Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur candil empuk / biji salak / grendul yang Lezat

Dipos pada October 11, 2018

Bubur candil empuk / biji salak / grendul

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Bubur candil empuk / biji salak / grendul yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Bubur candil empuk / biji salak / grendul yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bubur candil empuk / biji salak / grendul, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur candil empuk / biji salak / grendul di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bubur candil empuk / biji salak / grendul adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Bubur candil empuk / biji salak / grendul diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur candil empuk / biji salak / grendul sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur candil empuk / biji salak / grendul memakai 20 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tetiba pingin masak bubur candil

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur candil empuk / biji salak / grendul:

  1. Bulatan candil
  2. 150 gr tepung ketan
  3. 50 gr tepung beras
  4. 1 sdt garam
  5. Vanille essence
  6. secukupnya Air dingin
  7. Air untuk memasak bulatan candil
  8. Kuah gula merah
  9. 150 gr Gula merah
  10. 750 ml air
  11. 3 iris Jahe (optional)
  12. Vanille essence
  13. 1 ikat daun pandan
  14. 2 sendok tapioka
  15. Kuah Santan
  16. 100 ml santan kara
  17. 100 ml air
  18. 1 sdt garam
  19. 3 buah nangka
  20. 1 ikat daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur candil empuk / biji salak / grendul

1
Masukkan tepung ketan, tepung beras, garam dan vanille essence. Campur bahan dan masukkan air sedikit2(jangan terlalu banyak) sampai bisa di bentuk bulat.
2
Didihkan air dan masukkan bulatan candil kedalam air tersebut. Setelah bulatan mengambang sisihkan.
3
Untuk membuat air gula merah. Didihkan air. Masukkan gula merah dan garam. Setelah gula tercampur. Pindah gula dengan saringan ke panci lain supaya bersih dari kotoran sisa gula.
4
Masak rebusan gula merah tersebut bersama jahe, vanille essence dan daun pandan. Masukkan bulatan candil kedalam panci gula tersebut dan masak 5 menit.
5
Untuk membuat rebusan gula merah kental. Buat campuran 2 sendok tepung tapioka dan air. Masukkan ke rebusan gula dan aduk2 sampai mengental.
6
Membuat santan. Masukkan air ke dalam pancin dengan santan instan. Tambah garam, nangka dan daun pandan. Gunakan api kecil dan aduk2 hingga mendidih.
7
Sajikan. Selamat mencoba.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Es buble banana (es candil pisang) #siapRamadan

Es buble banana (es candil pisang) #siapRamadan

Ada sisa pisang jika digoreng sdh kematangan. Dibuat buble deh. Pinginnya sih judulnya ice buble banana red velvet gitu tapi terlalu keren. Rasanya kenyal dan gurih.

15 mangkuk
Candil Lumer Kacang Ijo

Candil Lumer Kacang Ijo

Bikin sarapan pagi yang manis, dengan bahan2 seadanya dirumah. Alhamdulillah terciptalah candil lumer kacang ijo. Dibantu sama bocil2 yang kegirangan ngebuletin bola2 candilnya, Yuk intip resepnya mah. sambil ngeramein #CABEKU #diKACANGinAja #cookpadcommunity_bekasi #hannahani_cookies

5 Porsi
1 Jam 30 Menit
Bubur Candil Tepung Ubi Ungu

Bubur Candil Tepung Ubi Ungu

Source Teh Yanithea

5 porsi
1 jam
Bubur candil aka biji salak

Bubur candil aka biji salak

Pengen makan yg manis2 dan yg lembut enak 😍😍😍 akhirnya mulai memasak si bubur candil yg rasanya dijamin enakkkkkkk πŸ€—πŸ€—πŸ€—

Candil ungu

Candil ungu

#SiapRamadan

Jenang candil ubi

Jenang candil ubi

Ada sisa ubi rambat rebus. Dibuat jenang candil yang makannya pas anget-anget sama santan. 😁 Membuat kenyang sementara.. 😊

