Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bubur Candil Ubi Kuning yang Lezat Sekali

Dipos pada October 5, 2018

Bubur Candil Ubi Kuning

Bagaimana membuat Bubur Candil Ubi Kuning yang pasti lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Bubur Candil Ubi Kuning yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur Candil Ubi Kuning, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur Candil Ubi Kuning ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bubur Candil Ubi Kuning yaitu 5-6 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, perkiraan waktu untuk memasak Bubur Candil Ubi Kuning diperkirakan sekitar 90 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Candil Ubi Kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Candil Ubi Kuning memakai 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Nah gak tau kenapa kepingin banget makan bubur candil ubi, tapi belinya harus di sekitar pasar deket rumah dan gak tau juga lagi ada atau nggak. Akhirnya aku nyoba recook resep kak Heny Rosita, bikin si candil ubi dengan bahan yg simpel dan rasanya juga enak. Dannn gak lupa ucapan terimakasih untuk ayahku yg udah beliin ubinya๐Ÿ˜‰ selamat mencoba! #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Jakarta #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #CandilUbi

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Candil Ubi Kuning:

  1. Bahan candil
  2. 250 gr ubi kuning/merah/orange (berat setelah dikukus)
  3. 100 gr tepung tapioka
  4. 1/4 sdt garam
  5. Bahan larutan aren
  6. 150 gr gula aren/gula merah
  7. 1 lembar daun pandan
  8. 1/4 sdt garam
  9. 600 ml air
  10. 3 sdm tepung tapioka dilarutkan dengan sedikit air (pengental)
  11. Bahan kuah santan
  12. 65 ml santan Kara
  13. 150 ml air
  14. 1 lembar daun pandan
  15. 1/4 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Candil Ubi Kuning

1
Kukus ubi sampai matang lalu lumatkan dengan sendok sampai halus.
Bubur Candil Ubi Kuning - Step 1
Bubur Candil Ubi Kuning - Step 1
2
Campur semua bahan candil, lalu uleni sampai kalis, bentuk bola-bola kecil sampai adonan habis.
Bubur Candil Ubi Kuning - Step 2
Bubur Candil Ubi Kuning - Step 2
Bubur Candil Ubi Kuning - Step 2
3
Didihkan bahan larutan aren, setelah didih langsung masukkan candil dan tunggu sampai mengapung. Setelah matang masukkan larutan pengental. Aduk rata, setelah mengental matikan api. Koreksi rasa yaa mom, mungkin kalau suka lebih manis bisa tambah gula pasir, atau kalau mau gurih tambah sedikit lagi garamnya. Kalau terlalu kental bisa tambah air panas lagi.
Bubur Candil Ubi Kuning - Step 3
Bubur Candil Ubi Kuning - Step 3
4
Campur semua bahan kuah santan, panaskan sampai mendidih. Koreksi rasa.
5
Tuang bubur candil ke dalam mangkuk, siram dengan kuah santan dan sajikan selagi hangat. Jangan lupa recook yaa mommies!
Bubur Candil Ubi Kuning - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Candil ubi ungu

Candil ubi ungu

Kolak kesukaan saat bulan puasa . . #MasakOnline #MasakItuMudah #candilubiungu #bijisalak #taljil

5 porsi
Candil ubi ungu buah naga

Candil ubi ungu buah naga

#Resolusi2019 #BerburuCelemekEmas Kemaren beli ubi ungu tp gak dimasak2.. trs ada sisa buah naga juga..cobain deh buat candil. Terakhir makan ini 1 haro sebelum lahiran.. brarti dah 6 bln lewat..

Bubur Candil Biji Salak

Bubur Candil Biji Salak

Menu favorit saat berbuka puasa ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Bubur Cendil

Bubur Cendil

Kepengen makan bubur cendil banget. Rasanya agak beda sama biji salak ya karena gak pake ubi, dan tekstur kuahnya mirip bubur sumsum. Ngintip resepnya ci Tintin Reyner, modif dikit biar pas di lidah. Jadi deh, bikinnya gampang banget, gak pake ribet. Sayangnya pas masukin tepung beras, kurang ngaduknya, jadi masih ada gelembung2 tepung. Cuma rasanya enak banget. Jadinya bisa sebaskom ya, gak pake mahal, bisa dijual juga. Cobain ya!

