Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Masak Gule Kurma (masak ayam gulai putih/kurma).#masakan Aceh yang Enak Banget

Dipos pada February 19, 2021

Masak Gule Kurma (masak ayam gulai putih/kurma).#masakan Aceh

Bagaimana membuat Masak Gule Kurma (masak ayam gulai putih/kurma).#masakan Aceh yang lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Masak Gule Kurma (masak ayam gulai putih/kurma).#masakan Aceh yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Masak Gule Kurma (masak ayam gulai putih/kurma).#masakan Aceh, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Masak Gule Kurma (masak ayam gulai putih/kurma).#masakan Aceh ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Masak Gule Kurma (masak ayam gulai putih/kurma).#masakan Aceh kira-kira 6-8 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, kira-kira waktu penyiapan Masak Gule Kurma (masak ayam gulai putih/kurma).#masakan Aceh diperkirakan sekitar 45 menit - 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Masak Gule Kurma (masak ayam gulai putih/kurma).#masakan Aceh sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Masak Gule Kurma (masak ayam gulai putih/kurma).#masakan Aceh memakai 21 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masakan gulai kurma atau masak ayam gulai putih ini akan selalu ada disetiap Acara pesta kawin terutama hidangan yang disajikan untuk menyambut keluarga pengantin. Makna tersirat untuk hidangan masakan ini adalah sebagai “Pemulia Jamee”, artinya hidangan untuk memuliakan tamu. Insyaallah mudah cara masaknya mirip seperti masakan Opor atau Rendang. Tapi waktunya tidak selama masak rendang. Ok cuuusss

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Masak Gule Kurma (masak ayam gulai putih/kurma).#masakan Aceh:

  1. 1 ekor ayam potong 12 atau 14 (boleh ayam kampung, ayam organik atau ayam broiler) dicuci bersih dan dicampur dengan air jeruk nipis dan garam
  2. 12 bawang merah
  3. 6 bawang putih
  4. 4 kemiri
  5. 1 sdt merica atau lada butir atau halus(boleh ditambahkan sesuai selera)
  6. 1 sdm ketumbar bubuk atau biji
  7. 1 ruas jari Jahe (lebih kurang 5 cm)
  8. 1 ruas jari Lengkuas digeprek
  9. 1 batang sereh digeprek
  10. 1 sdt Jintan (jintan ini ada 2 macam, yg saya pakai jintan manis berbentuknya seperti butir padi warnanya tidak coklat)
  11. 1/2 buah pala
  12. 4 butir Kapulaga
  13. 3 Bunga lawang (pekak)
  14. 1 batang kayu manis ukuran 5 atau 7 cm
  15. 4 butir cengkeh
  16. 3 tangkai Daun salam koja (daun kari atau daun temurui)
  17. 1 gelas Santan kental 250 ml dan 1 gelas santan cair. Atau pakai santan KARA ukuran 200 ml tambah air 1 gelas
  18. 2-3 sdm kelapa gongseng (ulee) (opsional boleh diskip. Biasanya kelapa gongseng ini dijual Pedagang bumbu Aceh atau Padang tersedia)
  19. 2 buah kentang
  20. secukupnya Garam
  21. 3-5 sdm minyak goreng untuk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Masak Gule Kurma (masak ayam gulai putih/kurma).#masakan Aceh

1
Ayam dicuci bersih dan dicampur dgn perasan jeruk nipis dr 1 buah jeruk nipis. Tambahkan 1 sdt garam.aduk rata. Ini utk menghilangkan amis ayam. Tp kl ayam organik tidak dipakai jeruk nipis tak masalah.
2
Blender jintan,bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, ketumbar, dan merica, sampai halus dan tercampur rata.
3
Siapkan wajan, masukan minyak goreng dipanaskan kemudian tumis kapulaga, jintan, bunga lawang, cengkeh, sereh, daun kari,dan lengkuas tumis sampai harum jangan sampai hangus,kemudian masukan bumbu yang diblender tadi tumis sampai harum.
4
Masukan ayam dan santan aduk rata. Biarkan sampai mendidih. Aduk sesekali saja agar ayam tidak pecah. Kalau ingin berkuah banyak air bs ditambah lagi.
5
Masukan potongan kentang setelah ayam setengah matang. Masak sampai kentang matang. Bisa dites tusuk pakai garpu untuk melihat kematangan ayam dan kentang. Tambahkan garam secukupnya. Tes rasa. Bila kurang garam atau penyedap bs ditambahkan.
6
Siap disajikan
Masak Gule Kurma (masak ayam gulai putih/kurma).#masakan Aceh - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

White fungus dessert ala SutiniChin

White fungus dessert ala SutiniChin

Slh 1 dessert fav ku, full of collagen. Klo di blg bgs tuk kulit, aku ga prh ragu” tuk nyobain.

