Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bubur Lemu dan Sayur Lombok (cocok untuk sarapan) yang Lezat

Dipos pada December 29, 2018

Bubur Lemu dan Sayur Lombok (cocok untuk sarapan)

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bubur Lemu dan Sayur Lombok (cocok untuk sarapan) yang simple Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Bubur Lemu dan Sayur Lombok (cocok untuk sarapan) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur Lemu dan Sayur Lombok (cocok untuk sarapan), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Lemu dan Sayur Lombok (cocok untuk sarapan) ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Lemu dan Sayur Lombok (cocok untuk sarapan) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Lemu dan Sayur Lombok (cocok untuk sarapan) memakai 21 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bubur lemu adalah bubur khas daerah Solo... yaitu bubur beras yang dimasak dengan santan. Rasanya enak dan gurih... Dimakan langsung saja sudah enak banget.... Dan bisa banget dipadukan dengan sayur opor, atau sambel goreng krecek kacang tolo, sayur tahu atau apapun sesuai selera...Kali ini saya memanfaatkan nasi sisa semalam dan dipadukan dengan sayur Lombok yang pedas ( disesuaikan dengan bahan yang ada di kulkas )

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Lemu dan Sayur Lombok (cocok untuk sarapan):

  1. Bahan bubur :
  2. 2 piring nasi (sesuai selera)
  3. Secukupnya santan
  4. Secukupnya air
  5. Secukupnya garam
  6. 5 lembar daun salam (lebih banyak lebih enak)
  7. Bahan sayur Lombok :
  8. 1 buah tahu cina (potong kotak kecil)
  9. 1/2 ekor ayam (potong kecil)
  10. 2 buah kentang (kupas potong kotak kecil)
  11. 20 buah cabe rawit iris serong (sesuai selera)
  12. 2 buah cabe merah iris serong
  13. 6 butir bawang merah iris
  14. 4 siung bawang putih iris
  15. 1 batang daun bawang iris serong
  16. 2 ruas lengkuas geprek
  17. 2 lembar daun salam
  18. 1,5 liter santan (secukupnya)
  19. 1/2 gelas air (secukupnya)
  20. Secukupnya garam
  21. Secukupnya gula merah (boleh diskip)

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Lemu dan Sayur Lombok (cocok untuk sarapan)

1
Masak bahan A selama 5 menit hingga mendidih. Jangan lupa diaduk agar santan tidak pecah dan tidak gosong.Tutup panci lalu matikan api. Diamkan selama 30 menit. Kemudian nyalakan kembali, masak selama 7 menit atau hingga mengental/ matang, jangan lupa diaduk.
Bubur Lemu dan Sayur Lombok (cocok untuk sarapan) - Step 1
Bubur Lemu dan Sayur Lombok (cocok untuk sarapan) - Step 1
2
Untuk sayur nya. Goreng tahu hingga matang. Ayam digoreng setengah matang. Lalu tumis bawang dan cabe hingga wangi, tambahkan lengkuas dan daun salam. Kemudian masukkan ayam dan tahu. Tambah sedikit air. Setelah ayam empuk, masukkan kentang. Tuang santan. Masukkan garam dan gula, cek rasa. Tambah daun bawang. Masak hingga matang dan mengental.
Bubur Lemu dan Sayur Lombok (cocok untuk sarapan) - Step 2
Bubur Lemu dan Sayur Lombok (cocok untuk sarapan) - Step 2
3
Sajikan panas/ hangat. Bisa ditambah sambal tomat dan kerupuk....
Bubur Lemu dan Sayur Lombok (cocok untuk sarapan) - Step 3
Bubur Lemu dan Sayur Lombok (cocok untuk sarapan) - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

MPASI 9+ Bubur Nasi Ayam Kecap

MPASI 9+ Bubur Nasi Ayam Kecap

Hari ini usia bening 9 bulan 1 hari, sbnernya aku udah beberapa x coba kasih dia MPASI yang agak lebih kasar teksturnya tapi kayanya dia blm mau setiap dikasih owek gitu, akhirnya aku akalin dipisah kaya gini antara karbo dan lauk nya... Alhamdulillah...berhasil makannya lahap tanpa owek2😁 yuk diintip resepnya

3x makan
2 jam
155. Bubur Nasi

155. Bubur Nasi

Bubur ayam adalah salah satu jenis makanan bubur dari Indonesia. Bubur nasi adalah beras yang dimasak dengan air yang banyak sehingga memiliki tekstur yang lembut dan berair. Bubur biasanya disajikan dalam suhu panas atau hangat.Β Wikipedia

MPASI (Bubur Kuning Tuna Saos Tomat)

MPASI (Bubur Kuning Tuna Saos Tomat)

Baby sudah memasuki usia 10 bulan. Mamak harus rajin otak atik resep makanan agar anak tidak bosan.

