang goreng siap pakai, celup-celup jadi deh. Kalau gak ada tepung pisang goreng ya pakai terigu aja, tetep gampil dan cepat kok. Cobain yuk... #mbantuk_kuetradisional

5. Risoles Ragout / Mayonise

5. Risoles Ragout / Mayonise

Bisa lihat resep kulit risoles di resep sebelumnya ya. 😍

20 porsi
15 - 20 menit
Tahu Bulat

Tahu Bulat

nunggu mobil tahu bulat lama ga lewat mari kita membulatkan tahu sendiri...

50 biji
1 jam
Petis untuk teman martabak atau tahu petis

Petis untuk teman martabak atau tahu petis

Untuk menghasilkan petis yg sedap biasanya memakai 2 macam petis petis kualitas bagus dan petis kualitas biasa. Perbandingan nya antara petis bagus dan biasa 3:1

Tahu walik sederhana

Tahu walik sederhana

#wajibcoba #47 #GA_TheNextLevel Ada tahu goreng sisa bikin tahu isi, bingung mau di apain, pengen nya bikin tahu walik ayam, tapi gak sempat beli karna si bayi gak ada yang jaga 😅, di akalin aja di isi sama isian tahu nya, di tambah ada sisa bihun sisa bikin lumpia, dan ternyata enak lohh anak dan suami pada suka, luar nya garing dalam nya lembut, pokonya enak 😅😅

Tahu Bulat

Tahu Bulat

Assalamu'alaikum Beres Bulan Juli ini adalah Tahu Bulat. Kelihatan nya mudah yaa bikin tahu bulat kenapa harus di Bedah Resep? Tapi ternyata bikin tahu bulat itu susah sudah gampang, bisa bikin bulat tp ga kopong, bisa kopong tp kl dingin kempes .. duhh ternyata banyak triknya. Aku awal bikin pecah 🤣🤣 kebanyakan ngaduk. Ga putus asa...bikin lagi.. Kedua bikin tahu bulat bisa kopong tp kempes 😁😁. Akhirnya percobaan ketiga baru bisa pas, walaupun belum sempurna , kulit belum mulus, masih ada bocel2 nya, tp sudah sedikit puas. Udah bisa kopong, dan ga kempes, next jika bikin lagi PRnya tinggal memuluskan kulit si tahu bulat. Source : @dapurmamiko #Beres_TahuBulat #BeresCloverJuli2021 #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #KopiJos

Pisang Goreng Ekonomis

Pisang Goreng Ekonomis

Lagi nyantai tapi pingin nyemil, kebetulan ada sedikit pisang juga dan akhirnya taraa jadilah pisang goreng ekonomis dengan bahan seadanya Oiya maaf ya fotonya ala kadarnya, soalnya udah mau habis hehe

2 porsi
15 menit
Pisang Goreng Crispy

Pisang Goreng Crispy

Yuk bikin pisang goreng dengan cara yang lain yaitu di buat crispy. Kebetulan saat main ke rumah orang tua ku di kasih pisang tanduk dan di kulkas masih ada tepung panir langsung aja di eksekusi karena kesukaan mertua heheh

-
5 menit
Pisang Goreng Kampung

Pisang Goreng Kampung

Bismillah,..semua pada suka pisang goreng yaa,..ini mah makanan sejuta umat. Aku share aja pisang goreng yang sering aku buat di rumah. Semoga bermanfaat Pisang yang aku gunakan matang tapi masih keras. Itu enak banget dibuat pisgor. Kembali keselera masing2 yaa,. Semakin lunak pisang, kekentalan tepung baiknya semakin bertambah. Adonan tepung jangan terlslu encer yaa adonan yang encer, akan menyerap banyak minyak. Pada resep aku tidak tambahkan BP/BS dan telur. Bagi yang suka boleh ditambahkan. #PejuangGoldenApron3

Tahu Walik isi Ayam

Tahu Walik isi Ayam

tahun ini bisa untuk stok dikulkas ya bund😊

45 - 50 tahu
45 menit
Samosa Vegan Lokal Mantapjiwaaa

Samosa Vegan Lokal Mantapjiwaaa

Kalo waktu itu bikin lumpia sehat, sekarang bikin samosa vegan dan sehat jg tentunya, tadinya mau pake kulit lumpia biasa eh tp krn lg wfh dan ak lebih mager keluar daripada bikin sendiri, akhirnya yaudah bikin sendiri aja kulitnya 😂😂 dan ternyata rasanya lebih krispi krn kulit yg ak bikin lebih tipis 😋😋😋 Sebenernya kata temen sih kulit samosa sama lumpia beda ya, tp ak justru lebih suka pake kulit lumpia krn lebih krispi dan tentunya resep ini bukan resep otentik ya krn banyak disesuaikan dgn bahan2 yg ada hehehe #pekanposbar #jajansehat #samosa

12 buah
1 jam
Pisang Aroma Lumer

Pisang Aroma Lumer

#GA_TheNextLevel

Bakwan Pontianak

Bakwan Pontianak

Enak dan dari bahan yg bermanfaat ... kucai kan bisa menurunkan panas pada anak #cookpadcommunity_Jayapura

Cireng banjur (cireng crispy+kuah)

Cireng banjur (cireng crispy+kuah)

Cireng ini kalo disini disebut cireng banjur karena dibanjur (disiram) pake kuah pedes hihi. Cuma lagi pingin makan seblak, tapi bahannya cuma ada tepung Aci aja yaudah deh dibikin cireng ini.

1-2 orang
Karipap Ekonomis/Pastel Ulir/Karipap Pusing/Karipap Vegetarian

Karipap Ekonomis/Pastel Ulir/Karipap Pusing/Karipap Vegetarian

#cloverdandelion17 Moms, ini aku karipap pusing vegetarian yang kulitnya hanya menggunakan cooking oil alias minyak sayur. Rasanya sangat enak tidak kalah sama yang menggunakan mentega pastry ataupun margarin. Ekonomis, renyah dan tidak berminyak. Pastikan sesuai resep kalau mau merecooked yah, moms. Jadi ini adonannya tidak pakai mentega pastry ataupun telur yah, moms. Tapi hasilnya renyah tidak kalah dari yang pakai mentega pastry.

15 porsi
1 jam 30 menit
Bakwan Jagung

Bakwan Jagung

Ada jagung bondol, wortel sm kol dikit dikulkas.. iseng banget bumil hawa nya mau ngemil muluk.. suami sama adik paling bontot baru dapet goreng 5 biji langsung ludess 😝