69 butir
1 jam
Bubur Candil Ketan / Jenang Candil Ketan

Bubur Candil Ketan / Jenang Candil Ketan

Bubur candil ketan/jenang candil ketan ini bertekstur lembut dan tidak lengket, nikmat juga untuk yang suka dingin bisa ditambah es batu atau kuah putih disajikan dingun lalu diseruput nikmatnya aduhaii manis dingin syegerr. Jika kuah putih ingin diganti santan bisa juga yaa. Selamat mencoba dan selamat menikmati.

6 mangkok oval
Kolak Candil Ketan Putih

Kolak Candil Ketan Putih

kolak dengan candil dari beras ketan rose brand.

Bubur Candil

Bubur Candil

Pas liburan ditempat Mbakyu ku, Indramayu disuguhin bubur candil. Katanya, candil awal mulanya sebagai makanan khas dari daerah Bandung. Rasanya manis dan legit pula. Ternyata rahasianya adalah seperti berikut ini.

2 porsi
20 menit
Jenang Grendul / Candil

Jenang Grendul / Candil

Lagi Gabut dan gak ada kerjaan.. anak lagi tidurr.. Berhubung dirumah ada tepung ketan daripada mubadzir aku buat jenang grendul/candil anti gagal

Bubur Candil

Bubur Candil

Beda yaa sama bubur biji salak, klo candil terbuat dr tepung beras ketan. Dan yang aku buat ini sedikit kurang kental karena tepung kanjinya habis ๐Ÿ˜ saat membuat larutan pengental aku hanya pakai 4sdm tepung kanji, tapi resep yg saya tulis takaran sudah sesuai. Bolehlah dibuat untuk takjil buka puasa nanti. ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

Kolak candil ubi ungu

Kolak candil ubi ungu

Bukan hanya cocok untuk buka puasa, tp dinikmati setap saat apalagi siang menjelang sore juga cocok..kuylah dicoba

6 porsi
Kolak Candil (biji salak)

Kolak Candil (biji salak)

Ini kolak favorit aku dr kecil, sambil ngabuburit aku ajak anak2 ku bikin, Alhmdllh trnyta mreka suka...slmt mncoba mom syantik๐Ÿ˜˜

Katiri Mandi Khas Bugis

Katiri Mandi Khas Bugis

Karna lagi ada kontes Ramadhan di #cookpad, udah 5 hari puasa menu takjilnya bikin sendiri mulu looohh.. Kali ini ku bikin Katiri Mandi. Katiri Mandi adalah kue basah khas Bugis - Sulawesi Selatan. Kue basah ini bentuknya agak mirip sama biji salak, tapi rasanya kaya jenang candil. Manis dari si ubi ungu dan gurih dari si santan ini enaaak banget loh. Apalagi kalo makannya di tambahin es ๐Ÿ˜‹ Cocok buat takjilan.. Karena kan #SiapRamadan jadi siap ngebulin dapur yaa hihihi #SayangAnak #OlahanUbi #KatiriMandiKhasBugis #bydewipujia #goldenapronchallenge #cookpadindonesia #cookpad_community #cookpadcommunity #cook_paders #komunitaspaders #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_jakartatimur #cookpadcommunity_pondokkelapa

Kolak Candil

Kolak Candil

Diberi resep kolak candil ini oleh salah satu sahabat Eezenk yg jago masak panggilan nya "omah"๐Ÿ˜

30 porsi
90 menit
Bubur Candil / Biji Salak

Bubur Candil / Biji Salak

Ketika cuaca tidak menentu, siang panas, malam hujan, mau nyemil yang hangat-hangat & dingin ๐Ÿ˜‹ Nah lho, maunya banyak ๐Ÿ˜ Liat-liat resep cece Tintin Rayner, duh ga nahan pgen mkan bubur candil. Dimakan selagi hangat atau masuk kulkas, enaak smua ๐Ÿ˜Š Untuk buburnya, saya kombinasikan resep dari bunda dapurVY #5resepterbaruku

4 porsi
90 menit