3 kali makan
1 jam
Bubur Kacang Ijo Metode 5.30.7

Bubur Kacang Ijo Metode 5.30.7

Penasaran banger sama metodenya Bunda Fah Umi Yasmin. Pertama kali coba langsung berhasil

4 porsi
42 menit
Bubur kajang ijo+ketan putih madura simple ajah

Bubur kajang ijo+ketan putih madura simple ajah

Paling suka bubur kacang ijo tapi ketan nya putih madura..gurih2 manis..kesyukaan keluarga dirumah..😊

Bubur Kacang Ijo Metode 5:30:7

Bubur Kacang Ijo Metode 5:30:7

Bismillahirrahmanirrahim... Assalamualaikum... Hai... Hallo apa kabar cookpaders, paders, dan gank lover semuanya... Semoga sehat selalu dan selalu bahagia πŸ˜‡πŸ€—πŸ˜˜ Hari Rabu saatnya goyang dapur bareng @komunitaspaders hari ini kita merecook makanan yang anget-anget pas banget dengan cuaca yang mendung. Alhamdulillah bisa ikutan goyang dapurπŸ’ƒ Berhubung cuaca hari ini adem dan mendung tadi sempet gerimis nah kali ini saya recook resepnya Mba @netiyuliasari yaitu bubur kacang ijo dengan metode 5:30:7 dan Alhamdulillah berhasil dan anak-anak suka selesai BDR langsung makan burjoπŸ˜‹ Source Neti Yuliasari #ga_thenextlevel #cookpadcommunity_depok #komunitaspaders #godarecook_nyanganget #cookpad_paders #cookpad_indonesia

MPASI 6 bulan+ Menu 4* "Bubur ikan Salmon" Anti sembelit

MPASI 6 bulan+ Menu 4* "Bubur ikan Salmon" Anti sembelit

Arka suka makan bayam, tapi kadang suka sembelit. Untuk antisipasi supaya ga sembelit, saya selalu tambahkan Evo saat makan kemudian jangan rutin minum perasan air jeruk baby, alhamdulillah lancar.

3 porsi
Bubur Hintalu Karuang

Bubur Hintalu Karuang

Ok... Sekarang misi agen rahasia kita ke Kalimantan. Yeayyy. Setelah mengumpulkan potongan potongan petunjuk yang tim kami #KurmaSoto kumpulkan, kami sepakat menjawab teka tekinya adalah 'Soto Banjar' πŸ˜€ Kembali lagi ke topik Kalimantan. Sekarang saya recook resep Bubur Hintalu Karuang dari salah satu Duta Recook Borneo kota Balikpapan yaitu Bunna πŸ’œ... Saya kenal Bunna πŸ’œ atau mbak Lina ini dari kls online food photographynya cookpad dan berlanjut sampai sekarang. Oh iya sampai lupa. Saya recook bubur hintalu karuang ini karena namanya unik dan merupakan makanan khas dari Banjar, Kalimantan Selatan yang sekilas mirip bubur candil di Jawa ternyata ada khasnya sendiri yang membedakannya dengan bubur candil yaitu adanya kocokan telur yang dimasukkan ketika proses memasaknya. Menjadikan bubur ini yang sudah gurih makin gurih πŸ‘ Kata Hintalu dalam bahasa Banjar ini artinya telur, sedangkan Karuang nama burung dengan nama ilmiah Pycnonotidae yg suka bernyanyi. Jadi ada bulatan bulatan tepung ketan yang diibaratkan telur burung Karuang dan buburnya diberi kocokan telur jadi makin sip πŸ‘ Kalau ada kesempatan belajar masak masakan Kalimantan, saya ingin belajar bikin kue kue tradisionalnya kayak amparan tatak ❀️ Recook dari : Bunna πŸ’œ #AgenRahasiaKeKalimantan #CookpadCommunity_Surabaya #FoodtographyClub #PejuangGoldenApron3 minggu ke 12 resep ke 5

2 porsi
Bubur ayam dari beras

Bubur ayam dari beras

Sya gak suka bawang goreng & kacang bunda jd sya skip aja.. Alhamdulillah kata suami mantul

