Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Cilok Bumbu Kacang yang Sempurna

Dipos pada August 10, 2019

Cilok Bumbu Kacang

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Cilok Bumbu Kacang yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Cilok Bumbu Kacang yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Cilok Bumbu Kacang, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cilok Bumbu Kacang di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Cilok Bumbu Kacang adalah 5-7 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Cilok Bumbu Kacang diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cilok Bumbu Kacang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cilok Bumbu Kacang memakai 23 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Makanan serba aci apapun itu pasti bikin nagih! #MenuTakjil #MenuBukaPuasa #CookpadCommunity_Surabaya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cilok Bumbu Kacang:

  1. Cilok (A):
  2. 150 gr tepung tapioka
  3. 150 gr tepung terigu serbaguna
  4. Secukupnya daun bawang (me: parsley flakes kering) (optional)
  5. Cilok (B):
  6. 1 sdt bawang putih bubuk
  7. 1 sdt kaldu bubuk
  8. 1 sdt garam
  9. 1/4 sdt ketumbar bubuk (optional)
  10. 250 ml air, didihkan
  11. Bumbu Kacang (Bumbu Halus):
  12. 100 gr kacang tanah goreng
  13. 2 siung besar bawang putih
  14. 4 siung besar bawang merah
  15. 2 buah cabe merah besar
  16. 5 buah cabe rawit *sesuai selera*
  17. 1 butir kemiri
  18. 1 sdt garam
  19. Bumbu Kacang (Bahan Pelengkap):
  20. 300 ml air
  21. 1 sdm gula palem / gula jawa
  22. 1 sdt kaldu bubuk
  23. 3 sdm kecap manis *sesuai selera*

Langkah-langkah untuk membuat Cilok Bumbu Kacang

1
Campur bahan Cilok A, aduk rata. Siapkan bahan Cilok B, masukkan dan campur semua, lalu didihkan airnya. Jika sudah, segera masukkan bahan B tersebut kedalam bahan A.
Cilok Bumbu Kacang - Step 1
Cilok Bumbu Kacang - Step 1
2
Aduk adonan hingga kalis dan tercampur rata. Kemudian bulatkan adonan cilok tersebut, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Sisihkan.
Cilok Bumbu Kacang - Step 2
Cilok Bumbu Kacang - Step 2
3
Didihkan air secukupnya dalam panci untuk merebus ciloknya, tambahkan sedikit minyak goreng agar nanti cilok tidak lengket satu sama lain. Jika sudah mendidih, masukkan satu-persatu cilok yang telah dibulatkan. Masak dengan api sedang hingga cilok matang. Jika cilok sudah mengambang semua, jangan diangkat terlebih dahulu, tunggu sekitar 5 menit lagi agar cilok lebih tanak. Lalu angkat dan tiriskan.
Cilok Bumbu Kacang - Step 3
Cilok Bumbu Kacang - Step 3
4
Siapkan bahan bumbu kacang. Goreng kacang tanah terlebih dahulu. Ulek dan haluskan bahan untuk bumbu halusnya, jika sudah halus, masukkan kacang tanah goreng, lalu ulek lagi hingga halus.
Cilok Bumbu Kacang - Step 4
Cilok Bumbu Kacang - Step 4
5
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu kacang halusnya hingga harum dan matang. Jika sudah, tambahkan bahan pelengkap lainnya, koreksi rasa. Masak hingga mendidih, minyaknya keluar, dan sedikit asat.
Cilok Bumbu Kacang - Step 5
Cilok Bumbu Kacang - Step 5
6
Kemudian masukkan cilok yang telah matang. Campur dan aduk rata.
Cilok Bumbu Kacang - Step 6
Cilok Bumbu Kacang - Step 6
7
Siap untuk dinikmati. Tambahkan perasan jeruk limau agar lebih nikmat.
Cilok Bumbu Kacang - Step 7
Cilok Bumbu Kacang - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Terong ungu bumbu kacang

Terong ungu bumbu kacang

Terong ini kebetulan kesukaan keluarga 😍 apalagi dengan bumbu kacang πŸ€“ Sengaja ga pedes karenaa dirumah ada yang ga suka pedes lg males bikin 2 porsi 😁 Selamat mencoba! πŸ˜‰