Bubur Candil Ketan

Bubur Candil Ketan

Paling suka sama makanan ini.. Kalo tiap bulan puasa syelaluuu yg dcari bubur candil ketan, mungkin kalo candil ubi udh terlalu mainstream kali yaa xixixi.. Di daerahku ajj cuma satu yg jualan, dan itu tuh antrinyaa ampe mleber" ke jalan ckckck.. Sempet mikir ampe nyari" resep tp blm di eksekusi kna takut gagal.. Hahaha.. Ahirnya pas gabung di cookpad ada cc tintin rayner yg aplot ni resep dngan fotonya yg menggoda.. Dicobalah.. Daannn.. Enyaakkk 😍😍 dsini aku modif lagi biar ketannya brasa bangeudd.. pas banget.. Cucooo deh pokonya.. Cobain yuuu..

Candil ala Anak Kost

Candil ala Anak Kost

Sesuatu yang manis-manis & sekali bikin bisa buat beberapa hari? Ini dia nih, bersenjatakan cookpad serta intip resep dari Kak Anisa's Kitchen, jadi deng! Dessert murah untuk anak kost. 😝

60 menit
Kolak Putih Ubi dan Candil

Kolak Putih Ubi dan Candil

Meski kuahnya putih, candilnya ada isi gula merah (kaya klepon), so kl diiris, pop! Kuahnya jd bercampur dg gula merah lumer πŸ˜‰ #SiapRamadan #SayangAnak

Bubur candil ubi ungu

Bubur candil ubi ungu

β–ͺ26-02-2021β–ͺ #GA_TheNextLevel #resepliha #Cookpadcommunity_bogor

8. Jenang Grendul/ Candil Ubi Ungu

8. Jenang Grendul/ Candil Ubi Ungu

Dikasih tetangga ubi ungu terus iseng deh buat ini..ternyata gampang banget caranya dan cepet πŸ˜† Dan hasilnya sepanci donk 🀣

Bubur candil #alarosa

Bubur candil #alarosa

Ini manis gurih enakk enyoy gitu....

Jenang campur, Jenang grendul, Biji Salak

Jenang campur, Jenang grendul, Biji Salak

Assalamu’alaikum 😁 Haloo mbak Embak, ibu ibuuu, adakah yang belum pernah, atau masih gagal membuat bubur sumsum, jenang candil atau lebih di kenal biji salak dkk, ini adalah Salah satu menu bakul an yang laris bun, suerrr selalu repead order, dan selalu di tanyakan customer... Yukk Mari kita intip resepnya... Pokonya mah jangan ada dusta di antara kita, xiixixix..... 🀭, biar gak gagal mulu buang bahan ya bun... Satu satu dulu Ya bund, resep lainya akan menyusul πŸ€—πŸ˜Š #jenanggrendul #bijisalak #buburcandil #5resepterbaruku

Bubur Candil ala Diah Didi

Bubur Candil ala Diah Didi

Source : Blog Diah Didi Bubur candil ala diah didi ini kuah gula merah atau buburnya kental banget, rasanya enak dan lembut resep ini jadi favorit saya, kuah buburnya itu yang paling saya suka

Bubur cendil

Bubur cendil

Enak dan simple, murah dan gampang in sya Allah disukai semua anggota keluarga karena rasanya yang manis legit 😊

Bubur candil πŸ‘ (#1)

Bubur candil πŸ‘ (#1)

Sources : mbk Lis Achmady & mbk Tanti. Trimakasih banyak ya teman2 cookpad sdh memberi ide takjil yg sipp,praktis,seddaapp.. Tq juga utk cookpaders semua,barakallah..πŸ™ Baru pertama kali bikin sendiri candilnya,gampil ya ternyata,pasti sehat loh khan bhn2nya kita sendiri yang belanja.. Yuk dicoba..

2 porsi
20'