Bubur Ayam Kuah Kuning Rice Cooker

Bubur Ayam Kuah Kuning Rice Cooker

Sejak pandemik gak brani beli bubur diluar lagi. Kalau mau makan bubur pasti buat sendiri. Buatnya malam hari pakai rice cooker menu bubur. Nanti pagi hari tinggal dihangatkan. Jadi deh sarapan bubur ayam buatan sendiri. Yang pasti lebih sehat dan aman. Untuk ayamnya aku lebih suka di goreng dengan cara marinasi karena lebih kerasa asin dan garing. Aku milih paha karena anak" tidak suka dada ayam. Karena dirumah tidak suka kacang kedelainya jadi aku gak buat. Bumbu kuningnya bisa disimpan dikulkas jika ada sisa. Nanti tinggal gunakan pada saat buat bubur lagi.

4 orang
Bubur Manado

Bubur Manado

Lagi punya banyak stock ikan kering. Ada dari mertua di Bone (yang dikasih dari Kendari), ada dari tante di Soppeng dan dari kakak di Mamuju. Meskipun kurang suka ikan asin, tapi kalau sama Bubur Manado bisa tambah berkali-kali. Apalagi ada rasa manis dari labu dan krenyes-krenyes dari jagung manis 😁 #WeekendChallenge #berLABUpadamu #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Makassar #CookpadCommunity_Wajo #masakanrumahan

Bubur Ayam (dari sisa nasi)

Bubur Ayam (dari sisa nasi)

Hampir tiap hari mommy buat bubur dari sisa nasi kemarin, untuk sarapan pagi, atau malam malam disaat lapar Alhamdulillah anak anak suka, masaknya cepat dan mudah, tinggal tambahkan topping suka suka jadi deh variasi menu makanan baru yang ga pernah ngebosenin. seminggu 2 kali mommy memang selalu sedia ungkep ungkepan, baik itu ayam, ati, gepuk, bacem tahu/tempe jadi kalau lapar malam malam saat menu makan siang sudah habis bisa tinggal goreng goreng atau dibakar, jadi deh teman bubur ayam ini, special kan makan nya. kebetulan yang mommy foto ga ada kerupuk bawang, ada nya pilus, tapi beneran enak ko pake pilus itu.. yuks mamam

2-4 orang
Bubur Sagu

Bubur Sagu

#PejuangGoldenApron3, Minggu ke-29. Hari jum'at, 18 desember 2020....

Bubur Ketan Juruh

Bubur Ketan Juruh

Sarapan rindu kampung halaman. Di Temanggung, lumrah orang sarapan bubur dengan juruh/saus gula merah, ditambah ketan & parutan kelapa. Di Jakarta, saya belum pernah ketemu yg jual bubur seperti ini. So...bikin sendiri. Kebetulan juga lagi bikin ketan dan ada sedikit nasi overnight.

2 porsi
30 menit
Bubur Manado Daun Gedi dan Labu Kuning

Bubur Manado Daun Gedi dan Labu Kuning

Ibu dan Nenek saya pernah tinggal di Manado. Mereka belajar resep ini dari sana. Tapi herannya kok beda jauh sama resep-resep bubur Manado yang bertebaran di internet. Persamaannya cuma pada penggunaan daun gedi yang memang sayuran asal Sulawesi. Saya nggak paham resep mana yang otentik. Tapi bubur Manado yang ini memang agak hambar; karena rasa asin, manis, gurihnya didapat dari sambal terasi pelengkap bubur. Aslinya bukan pakai terasi, tapi bekasang yang dibuat dari fermentasi jeroan ikan.

4-6 orang
2 jam
Bubur Ayam Kampung + Saus Bolognese (MPASI 6+)

Bubur Ayam Kampung + Saus Bolognese (MPASI 6+)

Sebenernya saus bolognesenya udah bikin kemarin, pas bikin kaldu masak juga potato bolognese. Nah berhubung si saosnya sisa jadi Bunda hari ini masak karbonya aja. Alhamdulillah Sachio udah mulai lahap mamamnya, skrg juga mulai naik tekstur dikitΒ² biar g kaget. Jadi buburnya cuma di blender dikit aja dan g di saring lagi.

3x makan
1 jam 30 menit
Bubur Beras Gurih

Bubur Beras Gurih

Pas suami bilang pengen buryam, kepikiran donk langsung buat, dan hasilnya enak bgt gk berair

1 jam
Bubur (Meumek)

Bubur (Meumek)

Assalamualaikum semua nya salam kenal Yach.dulu pas masa kecil pernah diaceh.jadi kangen makanan ini. Simpel!!

6 orang
15 menit