Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Lupis Ketan yang Bikin Ngiler

Dipos pada December 20, 2019

Lupis Ketan

Sore-sore begini enaknya membuat Lupis Ketan yang mudah Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Lupis Ketan yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Lupis Ketan, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Lupis Ketan sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Lupis Ketan biasanya untuk 3-4 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lupis Ketan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lupis Ketan memakai 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Jajan pasar satu ini adalah salah satu jajanan favorit pak suami. Membuatnya mudah, hanya perlu telaten saat proses nya. Hari ini panen kelapa, dan yg sdh setengah tua, saya chopper utk dijadikan topping lupis, jadi bentuknya bukan kelapa parut (kalau punya parutan kepala, bisa diparut yaa).

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lupis Ketan:

  1. Bahan A :
  2. 250 gram beras ketan, dicuci bersih, rendam selama 2 jam
  3. 1/2 sdt garam
  4. 2-3 lembar Daun pandan
  5. Daun pisang
  6. Tusuk gigi
  7. Bahan B :
  8. 70 gram kelapa parut agak tua
  9. 1/2 sdt garam
  10. 1 lembar daun pandan
  11. Bahan C :
  12. 100 gram gula merah/gula aren, disisir
  13. 65 ml air
  14. 1 lembar daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Lupis Ketan

1
Campur bahan B jadi satu, kukus selama 10-15 menit, angkat, dinginkan. Campur semua bahan C, masak sampai gula larut dan mendidih, angkat, saring, sisihkan.
Lupis Ketan - Step 1
2
Tiriskan beras ketan yg sdh direndam. Campur dengan garam, aduk rata. Ambil daun pisang, lipat segitiga/corong. Isi dengan 1-1,5 sdm beras ketan, padatkan. Lipat segitiga, pastikan semua sisi tertutup rapat, semat dengan tusuk gigi.
Lupis Ketan - Step 2
3
Siapkan air dalam panci yang ada tutup nya (pastikan jumlah air bisa merendam seluruh beras ketan yg sdh dibungkus daun pisang). Kita menggunakan metode 10-30-10-30. Masukkan beras ketan, lalu nyalakan api kompor, tutup panci. Saat sdh mendidih, dalam kondisi tertutup, hitung timer 10 menit, lalu matikan kompor. Biarkan 30 menit dalam kondisi tetap ditutup pancinya.
4
Selanjutnya nyalakan lagi kompor, rebus lagi selama 15 menit (dihitung sejak mendidih kembali), matikan. Biarkan hingga 30 menit dlm kondisi tertutup.
5
Setelah 30 menit, angkat, biarkan hingga dingin. Buka daun pisang, sajikan dengan kelapa parut dan saus gula merah. Siap disajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pukis

Pukis

Source ; Youtube mama atha

Donat Kelepon

Donat Kelepon

Tantangan membuat donat, paling sulit menakhlukan kue ini, karna dlm pembuatannya tdk selalu mulus, makanya saya belajar belajar dan belajar..... Sdh simpan resep donat teh @ikha_thea1 udh lama, dan kebetulan dapat inspirasi donat klepon dari teh @heshidayat dikombinasikanlah inspirasi dua resep tersebut #Bandungcooksnap4_heshidayat #CookpadCommunity_Bandung

Kue Apem Nasi

Kue Apem Nasi

Source : mb Nila Shanif Ada sisa nasi semalam bosan y moms dibikin nasgor, bikin ini aja yuk buat teman minum teh. Lumayab kan moms nasi yg tadinya ga dilirik, kita remake jd makanan enak.πŸ˜„ Note : 1. Tuang hanya 3/4 adonan dalam cetakan, karena adonan akan naik. 2. Bila mengantri, tuang ke cetakannya sesaat sebelum masuk kukusan supaya adonan tidak β€œbleber” di cetakan. Kue biasanya jadi berongga. Aduk dulu adonan setiap kali mau menuang. 3. Panaskan kukusan hingga beruap banyak, jangan lupa tutup panci kukusan dengan serbet bersih supaya uap air tidak menetes pada kue . Selama mengukus, jangan dibuka tutupnya #PekanPosbar_MasakSesuaiBudget #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Tangerang #cookpad_aop .

21 pcs
MPASI Soft Crepes (Dadar Gulung Manis Pandan)

MPASI Soft Crepes (Dadar Gulung Manis Pandan)

Aslinya ini resep dadar gulung yang di modifikasi jadi lebih manis dan bisa untuk MPASI. Lembut Enak ❀️

4 porsi
30 menit
Pukis oreo meses

Pukis oreo meses

4 orang
1 menit
Pastel tutup

Pastel tutup

Menu saat berbuka puasa bersama dengan seluruh tim inspirasi resepnya dari @Opibun Rasanya mantap & lembut, next mau coba lagi pakai cup yang kecil2 #PejuangGodenApron3 #Minggu #CookpadCommunity_Id #MakeEverydayCookingFun