5 porsi
10 menit
Bumbu kacang SI OM AY😘 (SIOMAY)😊

Bumbu kacang SI OM AY😘 (SIOMAY)😊

Setiap mlm tu pengn banget makan siomay dan hampir tiap malem kluar untuk beli si om ay ini.. Tapi si abangnya kadang2 g jualan, syedih kan ya. trus akhirnya nekat bikin sendiri deh biar tiap hari bisa makan dgn sepuasnya😁 #cookpadindonesia #cookpadbanjarmasin #cookpadborneo #bumbukacang #siomaysimpel #PejuangGoldenApron3 #week4

5 porsi
45 menit
Sate kikil bumbu kacang

Sate kikil bumbu kacang

Ini bikin dari kikil 1/2 kg, ga pake lama langsung ludes ajaa.. Rasanya jangan ditanya.. manis, gurih dan pedas.. ❀❀❀ #PejuangGoldenApron3

30 tusuk
Bumbu Rujak Kacang Mede

Bumbu Rujak Kacang Mede

#PejuangGoldenApron3

Sate Usus Ayam bumbu kacang

Sate Usus Ayam bumbu kacang

Anak anak sy lebih suka kalo usus Ayam dibikin sate truz di tambah bumbu kacang kayak gini bunda😊

jadi 25 tusuk
Sayur kacang panjang daging sapi bumbu kuning

Sayur kacang panjang daging sapi bumbu kuning

Kacang panjang memang pas banget..... kalo di bumbu kuning apalagi dikasih daging sapi... #TetepSEMANGAT menjadi.... #PejuangGoldenApron3 #Week 12

Pentol tapioka bumbu kacang

Pentol tapioka bumbu kacang

Pingin buat cemilan, suami suka banget jajan cilot. Alhasil bikin aja pake bahan seadanya, cuma ada tepung tapioka sama terigu, ada kacang juga. Kalo ngga ada buat temen" bisa pake saos sambal :)

Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

Si Kakak pengen jajan cilok karena emang udah lama banget ga jajan ini sejak pandemi. Cari-cari resep di cookpad nemu resep Bunda Eka Astuti. Ciloknya tetap lembut meskipun udah dingin. Makasih yaa bun resepnya, Si Kakak sampe ketagihan minta dibuatin lagi 😊

4 orang
1 jam
Bakwan crispy feat sambel bumbu kacang

Bakwan crispy feat sambel bumbu kacang

Selama ramadhan biasanya sore sore tetiba meja2 berjejer di sepanjang jalan masuk komplek...seneng banget liat banyak jajanan gorengan bakwan dan sodara2nya, tp gegara klo beli dapet sambel kacangnya sedikit, jadilah penasaran bikin sendiri biar puas cocol sambel kacangnya banyak..heheh

4 orang
30 menit
Sapi Merah Bumbu Kacang

Sapi Merah Bumbu Kacang

Bosen ama rendang, saya kreasikan ama kacang tanah aja. Hehe

5 orang
1 jam
SATE CEKER BUMBU KACANG - Mudah dan Ekonomis

SATE CEKER BUMBU KACANG - Mudah dan Ekonomis

Baru hari ke 4 loh ini, liburannya masih panjang ya kan mak.. #WeekendChallenge #DiRumahAja deh masak masak buat keluarga.. Pernah kapan hari saya beli sate ayam di pasar ada cekernya juga dibikin sate loh, katro saya tercengang ternyata enak wahhahaha Saya akhirnya bikin juga dirumah πŸ˜„πŸ‘ Daripada beli satu tusuk ceker 2500 perak, kalau bikin kan lebih hemat. Aroma bakarannya, ditambah dengan bumbu kacang yang manis gurih uhh nagih.. #ResepMadam #Cookpadcommunity_Semarang

Cilok ayam bumbu kacang

Cilok ayam bumbu kacang

Lagi pengen nyemil

4-5 orang
1 jam
Cilok Daging Sapi Bumbu Kacang

Cilok Daging Sapi Bumbu Kacang

Ada family sekeluarga nginfo mau mampir main ke rumah,di kulkas punya sedikit stok adonan bakso halus dan kasar,kalau dibuat bakso hasilnya pasti cuma dikit,jadi harus diolah lagi supaya hasilnya jadi agak banyak.Jadilah cilok ini,buat tambahan suguhan,ehh ternyata laris manis.

30 pcs lebih