Oatmeal Malpraktek

Oatmeal Malpraktek

Iseng, nunggu suami pulang kerja. Sasarannya dapur.. Dan mengeksekusi sisa oatmeal.. Lumayan buat cemilan

Prol Roti Pandan

Prol Roti Pandan

Beberapa hari ini lagi nggak bisa makan nasi, makannya kalo nggak roti, mie, itu-itu aja, lama-lama bosen juga. Eh malah dikasih roti tawar pandan sebungkus sama ibu kos. Jadi cari-cari resep lah buat ngolah si roti pandan biar nggak mubazir, dan alhamdulillah hasilnya memuaskan💖

10 potong
MPASI - Kaldu Ayam

MPASI - Kaldu Ayam

Horee, akhirnya bisa berbagi resep dan tips buat para buibuk masak kaldu ayam utk tambahan mpasi si kecil biar si kecilnya buibuk tambah sehat dan kuat 😄 semoga membantu yaaah

7 porsi
60 menit
Smothy jus pisang kurma

Smothy jus pisang kurma

Memanfaatkan pisang yg gak di makan2 sampe coklat kulitnya 😄

2 porsi
5 menit
Puding Roti Panggang No Oven

Puding Roti Panggang No Oven

Liat temen yang beda kota selalu share jualannya yang laku tiap hari ^Mima's Kitchen^. Katanya menu fav pelanggan. Mau nanyain tapi gak enak karena itu menu jualannya. Akhirnya iseng nanya, nama makanannya apa. Ternyata dikasih tau, katanya liat yt aja banyak resepnya. Enak ma syaa Allah, gampang bahan dan buatnya. Alhamdulillah baru sempet eksekusi ❤

Oatmeal Cookies

Oatmeal Cookies

Recook resepnya ci Amei :)

30 menit
BanaBerry Choco Shake w/ Orange Juice

BanaBerry Choco Shake w/ Orange Juice

Smoothies identik dengan pisang. Naa.. Ini pas banget ada pisang di rumah jadi nyobain buat smoothies seger bikin kenyang. Lumayan bisa buat menu diet dirumah ya...

1 gelas
less 15 menit
Puding ubi ungu

Puding ubi ungu

Hari terakhir setor resep persembahan untuk Adik2 pejuang kanker. Kebetulan sempat beberapa bulan kemarin berdinas di ruang perawatan anak2 dengan kanker di RSCM. Dan perjuangan merekaaa luaaarrr biasaa, menahan sakit dan muaal saat harus menjalani kemoterapi huhuu.. Tapi tau gak? Mereka tetep bisa looh senyuum dan becanda2 ditengah2 semua keluhan yang 'indah' itu. Mudah2an racikan cemilan #KapsulAjaib ini bisa membuat senyuman mereka semakin indah. Terinspirasi dari resep Bu Tine Wahyudi saya buat puding dari Ubi ungu tapi dimodifikasi tanpa gula karena si Kanker tu seneng dengan gula looh. Sebagai pemanis alaminya kita mamam pudingnya pake saus kurma karena kurma katanya mengandung zat anti kanker kan yaa.. *smoga tak salah konsep, mohon koreksinya.

Apple Pie (Puff pastry)

Apple Pie (Puff pastry)

Resep : Bunda Ei Bapake demen bgt beli apple buat dijus. Aqnya yg bosen minum jus apple melulu 😃 Buat apple pie aj yg gampang pake puff pastry buat temen minum teh nanti sore sama bapake (*dengan catatan kl udah plg) Kl plg malem yaaaa diangetin lg aj apple pienya 😄😄😄 ^^ HAPPY COOKING 😊😊 ^^

12pcs
50menit
Simple & Moist Apple Banana Cake

Simple & Moist Apple Banana Cake

Kepengen cake yg berbahan dr pisang nan lembut. Pilihan ku jatuh pd resep nya tante @tintinrayner...bener2 moist & non mixer

Nabeez water

Nabeez water

Buat para bumil ,ibu menyusui ,atau ayah anak juga bisa nih .. InsyaAllah 1000manfaat minum air rendaman kurma yg suka di lakukan Rasul qita ..

2 gelas
Salad dressing saus nanas pinneaple kelapa muda

Salad dressing saus nanas pinneaple kelapa muda

Buat makan sayur2an yang mentah suka banget pake dressing nanas.cobain bikin sendiri rasanya? Lumayan lah mendekati

Infused water penambah stamina

Infused water penambah stamina

Supaya tetap sehat dan sistem imun kuat

Roti sobek toping kurma

Roti sobek toping kurma

Masih setia dengan resep killer soft bread victoria bakes. Kali ini saya buat untuk adonan roti sobek.. Hasilnya tidak mengecewakan 👍👍💃💃

Kurma coklat mede

Kurma coklat mede

Masih punya stok kurma 2 dus lagi.... akhirnya 1 dus saya bikin kurcok...yang 1 dusnya untuk puasa sunah....( kaya yg puasa aja) he.....

Chicken broth for baby

Chicken broth for baby

Buat kaldu ayam buat persediaan kak hiroki yg mulai masuk usia 7bln. Sbulan pertama makannya buah n sayur yg pure2 aja. Sekarang uda mulai pke nasi, ayam, ikan dll. biasanya klo kaldu kuahnya bening, nah ini berhubung sisanya klo dibuang sayang.. mgkanya diblender semuanya jdilah penampakannya bgni..😁jadi klo bunda2 mau bikin disaring boleh juga ya...😊 klo hasilnya pengen yg lebih mantap bisa pke tulang2nya. Kalau saya searching2 kaldu bisa disimpan di freezer slama 2bln tp kalau saya lebih baik dihabiskan untuk sebulan saja, baru ntr buat lagi.