Kue Pancong 2 Bentuk

Kue Pancong 2 Bentuk

Assalamualaikum! Ini sebenernya percobaan gagal tp bikin ketawa hahaha. Berhubung #CookpadCommunity_Malang lagi jalan2 ke Jekardah, jadi tema kali ini masakan khas betawi! Setelah googling bbrp resep akhirnya mutusin buat bikin pancong. Sebenernya cukup simple, cuma krn kesalahan teknis jadinya sempet gagal tp untungnya bisa diakali πŸ˜‚ mau tau keseruannya? Cusss disimak ya πŸ˜‚πŸ‘πŸ» #SemeruColam #SeleraMasakNusantaraBetawi #Colam_NyokRameRameKeJakarte #CookpadCommunity_Malang #EmakNusantaraKreatif #PejuangGoldenApron3 Sumber = pancong mozanya Bunda Lilis https://cookpad.com/id/resep/14460960-kue-pancong-mozarella?invite_token=KrvVvr7FDRcMvZ5J8eBxBX6b&shared_at=1622193600

Apem Jawa

Apem Jawa

Resep ini bisa jadikan 2 varian (panggang dan kukus pandan) sesuai selera ya, mau suka yg mana 😊

Sarang semut lembut

Sarang semut lembut

Iseng2 buat bolu karamel atau sarang semut yang dulu jadi favorit waktu di Kalimantan.. Ternyata uenak dan jadi banyak yg pesen...

Pastel Kering Abon

Pastel Kering Abon

Yuk ah bikin isian toples yang gurih-gurih πŸ˜™πŸ˜™. Source : The Hasan Video #CookpadCommunity_Bekasi

Kue Nagasari Jajanan Pasar Lembut Empuk Gurih

Kue Nagasari Jajanan Pasar Lembut Empuk Gurih

Random banget bund malem2 bikin beginian buat sarapan besok pagi.. Ini enak empuk, gurih, lembut dan gampang banget dibuatnya.. Yuk cuss di cobaa

Pastel kentang wortel

Pastel kentang wortel

Iseng-iseng bikin pastel dan kulitnya bikin sendiri. Latihan nguleni adonan sampe kalis 😁

3-4 orang
1 jam
Awuk sagu mutiara

Awuk sagu mutiara

Masing-masing daerah mungkin menamakan kue ini dengan nama yang berbeda,saya mengenalnya dengan nama awuk sagu mutiara,dulu pertama kali makan bukan dengan bahan sagu mutiara,tetapi dibuat dari pacar cina,teksturnya yang kenyal dan berpadu dengan gurihnya parutan kelapa membuat kue ini banyak digemari oleh para pecinta kue tradisional.

Pastel Mihun Kampung

Pastel Mihun Kampung

Salah satu jajanan kaki lima yang hampir semua orang pernah beli tentu gorengan. Tidak semodern sekarang, biasanya jajanan kaki lima ini gorengannya masih dengan resep sederhana dan ekonomis. Seperti pastel, yang dijual dikaki lima ya biasanya hanya isian mihun dengan sedikit sayuran. Tidak seperti zaman sekarang pastel premium dengan berbagai isian misalnya ayam, daging atau abon lengkap dengan saos modernnya. Biarpun hanya isian sederhana, pastel kampung ini tetap enak dinikmati sampai sekarang. Cukup sediakan cabe rawit, sudah cukup melengkapi kebahagiaan sore kumpul dengan keluarga. Source : Mba Retno @Dapur Airin #Sumandan_dirumahsajo #CookpadCommunity_Sumbar #PekanPosbar #genkpejuangdapur

sekeluarga
1 jam
Dadar Gulung pandan daun suji

Dadar Gulung pandan daun suji

Lagi jadi suster jaga dirumah ibu banyak pohon pandan dan daun suji udah rimbun banget πŸ˜‚ emak kalap langsung petik en ke pasar cari kelapa πŸ˜ƒ

Klepon cake

Klepon cake

Late post yah moms....udah lama ga isi resep 😁😁

Ragout Sayur n Sosis Untuk Isian Risol, Gabin, Roti, dll

Ragout Sayur n Sosis Untuk Isian Risol, Gabin, Roti, dll

Hayy moms.. Yukk kita buat ragout sayur n sosis non msg jadi aman buat si kecil. Sstt...aku buat jadi isian risol frozen lho, mayan bgt buat usaha dibulan Ramadan ini. Source : Raihanah Rufaidah Mariyah (Sy modif sedikit dgn tdk menggunakan SKM) https://cookpad.com/id/resep/14515683-rogut-sayur-isian-risol?invite_token=BCkFKGHEzJbpWtt5v7NBZzDX&shared_at=1619155870 #KampoengRamadan #AkuAsin #CookpadCommunity_Jakarta #PekanPosbar #PosbarGembira #PekanPosbarManisGurih

Pukis Empuk ala KFC

Pukis Empuk ala KFC

Source : Susi Agung